Wajib Dicoba: 5 Pose Yoga yang Bisa Dilakukan Bersama Bayi

Melakukan yoga bersama bayi dapat membangun kedekatan, Ma

21 September 2019

Wajib Dicoba 5 Pose Yoga Bisa Dilakukan Bersama Bayi
Youtube/ Brandi JP - enCore Pilates

Memiliki bayi untuk pertama kali tentu bukan hal mudah bagi sebagian besar orangtua. Apa yang biasanya Mama lakukan untuk bersantai atau melepas ketegangan setelah mengurus bayi?

Di antara kegiatan menyusui, mencuci baju, membereskan rumah, atau kesibukan rumah tangga lainnya, Mama tentu harus meluangkan waktu untuk mengurus diri. Mengurus diri sendiri bukan hal yang egois loh, Ma. Ini penting untuk dilakukan.

Salah satu kegiatan mengurus diri yang bisa dilakukan bersama bayi adalah yoga. Ada beberapa pose yoga untuk Mama dan bayi yang dapat membuat Mama lebih santai. Selain itu, bayi mendapatkan stimulasi sentuhan dan kontak yang penting bagi mereka di tahap awal perkembangan.

Berikut 5 pose yoga yang dirangkum Popmama.com untuk Mama dan bayi.

1. Balancing Table

1. Balancing Table
yogiapproved.com

Ini adalah cara yang bagus untuk melakukan peregangan untuk seluruh tubuh.

Mama dapat berpose seperti meja dengan menggunakan tangan dan lutut dan letakkan bayi di dekat Mama sehingga Mama bisa melakukan kontak mata dengannya.  

Rentangkan tangan kanan Mama ke depan dan kaki kiri ke belakang. Sambil melakukan pose ini, Mama dapat bertatapan dengan bayi. Saat beralih ke tangan kiri dan kaki kanan, beralihkan ke samping lalu ucapkan “halo” kepada bayi.

Di tahun pertama, bayi belajar bahwa mereka adalah “agen aktif” dalam kehidupan mereka. Seiring dengan bertambah umur, ia mengetahui bahwa dunia tidak hanya dipenuhi dengan cahaya dan suara.

Mereka belajar bahwa senyuman dapat memperoleh respons yang dapat diprediksi — dari banyak orang, tetapi terutama dari orangtua. Nah, dengan pose ini, bayi pun belajar menatap dan berbagi "halo".

2. Downward Facing Dog

2. Downward Facing Dog
freedesignfile/starder

Tempatkan bayi di bawah Mama sehingga ketika kepala Mama menunduk, Mama berada pada tingkat yang sama dengan wajah bayi.

Tekan kembali ke bawah dan kemudian buat ini sebagai latihan penguatan lengan yang bahkan lebih kuat dengan membawa siku Mama ke lantai sambil menjaga kaki terentang.

Beri bayi ciuman kecil dan kembali ke bawah. Ulangi.

Editors' Picks

3. Boat Pose

3. Boat Pose
freedesignfile/starder

Pose ini baik untuk memperkuat perut dan punggung.

Gendong bayi di pangkuan Mama atau di kaki dan angkat kaki Mama dengan perlahan. Cobalah untuk menahan pose selama beberapa detik sebelum melepaskan. Ulangi.

Pose ini adalah penguat perut yang ampuh dan ketika Mama selesai, Mama bisa mencoba bergoyang ke depan dan belakang, memberi bayi sensasi goyang yang menyenangkan.

4. Bridge Pose

4. Bridge Pose
yogiapproved.com

Gendong bayi di pangkuan sambil terlentang, angkat punggung, tekan kaki ke lantai, dan gunakan lengan untuk menopang, angkat pinggul Mama tinggi-tinggi lalu lepaskan dengan lembut. Ulangi.

Ini memperkuat kaki dan area perut serta memberikan sentuhan indah dan perkembangan penting untuk Mama dan bayi.

5. Warrior One

5. Warrior One
freepik/yanalya

Gerakan ini berfungsi menjaga kestabilan dan menguatkan otot kaki.

Awali dengan berdiri tegak sambil menggendong bayi di depan perut atau mengangkat bayi tinggi-tinggi. Wajah bayi menghadap ke depan. Posisikan kaki kiri lurus ke belakang dan kaki kanan menekuk di depan. Pandangan lurus ke depan.

Tahan posisi selama 5-10 tarikan napas. Lalu tukar posisi kaki dan ulangi dalam hitungan yang sama. 

Mudah bukan? Yuk, coba bersama bayi!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!