Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Sejak Dini

Tips menjaga kesehatan mulut dan gigi si Kecil, terapkan yuk Ma!

3 Juni 2021

Lakukan 5 Hal Ini Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Sejak Dini
Freepik/pch.vector

Mulut dan gigi yang sehat dan kuat penting untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, mulai dari makan, berbicara, hingga tersenyum lebar saat berinteraksi sehari-hari. Pada usia 7-12 bulan, jumlah gigi yang tumbuh pada bayi akan semakin banyak dan perawatannya juga harus semakin diperhatikan.

Mulai dari hati-hati memilih menu makanan dan minuman hingga penggunaan empeng, yuk simak tips Popmama.com berikut ini untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi bayi sejak dini.

1. Menu makanan seimbang

1. Menu makanan seimbang
Freepik/poravute

Nutrisi bayi penting untuk menjaga gigi kuat dan sehat. Untuk menu makanan sehari-hari, usahakan si Kecil mendapat empat sumber nutrisi berikut:

  • Buah dan sayur: usahakan kombinasi dua unsur makanan ini dalam menu harian si Kecil
  • Gandum: oatmeal, roti gandum utuh, atau beras merah
  • Produk susu: pilih produk susu yang tinggi kalsium
  • Protein tanpa lemak: silakan coba daging sapi bebas lemak, ikan dan unggas tanpa kulit, telur, kacang-kacangan, dan makanan laut setidaknya delapan ons dalam seminggu

Editors' Picks

2. Penggunaan botol dot

2. Penggunaan botol dot
Freepik/user6014584

Pastikan Mama hanya mengisi botol dot untuk air putih, ASI, atau susu formula saja. Hindari memberi bayi jus atau minuman dengan rasa manis lainnya melalui botol dot.

Sangat disarankan agar bayi menyelesaikan sesi minum di botol dot sebelum tidur dan bukan tertidur dalam keadaan botol dot masih menempel di mulutnya untuk mencegah sisa susu mengendap di mulut bayi dan menyebabkan gigi berlubang.

3. Penggunaan empeng

3. Penggunaan empeng
Freepik/boryanam

Mama tidak dianjurkan untuk memberikan empeng pada bayi karena dapat mengganggu bentuk dan struktur gigi. Tapi apabila sangat dibutuhkan, silakan beri empeng pada bayi dengan memastikan kebersihannya.

Sterilkan empeng terlebih dahulu dengan merendamnya di air panas. Jangan celupkan empeng di air manis atau mengisapnya terlebih dahulu sebelum memberikannya pada bayi. Usahakan agar bayi berhenti total dari penggunaan empeng di usia dua tahun ya, Ma.

4. Pilihan minuman

4. Pilihan minuman
Freepik/Wavebreakmedia

Menjelang usia satu tahun, pada waktu kosong dari satu jam makan ke jam makan berikutnya, berikan si Kecil susu tanpa rasa atau air putih saja. Minuman berasa seperti jus atau susu dengan rasa tertentu sebaiknya diminum saat menyantap makanan di jam makan.

Mama perlu tahu bahwa susu dengan rasa atau jus memiliki kandungan gula yang banyak dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi jangan memberikannya terlalu banyak atau sering, ya.

5. Rajin membersihkan gigi bayi

5. Rajin membersihkan gigi bayi
Freepik

Dalam membersihkan gigi bayi usia 7-12 bulan, jangan dulu gunakan sikat gigi ya, Ma.

Mama bisa membantu bayi menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan rutin mengelapnya menggunakan kain lembut seperti handuk kecil atau sapu tangan yang dibasahi air bersih setiap ia selesai makan atau minum. Mama juga bisa menggunakan pembersih gigi berbahan silikon yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Itu dia lima tips mudah menjaga kebersihan gigi dan mulut bayi di awal masa pertumbuhan giginya. Mudah, bukan? Semoga Mama bisa menerapkannya dengan baik, selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.