4 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Jangan panik Ma, ini cara pertolongan bayi jatuh dari tempat tidur yang bisa Mama lakukan

12 Oktober 2018

4 Langkah Harus Dilakukan Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur
Freepik/Yanalya

Setiap orangtua tentu ingin menjaga bayinya sebaik mungkin, termasuk menghindari bayi terjatuh dari tempat tidurnya.

Sayang tak sedikit dari Mama ataupun Papa yang lengah dalam menjaga sehingga bayi terjatuh dari tempat tidur. Bayi yang mulai aktif bergerak juga kerap kali menjadi alasan mengapa akhirnya ia terjatuh dari tempat tidur.

Nah, Mama yang memiliki bayi, ada baiknya mengetahui apa saja yang harus Mama lakukan saat ia terjatuh dari tempat tidurnya. Ini langkah pertolongan pertamanya.

1. Periksa kondisinya

1. Periksa kondisinya
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Mengangkat dan menggendong bayi secara refleks biasanya memang akan Mama lakukan saat melihat bayi terjatuh. Namun tahukah Mama, cara ini terbilang kuranglah tepat.

Mama lebih disarankan untuk bersikap tenang, memperhatikan posisi jatuhnya si bayi sejenak, dan mengecek kondisi tubuh bayi yang mungkin saja terluka.

Jika ada gerakan bayi yang terlihat aneh, segera bawa bayi ke dokter untuk mengetahui apa yang dialami bayi Mama. Jika bayi menangis dan tidak ada gerakan aneh yang ditunjukkan, gendong secara perlahan dan tenangkan dengan usapan lembut.

Baca juga: Langkah untuk Mencegah Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

2. Bersihkan luka

2. Bersihkan luka
momjunction.com

Jika bayi mengalami luka atau goresan, segera obatid. Namun sebelum mengobatinya, cuci tangan hingga bersih lalu bersihkan luka bayi dibawah air mengalir.

Untuk menghentikan perdarahan, gunakan handuk bersih atau kasa bersih dan tekan secara lembut bagian tubuh yang berdarah hingga perdarahan berhenti.

Apabila perdarahan terus berlanjut, segera bawa si Kecil ke okter terdekat.

Editors' Picks

3. Kompres bagian yang bengkak

3. Kompres bagian bengkak
youtube/Sandaroo Family

Apabila Mama melihat adanya benjolan pada kepala si Kecil, segera kompres bagian yang benjol dengan kompres dingin.

Kompres benjolan tersebut selama 2 -5 menit. Cara ini umumnya bisa meredakan mengempeskan benjol yang muncul, tapi apabila tak segera mengempes, segera bawa si Kecil ke dokter.

4. Jangan pindahkan si Kecil jika tak sadarkan diri

4. Jangan pindahkan si Kecil jika tak sadarkan diri
samitivejhospitals.com

Jika setelah jatuh Mama melihat si Kecil tidak sadarkan diri atau tidak bisa bergerak, jangan memindahkannya ataupun mengangkatnya! Sebab, Mama tidak tahu bagian tubuh mana yang cedera dan menyebabkan si Kecil tidak sadarkan diri.  

Mama lebih baik segera memanggil ambulan atau hubungi dokter terdekat agar si Kecil mendapatkan penanganan dengan segera.

Hati-hati ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.