Kenapa Kaki Bayi Menendang-nendang saat Tidur? Ini Jawabannya!

Tahukah Mama bahwa kondisi ini disebut sleep myoclonus? Apa ya artinya?

23 Februari 2020

Kenapa Kaki Bayi Menendang-nendang saat Tidur Ini Jawabannya
Freepik/bignai

Bayi memiliki serangkaian gerak refleks yang merupakan bagian dari tumbuh kembangnya. Orangtua mungkin akan mendapati bayi melakukan gerakan-gerakan otomatis yang terkadang membuat khawatir, terutama saat tidur. Kaki bayi menendang-nendang dan tersentak, padahal ia sedang tertidur pulas.

Ia pun tampak tidak terganggu dan tidak kesakitan. Tapi, apakah hal ini normal atau ada masalah kesehatan yang melatarbelakanginya?

Berikut Popmama.com mengupas tuntas kondisi yang disebut sleep myoclonus ini, dilansir dari verywellfamily.com:

Gejala Sleep Myoclonus

Gejala Sleep Myoclonus
freepik.com/phduet

Sleep myoclonus terjadi refleks berupa gerakan menyentak atau kedutan tiba-tiba yang mempengaruhi otot. Gerakan ini terjadi di bawah kendali sadar dan tidak dilakukan dengan sengaja. Sleep myoclonus biasanya terjadi pada otot lengan dan otot kaki. 

Nocturnal myoclonus, atau dikenal sebagai periodic limb movement disorder (PLMD) mengakibatkan gerakan kaki yang berulang-ulang selama tidur, bahkan saat seseorang masih terjaga. Kondisi ini terjadi selama beberapa kali per menit dan bergantian. PLMD biasanya mempengaruhi kedua sisi tubuh dan menyebabkan fleksi pada pergelangan tangan, siku, dan kaki. 

Editors' Picks

Penyebab Sleep Myoclonus

Penyebab Sleep Myoclonus
Freepik

Hingga kini, para ahli belum menemukan penyebab pasti terjadinya sleep myoclonus. Dugaannya, sleep myoclonus dipicu oleh masalah neurotransmiter yang disebut dopamine. Inilah yang membedakan sleep myoclonus dengan kejang, yang melibatkan perubahan listrik di otak.

Myoclonus juga dapat diakibatkan efek samping beberapa obat, seperti levodopa, cyclic antidepressants dan bismuth salts. Bila konsumsi obat dihentikan, kondisi sleep myoclonus juga akan membaik.

Kondisi lain dengan gejala sedikit berbeda yang dapat memengaruhi kaki dan mengganggu tidur adalah sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome), gerakan tungkai periodik dan kram kaki di malam hari.

Sleep Myoclonus pada Bayi dan Anak-anak

Sleep Myoclonus Bayi Anak-anak
Freepik/Freepic.diller

Myoclonus adalah kondisi yang seringkali tampak seperti kejang pada anak atau kejang infantil. Bedanya, sleep myoclomus hanya terjadi pada saat anak tidur. 

Sleep myoclonus umum terjadi pada minggu pertama kehidupan bayi yang baru lahir. Biasanya akan berangsur-angsur sembuh dalam setahun. Biasanya disebut sleep myoclonus neonatal jinak. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan konsekuensi dan tidak terlalu mengkhawatirkan.

Perawatan bagi Penderita Sleep Myoclonus

Perawatan bagi Penderita Sleep Myoclonus
maxpixel/camera nikon d7100

Bayi yang mengalami sleep mycolonus biasanya akan mendapatkan pemeriksaan neurologis dan elektroensefalogram (EEG) normal. Jika gerakan ini terjadi selama bayi terjaga, evaluasi lebih lanjut oleh dokter anak mungkin diperlukan untuk melihat jika adanya kemungkinan kejang atau penyebab lainnya.

Sleep myoclonus sendiri sebetulnya bukan masalah kesehatan yang serius atau membutuhkan perawatan intensif, kecuali mengganggu tidur yang berdampak pada kualitas hidup. Bila dirasa mengganggu tidur, dokter akan meresepkan obat Xenazine (tertrabenazine), obat yang digunakan untuk mengobati gangguan pergerakan, seperti penyakit Huntington. Ingat, obat ini hanya boleh dikonsumsi anak di bawah pengawasan ketat dokter. 

Meski kondisinya dapat sembuh dengan sendirinya, berkonsultasi dengan dokter anak dapat memberikan diagnosis yang lebih jelas, serta mencegah kondisi lain yang mungkin muncul di kemudian lain. Seperti halnya kondisi medis lainnya, semakin cepat anak mendapatkan perawatan, semakin cepat pula gejala dapat dikendalikan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.