TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Catat! Ini 10 Makanan Terbaik untuk Bayi

Memasuki bulan ke-6, bayi membutuhkan MPASI untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya

26 September 2022

Catat Ini 10 Makanan Terbaik Bayi
Freepik

Sejak baru lahir hingga 6 bulan pertama bayi hanya mendapatkan ASI dan susu formula sebagai asupan satu-satunya. Namun, setelah berusia 6 bulan ke atas, bayi sudah boleh memulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan bayi terutama yang baru mulai belajar makan, tentunya tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberi makan bayi, salah satunya adalah menentukan jenis makanan dan manfaatnya untuk bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics, sangat penting bagi orangtua untuk memberikan bayi dengan berbagai makanan yang sehat dan bernutrisi. Jika memberi makan sembarangan, tentunya akan memberikan dampak buruk kepada si kecil, seperti diare, muntah, dan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Popmama.com merangkum 10 makanan terbaik untuk bayi. Apa saja?

1. Pisang

1. Pisang
Freepik/kamranaydinov

Sebagai buah yang sangat praktis untuk dibawa kemana-mana, pisang kaya akan potasium, magnesium, folat, serat, serta vitamin A, C, dan B6.

Kandungan di dalam pisang bermanfaat untuk membantu menambah berat badan bayi yang sehat.

Untuk ide penyajian, Mama dapat memberikan pisang yang telah dihaluskan pada bayi. Selain itu, Mama juga bisa mengkreasikan pisang menjadi smoothie yang dicampurkan dengan yoghurt misalnya.

2. Alpukat

2. Alpukat
Freepik/valeria_aksakova

Alpukat sering dijadikan buah pertama untuk bayi. Pasalnya, buah ini kaya akan lemak tak jenuh sehat yang dapat membantu perkembangan otak bayi.

Untuk ide penyajian, Mama bisa membuat puree alpukat untuk si Kecil.

3. Blueberry

3. Blueberry
Freepik/azerbaijan_stockers

Salah satu buah dari keluarga beri ini sangat direkomendasikan untuk menjadi makanan terbaik bagi si Kecil. Buah ini kaya akan antioksidan dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk otak, mata, dan bahkan baik untuk kandung kemih si kecil.

Untuk ide penyajian, buah blueberry dapat dihaluskan lalu campurkan ke dalam yoghurt atau pudding

4. Plum

4. Plum
Freepik/rawpixel.com

Buah plum memiliki sumber vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh orang dewasa dan juga bayi. Buah ini dapat diberikan jika bayi menderita sembelit dengan menambahkan sari buah plum murni ke dalam makanan bayi.

Untuk ide penyajian, Mama dapat menyajikan sari plum murni yang dapat dicampurkan dengan makanan lain yang dikonsumsi oleh bayi.

Editors' Picks

5. Brokoli

5. Brokoli
Freepik/racool_studio

Brokoli kaya akan nutrisi penting, seperti folat, serat, dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan si Kecil. Sangat baik untuk memperkenalkan sayuran kepada si Kecil sejak dini dengan tujuan agar dapat menyukai sayuran.

Untuk ide penyajian, kukus brokoli sampai lunak, kemudian potong cukup kecil agar mudah dikonsumsi oleh si Kecil.

6. Ubi jalar

6. Ubi jalar
Freepik/racool_studio

Ubi jalar termasuk salah satu makanan yang sangat populer untuk bayi. Hal ini dikarenakan rasanya yang cenderung manis dan teksturnya yang lunak, sehingga mudah dikonsumsi oleh bayi.

Ubi jalar mempunyai banyak sumber nutrisi seperti beta-karoten, vitamin C, dan zat besi. Untuk ide penyajian, Mama dapat menyajikan puree ubi jalar atau ubi jalar kukus.

7. Lentil

7. Lentil
Freepik/ajerbazian_stockers

Lentil sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk bayi. Hal ini dikarenakan lentil banyak mengandung protein dan serat tanpa lemak. Bentuk lentil yang kecil dapat direbus menjadi bubur yang mudah dicerna oleh bayi.

Untuk ide penyajian, Mama dapat mengkreasikan bubur lentil yang ditambahkan bersamaan dengan wortel yang dipotong dadu. Nantinya, ketika semakin bertambahnya usia bayi, Mama dapat membuat sup lentil dan bayam.

8. Labu manis

8. Labu manis
Freepik/atlascompany

Labu yang berwarna kuning ini kaya akan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, labu juga kaya akan sumber vitamin C yang baik untuk antioksidan.

Untuk ide penyajian, Mama dapat memanggang labu manis yang kemudian diambil dagingnya, dan dihaluskan. 

9. Daging

9. Daging
Freepik/dcstudio

Selain sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, daging juga menjadi makanan yang direkomendasikan untuk bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics, daging direkomendasikan sebagai makanan pertama karena merupakan sumber protein dan zat besi yang baik. Daging yang direkomendasikan dapat berupa daging merah dan daging unggas.

Untuk ide penyajian, Mama dapat memberikan sari daging murni atau sari pati ayam yang teksturnya mudah dicerna oleh bayi. Ketika seiring bertambahnya usia si Kecil, Mama dapat pelan-pelan memberikan daging yang dihaluskan dan dicincang untuk bayi.

10. Yoghurt

10. Yoghurt
Freepik/ jcomp

Yoghurt memiliki kalsium dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Yoghurt tawar tanpa tambahan gula sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi.

Untuk ide penyajian, Mama dapat menyajikan yoghurt tanpa campuran apa pun. Namun, Mama juga dapat mengkreasikan yoghurt dengan buah beri atau buah segar lainnya.

Itu tadi 10 makanan terbaik untuk bayi. Beberapa rekomendasi makanan di atas dapat menjadi referensi untuk Mama dalam menyiapkan MPASI si Kecil. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk