Bikin Rileks, Ini Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Si kecil susah tidur? Coba beri 6 makanan ini!

6 Juli 2021

Bikin Rileks, Ini Makanan Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi
freepik.com

Tidur merupakan bagian penting untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil. Namun sudah rahasia umum bahwa pada 12 bulan pertama usia bayi, Mama masih harus beradaptasi dengan pola tidurnya yang kerap berubah.

Setelah mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman di usia enam bulan, bayi bisa menjadi lebih energik dari biasanya sampai sulit untuk tidur sesuai waktu. Ketika jadwal tidurnya menjadi tidak sesuai, aktivitas mama juga dapat terganggu.

Jangan khawatir, Ma! Kali ini Popmama.com akan menginformasikan enam jenis makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur bayi. Cari tahu lebih lanjut, yuk!

1. Pisang

1. Pisang
Freepik

Selain mudah diolah dan dikreasikan, kandungan serotonin dan melatonin tinggi dari buah kuning ini dapat menunjang kesehatan dan membantu bayi agar mudah tidur. Kandungan magnesiumnya yang tinggi juga memiliki efek menenangkan bagi tubuh.

2. Gandum

2. Gandum
Freepik/bublikhaus

Gandum memang sudah populer sebagai salah satu sumber serat yang paling baik. Tapi tahukah Mama bahwa gandum juga mengandung zat asam amino yang mampu meningkatkan produksi hormon tidur melatonin dalam tubuh?

Editors' Picks

3. Makanan yang mengandung Omega

3. Makanan mengandung Omega
Freepik/user6694312

Jika si Kecil sulit tidur, jangan ragu untuk memasukkan chia seed, ikan salmon, kenari, dan kacang-kacangan dalam menu makanannya.

Kandungan omega pada bahan-bahan tersebut penting untuk perkembangan otak, meredakan pembengkakan, dan menghidupkan sistem saraf parasimpatetik yang membantu tubuh beristirahat. Kacang-kacangan juga kaya akan tryptophan yang dapat memicu zat melatonin dalam tubuh.

4. Ubi

4. Ubi
Freepik/dashu83

Makanan yang satu ini tinggi akan zat potassium yang dapat membantu menenangkan tubuh dan menyeimbangkan elektrolit agar otot-otot tubuh dapat rileks selama tidur. Jadi jangan heran kalau tidur bayi menjadi sangat pulas setelah makan ubi ya, Ma!

5. Selada romaine

5. Selada romaine
Pixabay/BlackRiv

Sempat viral di media sosial TikTok, air rendaman selada romaine diyakini dapat membantu untuk tidur nyenyak. Berdasarkan studi, selada romaine kaya akan antioksidan serta lactucarium yang memberi efek menenangkan dan dapat memicu rasa kantuk.

Jika Mama ingin memberikan selada ini pada bayi, disarankan untuk memberikannya dalam bentuk sajian makanan utuh dari pada hanya air rendamannya saja. Mama bisa mencampurkannya ke dalam bubur MPASI si Kecil.

6. Menu diet mediterania

6. Menu diet mediterania
Pexels/Trang Doan

Menu sayur dan buah berwarna cerah khas masyarakat Mediterania seperti kiwi, jeruk, nanas, ceri, dan alpukat bisa jadi salah satu alternatif asupan penunjang tidur si Kecil, lho!

Selain menarik untuk dihidangkan, buah-buahan cerah kaya akan antioksidan, potassium, melatonin, serotonin, magnesium, dan polyphenol yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi radikal bebas dalam tubuh, serta menunjang tidur bayi.  

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan kualitas tidur bayi. Mama bisa menyatukan beberapa elemen makanan di atas dalam satu sajian untuk efek yang lebih maksimal. Jadi, mana makanan penunjang tidur si Kecil yang akan segera Mama coba sajikan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.