Waspada, 5 Benda Sepele di Rumah yang Membahayakan Bagi Bayi

Kecelakaan fatal bisa tak terhindarkan karena kelalaian yang seringkali tak terduga

17 Oktober 2021

Waspada, 5 Benda Sepele Rumah Membahayakan Bagi Bayi
Freepik/rawpixel.com

Seiring dengan perkembangannya, bayi punya rasa ingin tahu yang berkembang dengan pesat. Ketika ia mulai bisa berguling atau merangkak, bayi biasanya meraih apapun benda yang menarik perhatiannya. 

Beberapa benda sehari-hari yang ada di rumah mungkin terkesan sepele.

Tetapi bagi bayi benda-benda tersebut menimbulkan rasa penasaran, entah itu untuk sekadar dipegang atau bahkan dimasukkan ke mulut. 

Berikut ini Popmama.com merangkum 5 benda sehari-hari di rumah yang remeh, tetapi dapat membahayakan bayi, dilansir dari Today's Parent:

1. Detergent pods

1. Detergent pods
Piqsels.com

Di Indonesia, kini mulai marak penggunaan detergent pods. Detergent pods berbentuk seperti bantalan kecil yang berisi detergen, softener, atau pun sabun-sabun lain yang dikemas dalam plastik yang dapat larut dalam air. 

Bentuk dan warna detergent pods memang menarik. Banyak bayi dilaporkan harus dilarikan ke UGD karena bermain-main dengannya. Detergent pods dapat mengakibatkan luka bakar pada mata dan keracunan jika ditelan.

Editors' Picks

2. Baterai kancing

2. Baterai kancing
Publicdomainpictures.net

Berbentuk bulat pipih dan mengkilap, baterai kancing cukup memikat bagi bayi. Benda ini dapat ditemukan dengan mudah pada peralatan elektronik di rumah, termasuk mainan anak-anak. 

Apabila bayi menelannya, baterai dapat menyebabkan tersedak, luka bakar bahan kimia yang serius, hingga keracunan fatal. 

3. Kabel

3. Kabel
Pexels/Karolina Grabwoska

Bagi bayi yang baru belajar merangkak atau berguling, kabel bisa menjadi mainan yang menyenangkan untuk dipegang. Tetapi akibatnya bisa sangat berbahaya, Ma.

Mereka bisa terbelit kabel, menjatuhkan barang yang terhubung dengan kabel dan tertimpa, atau pun kesetrum karenanya. Beberapa bayi dilaporkan juga mengigit dan mengunyah kabel berwarna-warni karena rasa penasaran.

4. Makanan kucing atau anjing

4. Makanan kucing atau anjing
Freepik/Topntp26

Apabila di rumah memelihara kucing atau anjing, orangtua perlu waspada jika meletakkan tempat makan kucing dan anjing di area yang dapat dijangkau bayi.

Pasalnya, bayi seringkali tertarik terhadap makanan kucing atau anjing yang bentuknya lucu dan berwarna-warni. 

Makanan kucing atau anjing jika tertelan bayi bisa menimbulkan bahaya tersedak. Selain itu higienitas makanan kucing atau anjing juga tidak terjamin sehingga dapat membuat bayi sakit perut. 

5. Perhiasan dan aksesoris

5. Perhiasan aksesoris
Pixabay/emirkhanbal

Tak jarang orangtua meletakkan aksesoris, seperti kalung berwarna-warni di sekitar bayi untuk mainan. Tetapi benda-benda seperti perhiasan dan aksesoris ini bisa membelit bayi atau pun ditelan bayi sampai bayi tersedak karenanya.

Sama berbahayanya dengan membiarkan bayi memakai kalung atau cincin di usianya yang masih sangat kecil karena mereka masih belum mengetahui bahwa benda-benda ini bukanlah makanan dan dapat menimbulkan risiko kesehatan serius jika tertelan.

Itu dia lima benda sehari-hari yang tampaknya remeh tetapi dapat berbahaya bagi bayi.

Sebaiknya simpan benda-benda di atas di tempat yang aman dari jangkauan bayi. Terlebih jika bayi mama sedang dalam fase menjelajah penjuru rumah. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.