Jangan Asal PIlih, 8 Rekomendasi Sendok MPASI untuk Bayi

Selain untuk makan, sendok juga menjadi sarana latihan motorik bayi

24 Oktober 2021

Jangan Asal PIlih, 8 Rekomendasi Sendok MPASI Bayi
Freepik/Cookie-studio

Memasuki usia 6 bulan, si Kecil siap untuk mengonsumsi makanan padat. Bersamaan dengan itu, secara perlahan, ia juga mulai diperkenalkan dengan perlengkapan makan. Salah satunya adalah sendok.

Jadi, selain berpetualang dengan rasa, bayi pun berkenalan dan belajar menggunakan sendok. Sendok makan bayi tidak sama dengan sendok yang biasa digunakan oleh orang dewasa. Sendok makan bayi harus disesuaikan dengan mulutnya yang mungil serta mudah, aman, dan nyaman untuk digenggam.

Untuk membantu Mama, Popmama.com mengulas delapan rekomendasi sendok MPASI untuk bayi yang dapat digunakan oleh si Kecil.

1. Avanchy Bamboo Baby Spoon

1. Avanchy Bamboo Baby Spoon
Tokopedia.com

Sendok dengan harga Rp.323.000 ini terbuat dari bahan bamboo, dengan warna-warni yang cerah khas bayi.

Bahan bambunya memiliki sifat antibakteri dan bebas senyawa kimia. Avanchy Bamboo Baby Spoon ringan dengan desain ergonomis yang memudahkan bayi untuk menggenggamnya. Jadi, sendok ini merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk si Kecil.

Ujung sendok terbuat dari bahan silikon yang lembut sehingga tidak akan menyebabkan luka pada gusi si Kecil. Mama pun tidak perlu khawatir akan keamanannya karena kandungannya bebas BPA, PVC, dan phthalates. Meski terbuat dari bambu dan silikon, sendok ini mudah untuk dibersihkan, Ma.

2. Baby Safe Flexible and Heat Indicator Spoon

2. Baby Safe Flexible and Heat Indicator Spoon
Tokopedia.com

Sendok ini didesain fleksibel, lentur,dan teruji bebas BPA. Memiliki fitur yang dapat mendeteksi suhu makanan. Jadi Mama tidak perlu khawatir lagi makanan bayi terlalu panas sehingga dapat melukai lidah atau mulutnya.

Sendok ini memiliki pegangan yang terbuat dari plastik, ini membuatnya awet dan tidak mudah patah.

Harga Rp.17.000.


3. Boon Benders Adaptable Utensils

3. Boon Benders Adaptable Utensils
Shopee.com

Beberapa merek sendok bayi memiliki desain yang melengkung untuk memudahkan bayi memasukkan makanan ke mulut. Sebagian besar sendok yang dijual di pasaran memiliki desain melengkung ke arah kiri untuk bayi yang menggunakan tangan kanan.

Boon Benders Adaptable Utensils dapat digunakan dengan kedua tangan, baik kiri maupun kanan. Sendok dengan harga Rp. 119.000 ini didesain secara inovatif bisa melengkung ke kanan atau ke kiri. Sehingga cocok untuk bayi yang belum bisa menentukan bagian tangan yang dominan.

Ketika perkembangan motoriknya sudah semakin baik, sendok ini bisa diatur ke posisi lurus untuk memudahkan si Kecil.

Editors' Picks

4. Dodo Baby Spoon

4. Dodo Baby Spoon
Tokopedia.com

Sendok makan satu ini dirancang khusus untuk bayi, terutama untuk memperkenalkan makanan padat pada si Kecil. Maka Dodo Baby Spoon terbuat dari bahan yang lembut dan fleksibel, sehingga dapat mencegah risiko gusi terluka.

Sendok ini juga memiliki kelebihan lain, Ma. Dodo Baby Spoon dilengkapi dengan indikator pengatur suhu makanan. Sehingga Mama tidak perlu khawatir lagi makanan akan terlalu panas untuk bayi. Begitu suhu melewati 38 derajat, sensor akan langsung menyala selama 10 detik dan warna sendok akan menjadi lebih muda.

Harga Rp.17.000.

5. NumNum Dips Pre-spoon GOOtensil

5. NumNum Dips Pre-spoon GOOtensil
Tokopedia.com

NumNum Pre-Spoon ini cocok digunakan untuk memperkenalkan bayi pada fungsi sendok dan bagaimana menggunakannya. Jadi sendok ini cocok digunakan di awal MPASI.

Produk ini terdiri dari dua unit sendok yang terbukti hypoallergenic dan memiliki sertifikasi FDA yang aman untuk bayi usia enam bulan ke atas.

Dua unit sendok mempunyai kegunaan yang berbeda, sendok biru untuk mengambil makanan dan sendok orange untuk menjerat makanan.

Gagang dibuat berkontur jadi tidak licin dan memudahkan bayi untuk menggenggamnya. Sendok ini sangat cocok bagi Mama yang ingin mengajarkan bayi untuk makan sendiri.

Harga Rp. 180.000.

6. Pigeon Self Weaning Spoon and Fork

6. Pigeon Self Weaning Spoon and Fork
Tokopedia.com

Sendok ini memiliki bentuk yang cocok digunakan bayi. Selain itu juga berfungsi untuk melatih perkembangan tangannya. Pigeon Self Weaning Spoon didesain agar dapat dipegang dengan beberapa cara yaitu dengan genggaman tangan, genggaman jari, serta genggaman pena.

Modelnya yang lucu dan imut, dengan bagian atas yang agak menonjol berguna untuk mencegah sendok jatuh ke dalam mangkuk atau piring bayi.

Ketika membeli sendok ini, Mama akan mendapatkan wadah beserta 1 set sendok dengan harga Rp.112.000. Selain dapat digunakan di rumah, sendok ini pun cocok untuk dibawa bepergian, lho.

7. Richell Soft Feeding Spoon

7. Richell Soft Feeding Spoon
Bukalapak.com

Sendok ini cocok digunakan bayi yang baru mulai MPASI. Sendok ini memiliki desain yang mendorong kemampuan sensorik bibir dan lidah bayi. Dengan bahan yang elastis dan lembut, tidak membuat gusi terluka dan membantu bayi untuk menggerakkan mulutnya dengan benar saat makan.

Selain itu, sendok ini juga memiliki cekungan yang pas untuk menyendok makanan jenis puree. Mama juga tidak perlu khawatir menyuapkan makanan berlebihan untuk si Kecil karena cekungannya sudah disesuaikan dengan mulut bayi.

Richell Soft Feeding Spoon memiliki ukuran pegangan yang panjang dan melengkung sehingga memudahkan Mama untuk menyuapi si Kecil. Sendok ini dibuat dengan bahan elastomer yang mudah dibersihkan dan disterilkan.

Harga Rp.40.000.

8. Tommee Tippee First Weaning Silicone Spoon

8. Tommee Tippee First Weaning Silicone Spoon
Tokopedia.com

Tommee Tippee silicone spoon didesain untuk membantu bayi saat makan pertama kali. Terbuat dari bahan silikon lembut dan fleksibel yang teruji bebas BPA, sehingga dijamin tidak akan melukai rongga mulut bayi.

Satu set sendok terdiri dari dua sendok dengan variasi yang berbeda. Mama dapat menggunakan sendok ini untuk bubur maupun puree. Dengan warna menarik dan bentuknya yang aman, bayi pun dapat makan dengan tenang.

Harga Rp. 65.000.

Nah, itulah delapan rekomendasi sendok MPASI untuk bayi. Mana sendok pilihan mama untuk MPASI si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.