5 Kebiasaan Sehat yang Wajib Dilakukan Sejak Bayi

Bantu anak jadi lebih aktif, kuat dan sehat dengan kebiasaan baik ini, Ma

15 November 2021

5 Kebiasaan Sehat Wajib Dilakukan Sejak Bayi
Freepik/freepic.diller
Ilustrasi bayi aktif

Sudah bukan rahasia lagi untuk Mama, jika bayi di usia 7-12 bulan sedang berada pada tahapan tumbuh kembang yang maksimal. Tahap tumbuh kembangnya ini merupakan bagian dari masa 1000 hari pertama kehidupan atau dikenal juga sebagai golden age.

Sesuai dengan masa tumbuh kembangnya, di usia ini secara umum para bayi mulai melakukan banyak eksplorasi terhadap sekitar. Mereka mulai merangkak, berguling, bercermin, bahkan mulai mengajak Mama dan Papa untuk berkomunikasi.

Masa-masa ini tentunya juga menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan dan membangun kebiasaan sehat pada anak. Sebab, dengan membangun kebiasaan sehat sejak dini maka kelak anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat pula.

Inilah 5 kebiasaan sehat yang perlu Mama terapkan sejak dini, yang sudah Popmama.com rangkum dari healthychildren.org.

1. Kebiasaan minum dan makan makanan sehat

1. Kebiasaan minum makan makanan sehat
Pexels/Vanessa Loring

Nutrisi yang tepat dibutuhkan untuk menunjang proses tumbuh kembang anak. Untuk itu, proses pemberian makan yang responsif pada anak menjadi momen yang penting. Proses pemberian makan yang responsif juga dapat membantu Mama dan si kecil dalam membangun hubungan yang baik saat makan kedepannya.

Pemberian makan yang responsif adalah proses dimana Mama mengerti tanda yang diberikan ketika si bayi sedang lapar atau kenyang, meresponnya dengan hangat dan sigap, serta fokus pada pengalaman memberi makan yang positif.

Saat si bayi sudah bisa menikmati makanan yang lebih padat, Mama wajib mencoba memberikan makanan yang lebih bervariasi. Ini akan menolong bayi agar tidak menjadi picky eater saat ia besar. Berikan mereka makanan, sayur, dan buah dengan beragam tekstur, rasa, dan warna. 

Untuk minuman, The American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar bayi di atas 4 bulan dan di bawah 1 tahun, sebaiknya hanya mengonsumsi ASI, susu formula, dan juga air mineral saja. Ini akan menjauhkan anak dari kerusakaan gigi. Jus boleh diberikan dengan jumlah terbatas. 

Editors' Picks

2. Membangun kebiasaan cukup tidur

2. Membangun kebiasaan cukup tidur
Pixabay/ddmitrova

Saat anak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, tubuh dan otaknya akan berkembang baik dan normal. Selain itu, cukup tidur juga berpengaruh pada kesehatan mentalnya dan membuat anak jauh dari obesitas di masa depan.

Di masa ini, para bayi masih akan terus berkembang dalam rutinitas tidurnya. Baik itu tidur siang atau tidur di malam hari. Jadi, sangat penting untuk mereka memiliki kebiasaan tidur yang baik sejak dini. 

3. Mebiasakan anak beraktivitas

3. Mebiasakan anak beraktivitas
Pixabay/katerinakucherenko

Selain kebiasaan tidur yang baik, di masa tumbuh kembangnya anak memerlukan waktu yang cukup banyak untuk bermain agar dapat tumbuh dengan sehat. Kok bisa?

Ya Ma, lewat bermain anak akan lebih banyak belajar dan juga mengekplorasi setiap hal yang ia temui.

Namun, faktanya banyak bayi yang tidak memiliki waktu untuk bermain karena terlalu sering diletakkan di stroller, ayunan bayi, dan juga car seat. Padahal, ini justru dapat memicu terjadinya keterlambatan motorik, Ma.

Jadi, berikan si kecil ruang dan waktu yang cukup untuk bermain sehingga nantinya ia dapat tumbuh menjadi anak yang aktif.

4. Kebiasaan pembatasan waktu untuk layar gadget

4. Kebiasaan pembatasan waktu layar gadget
Pexels/Andrea Piacquadio

Apakah Mama memberikan izin untuk anak bermain gawai? Apakah Mama menyediakan TV atau tablet khusus untuk si kecil? Jika demikian, tetap pantau dan batasi waktu pemakaiannya ya, Ma.

Sebab, anak-anak yang menikmati waktunya lebih banyak di depan layar memiliki kecenderungan mengalami overweight, kurang tidur, dan mengalami masalah mental saat mereka beranjak remaja.

Di masa tumbuh kembangnya ini si kecil akan banyak belajar melalui permainan aktif dan juga percakapan, Ma.

Jadi, buatlah ini menjadi prioritas utama antara Mama dan si kecil. Sediakan waktu lebih banyak untuk berinteraksi dan bereksperimen secara nyata dan kurangi waktu anak menatap layar.

5. Dimulai dari Mama dan Papa

5. Dimulai dari Mama Papa
Freepik/user18526052

Saat ini, influencer dan juga role model yang menjadi idola bagi si kecil adalah Mama dan Papa. Apapun yang Mama dan Papa lakukan akan menjadi hal yang menarik untuk ditiru olehnya.

Oleh karena itu, sebelum menerapkannya pada si kecil ada baiknya Mama dan Papa memulainya terlebih dahulu.

Jadilah contoh bagi si kecil dengan mulai menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi dan mengambil waktu untuk berolah raga. Batasi juga penggunaan layar gawai Mama dan Papa, terutama saat sedang membangun bonding bersama si Kecil. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.