Masalah Makan pada Bayi yang Sering Bikin Mama Geregetan

Agar tidak mudah terpancing emosi, Mama sebaiknya mengetahui permasalahan umum pada bayi saat makan

28 Januari 2022

Masalah Makan Bayi Sering Bikin Mama Geregetan
Freepik/senivpetro

Elizabeth Ward, MS, RD, seorang penulis buku The Complete Idiot's Guide to Feeding Your Baby and Toddler, mengatakan bahwa anak-anak memang terlahir dengan kemampuan untuk menolak makanan baru.

Karena itulah, jika Mama ingin memberikan makanan yang belum pernah dicoba oleh bayi sebelumnya, maka sajikan dengan porsi yang kecil terlebih dahulu.

Mama bisa juga mengenalkan makanan baru dengan membuatnya terlihat seperti menu yang familiar atau justru favorit bayi. Jadi, jika bayi suka makanan dengan tekstur puree, maka buatkan tekstur yang sama untuk menu barunya.

Tapi, teori memang selalu lebih mudah dari prakteknya ya, Ma. Meski sudah mencoba berbagai hal, tak jarang bayi tetap tidak ingin makan.

Nah, agar tidak mudah terpancing emosi, ada baiknya Mama menyimak permasalahan umum pada kegiatan makan bayi yang Popmama.com rangkumkan berikut ini.

'Messy Eater', Dilarang atau Dibiarkan Saja?

'Messy Eater', Dilarang atau Dibiarkan Saja
Freepik/freepik

Makanan berserakan di lantai dan mengotori tubuh si kecil? Selamat, bayi mama baru saja menunjukkan tanda kemandiriannya!

Setelah usia 9 bulan, banyak bayi yang mulai ingin mengontrol kegiatan makan mereka. Jadi, tak jarang mereka ingin mengambil makanan dan bereksplorasi.

Jadi, daripada marah-marah dan mengomeli si kecil yang masih belum mengerti cara makan yang benar, pahamilah bahwa bayi mama sedang belajar, bertumbuh, dan berusaha mandiri.

Editors' Picks

Bayi Melepeh atau Memuntahkan Makanan

Bayi Melepeh atau Memuntahkan Makanan
Freepik/wirestock

Normal kalau bayi melepeh sedikit makanan yang masuk ke mulutnya ya, Ma. Sebab, sistem pencernaan mereka masih berkembang menuju sempurna, begitu pun kemampuan mulutnya mengunyah makanan.

Nah, kalau bayi tiba-tiba memuntahkan makanannya, itu karena perutnya merasa seperti penuh dan tertekan.

Jadi, cobalah untuk menyuapi secara perlahan, kendorkan sedikit popoknya, dan pastikan bayi duduk tegak saat kegiatan makan berlangsung.

Bayi Menolak Makanan saat Sedang Disuapi

Bayi Menolak Makanan saat Sedang Disuapi
Unsplash/life is fantastic

Cobalah memahami saat bayi menggelengkan kepala, melempar sendok, atau menutup mulutnya saat disuapi. Sebab, ada begitu banyak alasan kenapa bayi tidak mau makan.

Bayi yang lelah, sakit, tidak fokus, atau masih kenyang, biasanya akan menolak disuapi. Jadi, jangan paksa bayi untuk makan ya, Ma.

Kalau Mama khawatir, cobalah berkonsultasi dengan dokter anak agar menemukan solusi yang tepat terkait kendala makan bayi mama.

Bayi Mulai Pilih-Pilih Menu Makanan

Bayi Mulai Pilih-Pilih Menu Makanan
Pexels.com/AMSW Photography

Bayi yang pilih-pilih makanan atau biasa disebut dengan picky eater ini biasanya berlangsung selama hitungan minggu atau bulan saja kok, Ma. Bayi menjadi picky eater pun karena banyak alasan.

Alasan yang paling umum adalah tumbuh gigi. Alasan lain yang mungkin menjadi penyebab bayi pilih-pilih makanan adalah karena ia belum siap mencoba menu baru. Jadi, cobalah untuk berkreasi agar bayi tertarik untuk makan dan bersabarlah.

Itulah tadi masalah makan pada bayi yang sering bikin Mama geregetan. Apakah Mama pernah mengalaminya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk