TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Daftar Buah-buahan yang Bisa Dikonsumsi Bayi 7 Bulan

Mama tidak perlu ragu untuk memberikan buah-buahan ini untuk si Kecil yang berusia 7 bulan

8 Agustus 2022

Daftar Buah-buahan Bisa Dikonsumsi Bayi 7 Bulan
Freepik/Photodiod

Pada usia 7 bulan, bayi sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI atau dikenal dengan MPASI. Di usia ini, Mama bisa memberikan berbagai jenis makanan pendamping, yang salah satunya adalah buah-buahan.

Buah-buahan bisa membantu memenuhi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh bayi dan juga bisa meningkatkan kesehatan dan perkembangan bayi.

Jika Mama ingin mulai memberikan buah pada si Kecil tapi bingung dan ragu harus memilih buah mana yang bisa diberikan, kali ini Popmama.com merangkum daftar buah untuk bayi 7 bulan. Apa saja?

1. Alpukat

1. Alpukat
Unsplash/ThoughtCatalog

Buah alpukat disebut sebagai buah yang memiliki nilai gizi tertinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan yang sangat lengkap yang baik untuk tubuh.

Alpukat merupakan sumber serat, viitamin C, Vitamin A, dan Vitamin E yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, alpukat merupakan buah yang mengandung asam lemak yang bagus untuk perkembangan otak dan perkembangan kognitif bayi.

Selama masa MPASI, Mama bisa memberikan si Kecil alpukat yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Jika Mama ingin melakukan variasi, Mama bisa menambahkan ASI ke dalam alpukat yang sudah dihaluskan untuk menambah rasa gurih.

2. Apel

2. Apel
Pexels/Mareefe

Buah apel mengandung banyak serat, vitamin C, vitamin B6, potassium, magnesium, dan antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan bayi.

Selain itu, apel disebut bisa membantu mengatasi masalah pencernaan pada bayi. Kandungan serat yang terkandung dalam apel dapat membantu meringankan kerja usus dan melancarkan pencernaan, sehingga apel merupakan buah yang bagus untuk membantu bayi yang mengalami susah buang air besar.

Mama bisa memberikan jenis apel yang mana saja, baik itu apel merah atau apel hijau. Semua jenis apel memiliki manfaat yang sama-sama baik untuk perkembangan dan kesehatan bayi.

Saat mengolah apel, jangan lupa untuk membuang biji apel, ya, Ma, karena hal ini bisa menimbulkan masala,  seperti keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Editors' Picks

3. Buah naga

3. Buah naga
Freepik/dashu83

Buah selanjutnya yang bisa diberikan pada bayi 7 bulan adalah buah naga. Buah naga memiliki begitu banyak manfaat.

Buah naga mengandung protein, serat, vitamin B1 dan B2, vitamin E, likopen, dan magnesium yang bermanfaat untuk kesehatan dan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Kandungan likopen dalam buah naga memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

Mama bisa mengolah buah naga untuk bayi dengan cara dihaluskan dengan sendok atau menggunakan blender.

4. Mangga

4. Mangga
Freepik/user3802032

Buah ini mengandung karbohidrat, protein, serat, asam folat, kalium, dan sederet vitamin penting lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan bayi.

Bayi berusia 7 bulan sudah boleh mengonsumsi buah mangga. Namun, perhatikan jumlahnya ya, Ma. Hindari terlalu banyak memberi buah mangga pada si Kecil.

5. Melon

5. Melon
Freepik/topntp26

Buah yang termasuk jenis labu-labuan ini bisa menjadi salah satu buah yang bisa Mama berikan pada bayi usia 7 bulan. Melon mengandung 90 persen air sehingga dapat memberikan kesegaran pada bayi.

Melon juga mengandung zeaxanthin dan karotenoid. Kandungan ini bisa melindungi bayi terhadap radiasi UV yang berbahaya yang masuk ke mata. Sehingga dapat dikatakan buah melon ini bermanfaat untuk kesehatan mata.

Untuk mengolah buah melon, Mama bisa mengukusnya atau diblender hingga halus.

6. Pisang

6. Pisang
Pexels/Tara Winstead

Buah pisang mengandung serat cukup tinggi yang bermanfaat untuk memperkuat sistem pencernaan bayi. Selain itu, pisang juga kaya akan karbohidrat, potasium, kasium, magnesium, zat besi, dan vitamin B6 yang dapat menambah berat badan bayi.

Selain mudah ditemukan, tesktur buah pisang juga lembut sehingga cocok diberikan untuk bayi. Mama dapat mengolah pepaya dengan cara dihaluskan atau mencampurkannya dengan sereal si Kecil.

7. Pepaya

7. Pepaya
Freepik/freepik

Buah pepaya sudah terkenal sebagai buah yang bisa membantu melancarkan pencernaan karena serat yang terdapat di dalamnya. Buah ini juga dikenal dapat menjaga kulit bayi dan membantu perkembangan penglihatan bayi karena kaya akan kandungan vitamin A dan C.

Selain itu, manfaat lain dari buah pepaya adalah dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Mama bisa mengolah pepaya dengan cara dihaluskan.

Itu tadi daftar buah untuk bayi 7 bulan. Semoga si Kecil suka dengan buah-buah ini ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk