Dampak Kekurangan Vitamin A pada Bayi, Jangan Disepelekan Ma!

Dampak negatif salah satunya adalah organ mata yang mudah mengalami gangguan

8 September 2021

Dampak Kekurangan Vitamin A Bayi, Jangan Disepelekan Ma
Freepik/prostooleh

Tak hanya orang dewasa, bayi pun membutuhkan asupan vitamin sejak dini, Ma. Adapun asupan vitamin yang didapat bayi baru lahir bisa didapat dari ASI yang Mama berikan padanya.

Setelah usianya memasuki enam bulan ke atas, maka asupan vitamin atau nutrisi bayi semakin kompleks dari usia sebelumnya. Itulah mengapa bisa dimulai dengan memberikan makanan pendamping ASI (MPAS).

Tak hanya MPASI, Mama juga perlu memerhatikan vitamin lain yang dibutuhkan pada tubuh si Kecil. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin A yang memiliki manfaat baik untuk tumbuh kembangnya. 

Sehingga, bayi pun tidak boleh kekurangan vitamin A, Ma. Akan tetapi, juga tidak boleh terlalu berlebihan, yang justru bisa membahayakan kesehatan si Kecil nanti. 

Lantas, bagaimana jika bayi kekurangan vitamin A? Kira-kira apa saja dampak kekurangan vitamin A pada bayi? Berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Pertumbuhannya rentan terhambat

1. Pertumbuhan rentan terhambat
Piaxabay/Bergadder

Dalam unggahan yang dibagikan dr. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A, pada Instagram pribadinya, disebutkan bagaimana dampak yang akan terjadi pada bayi jika kekurangan vitamin A.

Adapun salah satu dampak yang bisa terjadi adalah pertumbuhan si Kecil yang rentan terhambat, Ma.Hal ini lantaran anak yang kekurangan vitamin A lebih berisiko terserang anemi karena kurangnya zat besi.

Ketika bayi sudah kekurangan zat besi, tumbuh kembangnya pun menjadi terganggu. Jadi, secara keseluruhan kekurangan vitamin A akan mengganggu proses tumbuh kembang anak mama sejak usia bayi.

Editors' Picks

2. Gangguan dan kelainan pada mata

2. Gangguan kelainan mata
Pixabay/naama

Dampak selanjutnya yang dijelaskan oleh dr. Andreas jika bayi kekurangan vitamin A adalah mengalami gangguan dan kelainan pada matanya. Dalam caption yang dituliskannya, disebutkan bahwa kekurangan vitamin A bisa berdampak pada permasalahan organ mata yang mudah mengalami gangguan.

"Kekurangan Vitamin A berdampak negatif salah satunya organ mata yang mudah mengalami gangguan," tulis dr. Andreas.

3. Gangguan terhadap berbagai penyakit

3. Gangguan terhadap berbagai penyakit
Freepik/bearfotos

Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa vitamin A hanya akan memengaruhhi kesehatan mata, padahal ternyata vitamin A memiliki banyak manfaat lain untuk tubuh, Ma.

Adapun dampak kekurangan vitamin A lainnya yang disebutkan dr. Andreas adalah lebih berisiko mengalami gangguan terhadap berbagai penyakit, misalnya saja ISPA, campak, serta diare.

Beberapa penyakit tersebut sangat mudah terserang pada balita karena sistem pertahanan tubuhnya yang belum sempurna. Sehingga balita yang kekurangan vitamin A lebih rentan mengalami infeksi berat akan penyakit di atas, bahkan hingga kematian.

4. Membuat kulit lebih kering

4. Membuat kulit lebih kering
Freepik

Manfaat vitamin A lainnya adalah membantu memperbaiki jaringan kulit. Terlebih pada bayi yang memiliki kulit jauh lebih sensitif dari kulit orang dewasa.

Sebagai salah satu komponen penting untuk jaringan kulit, vitamin A juga membantu mengurangi peradangan jika si Kecil mengalami luka atau infeksi, Ma.

Jika si Kecil mengalami kekurangan vitamin A dalam jangka waktu yang lama, maka ini akan berdampak pada kondisi kulitnya yang lebih kering, serta akan memperburuk kondisi eksim.

Mengenal Kapsul Vitamin A untuk Bayi dan Ibu Nifas

Mengenal Kapsul Vitamin A Bayi Ibu Nifas
Pexels/Rawpixel

Itu tadi beberapa dampak kekurangan vitamin A pada bayi. Untuk mencegah bayi kekurangan vitamin A, pemerintah pun dengan aktif menjalankan program pemberian vitamin A setiap enam bulan sekali secara gratis di fasilitas kesehatan terdekat.

Adapun pemberian ini sudah dilakukan sejak tahun 1970 untuk mencegah dampak fatal kekurangan vitamin A pada usia balita dan anak-anak. 

Pemberian vitamin A sendiri umumnya terbagi menjadi dua kapsul berbeda yang disesuaikan dengan usia bayi dan juga ibu nifas. Dalam paparannya, dr. Andreas juga menjelaskan perbedaan kedua kapsul vitamin A yang banyak digunakan.

Adapun untuk kapsul vitamin A berwarna biru dengan dosis 1000 IU hanya diberikan pada anak usia 6-11 bulan. Sementara untuk kapsul vitamin A berwarna merah dengan dosis 200.000 IU hanya diberikan pada anak balita dan ibu nifas.

Itu dia informasi dampak kekurangan vitamin A pada bayi serta jenis vitamin A yang bisa diberikan. Dari paparan di atas, dapat diketahui dengan jelas bagaimana pentingnya vitamin A untuk tumbuh kembang si Kecil ya, Ma.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk memenuhi asupan vitamin A si Kecil sejak dini ya, Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.