Dukung Tumbuh Kembang, Ini 6 Faktor Penunjang Tidur Nyenyak Si Kecil

Lakukan ini untuk membantu bayi tidur lebih mudah dan nyenyak

8 Juli 2021

Dukung Tumbuh Kembang, Ini 6 Faktor Penunjang Tidur Nyenyak Si Kecil
Freepik

Bayi memiliki pola dan kebutuhan tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Dalam tiap tahapan usia awalnya, pola dan kebutuhan tidur pun terus berubah. Mama baru mungkin terkejut dan kewalahan karena sering terjaga di malam hari untuk mengurus si Kecil.  

Tahukah Mama, ada beberapa faktor penting yang dapat Mama maksimalkan untuk membantu agar bayi tidur nyenyak semalaman? Cari tahu selengkapnya dalam informasi Popmama.com berikut ini!

1. Hidrasi cukup

1. Hidrasi cukup
Freepik/Wavebreakmedia

Tubuh yang terhidrasi baik penting untuk menjaga bayi tidak mudah bangun karena kehausan selama tidur. Di luar ASI, kebutuhan air mineral harian bayi usia 7-12 adalah 60-150ml per hari. Agar bayi tidur nyenyak, pastikan keburuhan cairan hariannya terpenuhi ya, Ma!

2. Sinar matahari

2. Sinar matahari
Freepik/Freepic.diller

Mama pasti sudah tahu anjuran menjemur bayi di pagi hari baik untuk kesehatan. Kabar baik, berbagai studi ilmiah membuktikan bahwa bayi yang terpapar sinar matahari pagi akan tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari.

Waktu terbaik untuk menjemur bayi usia 7-12 bulan adalah 10-15 menit antara jam 7-10 pagi.  

Editors' Picks

3. Asupan penunjang

3. Asupan penunjang
Freepik/Irinapodverbnaya

Tahukah Mama bahwa vitamin dan mineral tertentu dapat membantu meningkatkan kualitas tidur? Berikan si Kecil asupan berikut ini untuk membantunya tidur lebih baik:

  • Pisang, ceri, kacang-kacangan, dan sayuran hijau yang kaya serotonin, tryptophan, zinc, dan magnesium
  • Chia seed, ikan salmon, kenari yang kaya omega dan lemak sehat
  • Gandum yang kaya akan asam amino untuk meningkatkan produksi hormon tidur, melatonin
  • Diet Mediterranean berisi buah dan sayur berwarna cerah seperti nanas, alpukat, dan jeruk yang mengandung polyphenols, kaya akan antioksidan, dan mampu meningkatkan produksi melatonin
  • Ubi yang mengandung potassium untuk membantu tubuh rileks dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh

4. Tidur siang

4. Tidur siang
Pixabay/ddmitrova

Penting bagi bayi untuk memiliki tidur siang selama 25-90 menit setiap harinya. Selain memberi keseimbangan pada siklus tidur bayi, tidur siang juga baik untuk meningkatkan fungsi kognitif, akurasi, dan memori jangka pendek bayi lho, Ma.

Waktu tidur siang terbaik bagi bayi usia 7-12 bulan adalah antara pukul 1-3 siang.

5. Aktivitas fisik

5. Aktivitas fisik
Freepik/Cookie-studio

Aktivitas fisik berperan penting untuk kelelapan tidur di malam hari. Mama bisa ajak bayi bermain dengan mainan yang merangsang gerakan motorik, melatih bayi merangkak dan berjalan, atau bermain dengan binatang peliharaan.

Pastikan bayi cukup bergerak sepanjang hari agar cukup lelah untuk mencapai tidur nyenyak di malam harinya.

6. Gestur menenangkan

6. Gestur menenangkan
Freepik/shurkin-son

Bayi akan jauh lebih mudah merasa nyaman dan terlelap ketika ditempatkan pada suasana yang mirip dengan keadaan di dalam rahim mama. Berbagai dokter anak ahli menyarankan untuk melakukan beberapa gestur menenangkan ini:

  • Posisi tidur: posisi tidur telentang disarankan untuk bayi baru lahir hingga usia empat bulan untuk mencegah sudden infant death syndrome (SIDS). Selanjutnya, Mama bisa memposisikan bayi tidur dalam keadaan menyamping untuk membantunya tidur lebih lelap.
  • White noise: gestur ini dilakukan dengan memperdengarkan suara yang mirip dengan suara keras yang bayi dengar di dalam rahim. Mama bisa berulang membuat suara ‘shh…’ panjang, menyalakan mesin penyedot debu, atau menyalakan alat pengering rambut. Percaya atau tidak, metode ini hampir selalu berhasil menenangkan bayi.
  • Mengayunkan bayi: gendong bayi dan ayunkan perlahan antara dua arah berlawanan. Sejak dulu metode ini selalu ampuh membuat bayi rileks dan mengantuk.
  • Sentuhan lembut: gestur seperti pelukan, elus punggung, hingga menepuk-nepuk punggung bayi akan memicu hormon oksitosin dan serotonin yang membuat bayi merasa tenang, bahagia, dan nyaman.

Dari keenam faktor penunjang dan cara agar bayi tidur nyenyak semalaman, mana yang sudah sering Mama lakukan dan ampuh untuk membantunya tidur lebih nyenyak di malam hari?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.