Cara Lezat Memberikan Sayur dan Buah Berwarna Oranye untuk Bayi

Sayuran dan buah-buahan kaya nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi

24 Februari 2021

Cara Lezat Memberikan Sayur Buah Berwarna Oranye Bayi
Freepik/Olena_ukhova

Saat mulai mengonsumsi makanan padat, bayi mulai berkenalan dengan beragam jenis makanan. Selain enak, makanan yang diberikan kepada bayi harus mengandung nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembangnya, Ma.

Sayuran dan buah-buahan berwarna oranye mengandung flavonoid, zeaxanthin, potasium, lycopene, dan vitamin C. Ini bermanfaat untuk mata, kulit, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi bayi, tentu turut mendorong tumbuh kembangnya.

Namun, tidak semua sayuran dan buah berwarna oranye enak untuk disantap. Beberapa bayi mungkin tidak menyukai rasanya.

Bagaimana mengakali agar si Kecil mau mengonsumsinya? Ada cara lezat untuk menyajikan sayuran dan buah-buahan berwarna oranye ini, Ma. Simak tips dari Popmama.com berikut ini mengenai cara lezat dan mudah untuk menyajikan sayuran dan buah-buahan berwarna oranye ini.

1. Mulailah dengan buah dan sayur dasar

1. Mulailah buah sayur dasar
Pixabay/jill111

Yang dimaksud di sini adalah sayur dan buah yang mudah diperoleh di pasar atau supermarket dan sering dikonsumsi di rumah. Wortel, labu, dan ubi jalar mengandung nutrisi seperti beta-karoten, vitamin A, dan kalium.

Karena wortel, labu, dan ubi jalar memiliki rasa manis alami, bayi biasanya akan segera menyukai jenis makanan ini, Ma.

Editors' Picks

2. Gunakan sebagai bahan makanan utama

2. Gunakan sebagai bahan makanan utama
Freepik/ValeriaAksakova

Bayi mencobanya dalam bentuk puree atau dihaluskan, tanpa tambahan bahan lainnya. Setelah bayi terbiasa, Mama dapat berkreasi mencoba beberapa menu. Misalnya menggabungkan puree wortel dengan daging giling.

Mama juga bisa membuat burger mini untuk si Kecil dan tambahkan potongan ubi manis sebagai pengganti kentang goreng.

3. Jadikan sebagai cemilan

3. Jadikan sebagai cemilan
Pixabay/dhanelle

Jika bayi menyukai bubur wortel dan siap untuk mencoba camilan, maka Mama dapat mencoba ini: potong wortel menjadi potongan seukuran ujung kelingking. Kemudian, kukus atau panggang hingga cukup lembut untuk dihaluskan dengan ibu jari dan telunjuk.

Biasanya bayi akan menjadi penasaran dengan makanan baru sehingga mereka ingin mencicipinya. Begitu mereka mengenali rasanya, dijamin bayi mama akan menyukainya.

Ubi manis pun bisa dijadikan camilan enak dan sehat. Mama hanya perlu memotong dan memanggangnya saja.

4. Setelah itu, cobalah jenis makanan baru

4. Setelah itu, cobalah jenis makanan baru
Freepik/Topntp26

Setelah si Kecil terbiasa dengan wortel, jeruk, dan ubi jalar, cobalah untuk menggunakan bahan makanan lain. Kacang lentil merah tinggi zat besi dan protein; paprika bisa dipanggang dan dicampur dengan kentang atau ayam suwir; dan sesendok labu yang sudah dihaluskan dapat dicampur ke dalam makanan bayi.

Jangan lupa, saat memberikan makanan baru, perhatikan apakah ada gejala alergi, Ma. Tunggu sampai lima hari sebelum Mama mencoba jenis makanan baru lainnya.  

Itulah cara lezat memberikan makanan berwarna oranye untuk bayi. Selain enak, sayuran dan buah-buahan berwarna orange ini baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi karena kaya nutrisi.

Apa sayuran dan buah kesukaan bayi mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.