Ma, Ini 4 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Bayi Belajar Berjalan

Ayo dorong bayi untuk belajar berjalan

3 Mei 2019

Ma, Ini 4 Hal Penting Harus Diketahui Saat Bayi Belajar Berjalan
Pexels/Vidal Balileo Jr

Dari bulan-bulan pertama sampai usia 1 tahun, bayi Mama mengalami banyak perubahan secara fisik dan mental. Selain itu, bayi Mama juga sudah melewati beberapa perkembangan seperti duduk, merangkak, dan berjalan.

Penelitian menunjukkan bahwa idealnya bayi memulai langkah pertamanya saat berumur 10-12 bulan. Apa yang harus diketahui Mama agar dapat membantu perkembangan bayi?

Simak ulasan Popmama.com berikut ini.

1. Bagaimana bayi belajar berjalan?

1. Bagaimana bayi belajar berjalan
Freepik/Tortoon

Saat bayi memasuki usia 4 atau 5 bulan, ia akan mulai berguling-guling di tempat tidur dan pada usia 6-7 bulan, ia akan mulai merangkak di lantai.

Memasuki usia 9 bulan, bayi mulai meraih benda-benda di sekitar dan mencoba berdiri sendiri dengan memegang benda-benda itu. Bayi akan mencoba menyeimbangkan dirinya dan pada tahap ini, Mama perlu membantu bayi untuk belajar berjalan.

Bayi akan menguasai seni berdiri dan bergerak. Jika bayi belum bisa berdiri dengan kakinya dan kakinya terseret saat Mama mencoba membuatnya berdiri, maka jangan memaksanya untuk berjalan. Bersabarlah, mungkin bayi membutuhkan waktu lebih banyak sampai bisa berjalan.

Setiap bayi memiliki waktu yang berbeda-beda untuk belajar ya, Ma.

2. Bagaimana cara membantu bayi berjalan?

2. Bagaimana cara membantu bayi berjalan
Youtube.com/SACCONEJOLYs

Bayi membutuhkan dukungan penuh ketika ia mulai berjalan dan perlu tahu bagaimana caranya untuk duduk setelah ia berdiri. Mama perlu mengajarinya cara duduk dari posisi berdiri. Jika tidak, bayi akan duduk tiba-tiba dan menyakiti dirinya sendiri.

Mama dapat menunjukkan padanya cara menekuk lutut dan duduk di lantai dengan nyaman tanpa terguling. Mainan kesukaannya juga bisa menjadi pendorong bayi untuk mencoba berjalan dan mengambilnya.

Perkembangan Ini juga tergantung pada kekuatan kakinya. Memijat kaki dengan sedikit minyak dapat menambah kekuatan kaki. Selain itu juga, melatih kaki bayi dengan menggerak-gerakkannya saat bayi dalam posisi tidur juga bisa dilakukan Mama untuk membantu bayi.

Bantuan Mama akan memberikan kekuatan fisik pada kakinya dan dia akan belajar untuk cepat berdiri. Mama dapat dapat memegang tangannya dan menuntunnya untuk berjalan.

Editors' Picks

3. Apa yang harus dilakukan ketika bayi tidak bisa berjalan?

3. Apa harus dilakukan ketika bayi tidak bisa berjalan
Freepik/Bearfotos

Bayi akan berjalan sekitar 10 bulan hingga 15 bulan. Tetapi karena alasan apa pun jika bayi memiliki masalah untuk berjalan, sebaiknya Mama berkonsultasi dengan dokter anak.

Hindari menggunakan alat bantu berjalan untuk bayi karena membatasi gerakannya saat dia bergerak dari satu sudut ke sudut lainnya. Selain itu juga berisiko terjatuh dan dapat menyebabkan bayi cedera.

4. Pencapaian bayi saat belajar berjalan

4. Pencapaian bayi saat belajar berjalan
Pixabay/Kvanhees940

Antara 10-15 bulan, bayi harus bisa berdiri sendiri, berjongkok sendiri , dan mundur.

Pada usia sekitar 16 bulan, bayi akan mulai menaiki dan menuruni tangga. Pastikan Mama ada di sekitar bayi saat bayi melakukan kegiatan itu. Setelah itu bayi akan berjalan dengan lancar, berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan memanjati kursi atau sofa. Di sini bayi pun mulai menendang bola dan menari mengikuti irama musik.

Pastikan lingkungan rumah aman bagi bayi untuk belajar berjalan. Biarkan bayi belajar dengan gembira tanpa hambatan dan rasa takut.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!