Enak dan Bergizi, Ini 6 Jenis Apel yang Boleh Diberikan kepada Bayi

Jadi, apakah Mama masih ragu untuk memberikan apel kepada bayi?

9 Desember 2020

Enak Bergizi, Ini 6 Jenis Apel Boleh Diberikan kepada Bayi
Unsplash/Caroline Attwood

Hampir semua orang suka apel. Buah yang mudah ditemui di pasaran ini memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan menyegarkan. Maka tak heran bila apel sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut atau olahan makanan. Namun, apakah Mama pernah terpikir untuk memberikan apel sebagai MPASI si Kecil?

Buah apel memang mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperti serat, vitamin C, dan antioksidan untuk melindungi dari serangan penyakit. Oleh karena itu, Mama bisa memberikan apel sebagai MPASI bayi. Lalu, jenis apel apa yang bisa Mama berikan kepada si Kecil?

Simak penjelasan dari Popmama.com mengenai jenis apel untu bayi, di bawah ini. 

Kandungan Nutrisi Apel

Kandungan Nutrisi Apel
Pexels/Toni Cuenca
joker with card

Berdasarkan dari dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram buah apel mengandung 52 kalori, 86 persen air, 0,3 gram protein, 13,8 gram karbohidrat, 10,4 gram gula, 2,4 gram serat, dan 0,2 gram lemak. 

Seperti yang disebutkan di atas, kandungan nutrisi utama buah apel adalah karbohidrat dan air. Namun, Mama tak perlu khawatir karena indeks glikemik dalam apel terhitung rendah, yakni berkisar 29 sampai 44. Indeks glikemik adalah kandungan karbohidrat yang memengaruhi kenaikan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan tertentu. 

Dengan demikian, kadar gula darah tidak mudah naik walaupun sudah mengonsumsi apel. 

Editors' Picks

Manfaat Apel untuk Bayi

Manfaat Apel Bayi
Unsplash/Priscilla Du Preez

Dengan mengetahui kandungan nutrisi dalam buah apel, maka bisa dipastikan bahwa apel aman dikonsumsi bayi. Kandungan serat dalam apel bisa melancarkan pencernaan bayi. Kandungan serat juga bisa memberikan rasa kenyang sehingga mencegah bayi mengalami obesitas. 

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam apel mampu melindungi tubuh si Kecil dari serangan penyakit, termasuk alergi. Pasalnya, apel tidak akan menyebabkan alergi pada bayi, apapun jenis apelnya. 

Cara Mengolah Apel untuk Bayi

Cara Mengolah Apel Bayi
Pixabay/marijana1

Untuk dihidangkan sebagai MPASI bayi, apel bisa dikukus terlebih dahulu. Apel yang dikukus bisa mempertahankan nutrisi di dalamnya. Mama juga boleh merebus apel. Namun, pastikan gunakan sedikit air untuk merebusnya agar kandungan air di dalam apel tidak menguap. 

Seperti dijelaskan di atas, apel mengandung banyak air. Oleh karena itu Mama bisa membuat saus apel untuk bayi dengan dikukus atau direbus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi saus.

Jenis Apel yang Bisa Diberikan kepada Bayi

Jenis Apel Bisa Diberikan kepada Bayi
Freepik
  • Apel red delicious

Apel red delicious memiliki kulit buah menyerupai hati dan berwarna merah tua. Apel jenis ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat teksturnya menjadi lunak dan mudah dikunyah. Oleh karena itu, red delicious cocok dijadikan cemilan si Kecil. Pastikan untuk memotongnya dengan ukuran kecil terlebih dahulu agar mudah dikunyah oleh bayi. 

  • Apel fuji

Seperti namanya, apel ini berasal dari Jepang. Varietas apel yang memiliki rasa manis dan segar ini umumnya berwarna kuning dengan semburat merah. Buah apel ini merupakan hasil persilangan dari apel old virginia dan apel red delicious. Apel fuji mengandung tinggi antioksidan yang bisa melindungi tubuh si Kecil dari serangan penyakit dan menstabilkan berat badan. 

  • Apel golden delicious

Apel jenis ini berwarna kuning cerah dan masuk golongan apel dengan tekstur daging lunak dan berkulit tipis. Namun, apel golden delicious mudah layu dan muncul memar pada kulitnya ketika didiamkan dalam waktu lama di ruangan terbuka. Oleh karena itu, Mama harus menyimpannya atau mengolahnya menjadi saus apel untuk si Kecil. 

  • Apel royal gala

Apel royal gala berwarna merah dengan semburat kuning. Varietas apel yang berasal dari Selandia Baru ini umumnya dijual dengan harga mahal di pasaran. Banyak juga yang bilang bahwa apel royal gala adalah buah favorit Ratu Elizabeth II. Apel jenis ini cocok untuk bayi karena berkulit tipis sehingga mudah dikunyah. 

  • Apel ceri

Apel ceri merupakan varietas apel paling kecil yang memiliki rasa manis dan asam. Daging apel umumnya bertekstur renyah dan lembut sehingga mudah untuk dimakan langsung oleh bayi. 

  • Apel manalagi

Apel manalagi merupakan salah satu apel lokal yang paling banyak digemari. Buah apel jenis ini memiliki tekstur sedikit keras karena memiliki kandungan air lebih sedikit dibanding varietas apel lainnya. 

Buah apel manalagi memiliki diameter 4 sampai 7 cm dengan warna hijau muda kekuningan. Walaupun memiliki sedikit kandungan air, apel manalagi memiliki manfaat yang sama seperti apel lainnya di antaranya menyehatkan jantung dan melancarkan pencernaan. 

Nah itulah jenis-jenis apel untuk bayi yang bisa Mama berikan sebagai MPASI. Jadi, apakah Mama masih ragu untuk memberikan apel kepada bayi?

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.