Bikin Kesakitan, Ini Cara Mencegah Kuku Bayi Tumbuh ke Dalam

Kuku Yang tumbuh ke dalam ini seringkali terjadi pada kuku kaki bayi

8 Oktober 2021

Bikin Kesakitan, Ini Cara Mencegah Kuku Bayi Tumbuh ke Dalam
Freepik/kay4yk

Kuku kaki bayi tumbuh dengan sangat cepat. Seringkali tak diperhatikan, pertumbuhan kuku bayi tak jarang menimbulkan masalah. Antara lain kuku yang tumbuh ke dalam. Kuku tumbuh ke dalam ini bisa sangat menyakitkan bagi si Kecil. 

Kali ini Popmama.com akan membagikan tips bagaimana cara mencegah kuku bayi tumbuh ke dalam, dilansir dari Very Well Family:

1. Gejala kuku kaki bayi tumbuh ke dalam

1. Gejala kuku kaki bayi tumbuh ke dalam
Freepik.com/pch-vector

Kuku kaki adalah bagian dimana kuku seringkali tumbuh ke dalam. Tepatnya di jempol kaki. Tetapi kondisi ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di kuku mana pun. 

Hampir sama seperti orang dewasa, kuku kaki bayi yang tumbuh ke dalam akan menunjukkan gejala jari kaki yang merah, bengkak, hingga mengeluarkan cairan atau nanah. Bayi mungkin akan menangis ketika jarinya tak sengaja tersentuh atau ditekan, berjalan pincang, atau menarik sepatu atau kaos kakinya dan tidak mau mengenakannya.

Editors' Picks

2. Penyebab kuku kaki bayi tumbuh ke dalam

2. Penyebab kuku kaki bayi tumbuh ke dalam
Pexels/wildlittlethingsphoto

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam terjadi ketika kuku tumbuh terlalu panjang atau jika kuku kaki cenderung tumbuh melengkung ke bawah di ujung jari kaki. Bayi yang mengalaminya bisa jadi dikarenakan terlalu sering mengenakan kaus kaki atau sepatu bayi yang terlalu sempit.

3. Perawatan kuku kaki bayi yang tumbuh ke dalam

3. Perawatan kuku kaki bayi tumbuh ke dalam
Freepik/6740038

Untuk membantu meringankan rasa sakit yang dialami bayi, mama bisa merendam kaki bayi di dalam baskom berisi air hangat dengan sabun lembut sebanyak 4-5 kali sehari. Pijat dengan lembut di sisi-sisi jari kaki yang kukunya tumbuh ke dalam agar kuku tersebut bisa perlahan naik dan terpisah dari kulit di sekitarnya. Setelah 15-20 menit, keringkan kaki bayi. 

4. Jangan sembarang memotong kuku kaki bayi

4. Jangan sembarang memotong kuku kaki bayi
Freepik/Onlyyouqj

American College of Foot and Ankle Surgery memperingatkan orangtua agar tidak menggali kuku atau memotongnya. Tindakan ini akan meningkatkan risiko infeksi perlu ditangani oleh ahlinya. 

Mama dapat berdiskusi dengan dokter tentang tindakan yang tepat dalam perawatan kuku kaki bayi yang tumbuh ke dalam. Dokter pula lah yang dapat memutuskan apakah akan menggunakan salep antibiotik untuk mengatasi masalah ini.

5. Kapan saatnya menghubungi dokter?

5. Kapan saat menghubungi dokter
Pexels/Karolina Grabowska

Ketika kuku bayi tumbuh ke dalam dan bayi tampak sangat tidak nyaman, mama bisa mencoba melakukan tips merendam kaki di atas selama 2-3 hari. Jika tidak ada perubahan yang lebih baik, periksakan bayi ke dokter segera. Terlebih jika jari kaki bayi mulai tampak terinfeksi. 

Infeksi dapat muncul dalam bentuk pembengkakan atau kemerahan, atau jika ada nanah berwarna kuning kemerahan yang tampak di jari kaki bayi. 

Dalam kasus yang parah, diperlukan pembedahan untuk menyembuhkan kuku kaki bayi yang tumbuh ke dalam. 

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.