Alami dan Ampuh Menyembuhkan, Ini 4 Obat Panas Dalam untuk Bayi

Pada dasarnya, memang tidak ada istilah medis pada penyakit panas dalam

15 Oktober 2020

Alami Ampuh Menyembuhkan, Ini 4 Obat Panas Dalam Bayi
babyology.com.au

Panas dalam yang menyerang bayi berusia di bawah satu tahun memang mengganggu. Gejala yang timbul biasanya si Kecil tidak mau makan dan minum ASI seperti hari-hari sebelumnya. 

Pada dasarnya, memang tidak ada istilah medis pada penyakit panas dalam. Namun, ada beberapa penyakit yang datang bersamaan dan berhubungan dengan gejala panas dalam seperti tenggorokan sakit, demam, dan bibir pecah-pecah. 

Penanganan panas dalam terhadap bayi berusia di bawah satu tahun pun berbeda dengan penanganan untuk anak-anak pada umumnya. Berikut Popmama.com akan mengulas obat panas dalam untuk bayi yang alami agar bayi bisa segera terbebas dari rasa sakit. 

1. Berikan ASI lebih banyak

1. Berikan ASI lebih banyak
freepik.com

Mama tidak perlu khawatir jika si Kecil mengalami panas dalam. Pasalnya, bayi berusia di bawah satu tahun tentu masih minum ASI. Nah, Mama bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan ASI lebih banyak kepada si Kecil. 

Keluhan bayi saat mengalami panas dalam umumnya adalah demam. Oleh sebab itu, Mama bisa tetap memandikan bayi menggunakan air hangat atau menyusui si Kecil di ruangan sejuk. Jangan arahkan AC atau kipas angin langsung pada tubuh bayi ya, Ma. 

Editors' Picks

2. Konsumsi lebih banyak air putih

2. Konsumsi lebih banyak air putih
babyadvisor.org

Jika nafsu makan bayi mulai berkurang, maka Mama bisa memberikan lebih banyak air putih kepada si Kecil. Panas dalam bisa disebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan karena terlalu lama berada di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Mama bisa mengajak si Kecil untuk minum lebih banyak air putih dan berikan pakaian tipis pada bayi. 

3. Kompres area tenggorokan bayi

3. Kompres area tenggorokan bayi
Freepik/napatcha

Bayi yang belum bisa berbicara tentu tidak dapat menyampaikan keluhannya ketika merasa panas dalam. Namun, Mama bisa melihat tingkah lakunya yang menunjukkan tanda-tanda panas dalam, misalnya si Kecil tiba-tiba suka memegang area sekitar tenggorokan. Untuk meredakan panas dalam itu, Mama bisa mengompres area tenggorokan si Kecil menggunakan handuk lembut yang telah dibasahi denga air dingin. 

4. Berikan MPASI kaya kandungan air

4. Berikan MPASI kaya kandungan air
unsplash.com/kazuend
Memulai MPASI bayi

Terakhir, panas dalam juga bisa disembuhkan dengan memberikan MPASI yang kaya dengan kandungan air seperti melon, semangka, dan jeruk. Apabila Mama ingin memberikan air kelapa atau madu, pastikan telah dikonsultasikan ke dokter. 

Penting juga menjauhkan bayi dari asap rokok untuk membantu tubuh si Kecil meningkatkan daya tahan tubuhnya. Hal ini bisa membantu si Kecil untuk penyembuhan panas dalam. 

Itulah obat panas dalam untuk bayi yang alami. Perlu diingat jika tanda-tanda panas dalam pada bayi berbeda-beda, sehingga penanganannya pun berbeda.

Jika gejala penyakit panas dalam mulai meresahkan, ada baiknya Mama segera membawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.