Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan 1 Minggu: Kaki Kuat si Kecil

Seperti apa perkembangan bayi usia 12 bulan 1 minggu? Beberapa bayi sudah bisa berlari

27 September 2019

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan 1 Minggu Kaki Kuat si Kecil
Pixabay/2081671

Selamat datang, masa kanak-kanak! Saat ini bayi Mama telah menginjak usia 12 bulan atau 1 tahun. Tak terasa ya, Ma, sepertinya baru kemarin ia lahir dari rahim mama dan kini sudah menjadi seorang manusia yang belajar mengenal dunia.

Editors' Picks

Langkah Kaki Pertama

Langkah Kaki Pertama
Freepik/Rawpixel.com

Banyak anak yang memulai langkah kaki pertamanya di antara usia 9 hingga 12 bulan, kemudian bisa berjalan dengan lebih baik di usia 14 atau 15 bulan. Tapi jangan khawatir, Ma, jika si Kecil belum melangkah untuk pertama kalinya di usia ini. Adalah hal yang normal jika bayi terlambat berjalan sampai usia 15 atau 16 bulan, atau bahkan lebih.

Dorong kemampuannya berjalan dengan memberikan kesempatan anak untuk bergerak tanpa bantuan. Sebaiknya, Mama mengurangi frekuensi menggendongnya di usia ini supaya si Kecil tergerak untuk mengeksplorasi ruang di sekitarnya. 

Pada fase belajar berjalan ini, anak masih berjalan tertatih-tatih dan belum dapat mengontrol arah berjalannya. Untuk menjaga keamanannya, sebaiknya tata ulang perabotan di rumah. Berikan ruang luas untuk anak belajar berjalan tanpa terhalang benda-benda. Selain itu, pindahkan benda-benda yang rawan menimbulkan kecelakaan, misalnya: guci, lampu hias berdiri atau pun vas bunga di atas taplak meja yang menjuntai. Tutup stop kontak dengan lakban supaya bayi tidak penasaran memasukkan tangannya dan menyebabkan bayi kesetrum.

Jika si Kecil ingin dibimbing, mungkin ia merasa lebih aman saat bisa berpegangan pada jari-jemari Anda. Mainan yang bisa didorong juga dapat melatihnya berjalan lebih baik. Pastikan benda yang didorong si Kecil stabil dengan dasar yang aman dan lebar.

Kontrol ke Dokter? Jangan Lupakan Daftar Ini, Ma

Kontrol ke Dokter Jangan Lupakan Daftar Ini, Ma
rawpixel.com/Teddy Rawpixel
Manfaat telur puyuh

Di usia 12 bulan 1 minggu ini, selain merayakan ulangtahun pertamanya, hal lain yang tak kalah penting dilakukan adalah kontrol ke dokter anak. Berikut daftar pertanyaan dan hal-hal yang perlu diperiksa:

  • Siklus tidur: Bagaimana siklus tidur anak di siang dan malam hari?
  • Makanan: Makanan padat apa saja yang sudah dimakan anak mama di usia 12 bulan ini? Bagaimana nafsu makannya? Apakah ia bisa menikmati makan makanan sendiri?
  • Gigi: Berapa jumlah gigi yang sudah dan akan tumbuh?
  • Penglihatan: Apakah si Kecil sering menggosok matanya? Atau melihat benda dengan jarak sangat dekat? Adakah potensi juling?
  • Pendengaran: Bagaimana respon anak terhadap suara di sekitarnya?
  • Perkembangan kemampuan: Bisakah anak merangkak? Bangkit berdiri kemudian duduk, dan sebaliknya? Menunjuk? Melakukan kontak mata dan menanggapi saat dipanggil namanya? Mendorong dan menarik?
  • Kemampuan bicara: Apakah anak mama sudah bisa menirukan suara, mengoceh atau mengatakan satu-dua kata?

Jika Mama memiliki uneg-uneg atau pertanyaan seputar perkembangan anak, jangan ragu menyampaikannya pada dokter ya, Ma. Terkadang kita perlu mempercayai insting kita, tetapi yang tak kalah penting adalah meminta saran dan pemeriksaan dari dokter yang lebih ahli untuk memastikan kondisi si Kecil.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.