Gemas, Ini 5 Cara Bayi Mengungkapkan Rasa Cintanya

Meski belum bisa berbicara, bayi bisa menunjukkan rasa cintanya lewat ekspresinya

15 Oktober 2021

Gemas, Ini 5 Cara Bayi Mengungkapkan Rasa Cintanya
Freepik/cookie_studio

Bayi selalu punya cara yang menakjubkan dalam merespon dunia di sekitarnya. Walaupun masih belum bisa mengungkapkan lewat kata-kata, tetapi bayi bisa mengkomunikasikan perasaan lewat sikap yang ditunjukkannya.

Entah itu tatapan mata, senyuman, atau ocehan. 

Kali ini Popmama.com merangkum 5 cara bayi mengungkapkan rasa cintanya, dilansir dari Today's Parents:

1. Mengikuti suara

1. Mengikuti suara
Freepik/wirestock

Bayi merespon ikatan batin dengan menoleh ke arah suara yang paling akrab dan paling dikenalinya. Sejak di dalam kandungan, bayi sebenarnya sudah mendengar suara mama, papa, saudara, atau siapapun yang sering berada di dekat Mama. 

Ketika mereka lahir, bayi sudah siap merespon ke arah suara yang dikenalinya sejak dalam kandungan. Ia mungkin tidak dapat membalas dengan perkataan, tetapi ia bisa berkomunikasi dengan menatap, menggeliat, atau menggerakkan kepalanya. 

Editors' Picks

2. Menatap wajah

2. Menatap wajah
Unsplash/Adele Morris

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bayi dapat mengenal dan memproses ingatan tentang wajah orang di sekitarnya hanya dalam waktu empat bulan. Terutama wajah pengasuh utamanya. Hal ini terjadi karena bayi ingin mengetahui apakah mereka dapat mempercayai orang-orang yang sering dilihatnya. 

Bayi mengirimkan sinyal bahwa ia ingin dekat, menginginkan kenyamanan dan timbal-balik dari respons emosionalnya.

Ketika Mama membalas dan menatap kembali dengan kasih saya, maka ini membangun hubungan yang penuh kasih antara Mama dan bayi. Begitu pula sebaliknya. 

3. Bermanja-manja

3. Bermanja-manja
Freepik/cookie_studio

Bayi mempelajari aroma spesifisik orang-orang yang sering berinteraksi dengannya sejak lahir. Ia memilah berdasarkan naluri dasar untuk mengembangkan ikatan emosional sejak menit pertama. 

Detak jantung dan gerakan unik mama sudah tertanam di otak bayi sejak lahir, membuatnya merasa lebih aman dan nyaman dalam pelukan mama.

Jadi, ketika bayi senang bermanja-manja di pelukan mama, itu adalah caranya menyampaikan bahwa ia mengenal, mempercayai, dan menyayangi Mama. 

4. Mengoceh

4. Mengoceh
Pexels/Victoria Borodinova

Apakah si Kecil sering mengoceh ketika sedang bersama Mama? Meskipun mungkin suaranya tidak terdengar jelas, tetapi itu artinya ia sedang membangun kedekatan dengan Mama, lho. Ocehannya itu juga bisa diartikan sebagai caranya untuk menyampaikan, "Aku membutuhkan Mama." 

Dengan menanggapi ocehan yang merupakan cara mereka dalam berkomunikasi, bayi merasa penting dan terhubung sehingga memperkuat ikatan batinnya dengan Mama.

5. Tersenyum

5. Tersenyum
Pexels/Anna Shvets

Senyuman pertama bayi adalah senyuman yang paling membuat hati meleleh. Ketika ia tersenyum, itu adalah cara bayi mengungkapkan rasa cintanya pada Mama. Apalagi ketika Mama membalas senyumannya.

Ini membuat bayi memahami bahwa: Ketika aku melakukan hal ini, maka seseorang akan meresponsnya. 

Seperti halnya hubungan apapun, jika Mama ingin si Kecil menunjukkan bahwa ia mencintai Mama, mulailah dengan menunjukkan ekspresi cinta pada mereka terlebih dahulu. Biarkan bayi tahu bahwa cinta itu diperolehnya dari orang terdekatnya, tanpa perlu memintanya.

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.