7 Buah Penambah Berat Badan Bayi yang Murah dan Mudah Dicari

Tak hanya sayur dan daging, berikan juga 7 jenis buah ini untuk tingkatkan berat badan bayi

20 September 2019

7 Buah Penambah Berat Badan Bayi Murah Mudah Dicari
Momlovesbest

Sebagai orangtua, Mama pasti khawatir jika si Kecil terlalu kurus. Kalau sudah seperti ini, porsi makan pun ditambah agar berat badan anak ideal.

Tapi ingat Ma, jangan hanya porsinya saja ya yang ditambah. Perhatikan pula kandungan serat dan karbohidrat di dalamnya yang bisa menambah berat badan anak.

Ya, makanan bayi yang baik tidak hanya sehat tetapi juga mampu meningkatkan berat badannya.

Dilansir dari lama Mom Junction, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa buah sehat dan lezat yang bisa membantu menaikkan berat badan bayi.

1. Pisang sebagai sumber karbohidrat dan energi

1. Pisang sebagai sumber karbohidrat energi
Babydigezt.com

Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang bisa menjadi sumber karbohidrat dan juga energi untuk diberikan pada bayi sebagai salah satu makanan penambah berat badan.

Mama bisa memberikan anak pisang yang manis dan matang, sehingga bayi bisa menikmatinya saat makan.

Menyajikan pisang pada bayi bisa dengan cara dipotong kecil-kecil, diolah menjadi semcama puree, dijadikan milshake atau hanya dihancurkan menggunakan sendok.

Agar lebih optimal, Mama bisa memberikan 1 atau 1/2 buah tiap harinya. 

2. Pir kaya serat dan zat besi

2. Pir kaya serat zat besi
Freepik/free photo

Pir adalah salah satu makanan padat yang bisa Mama berikan pada bayi untuk bisa menaikan berat badannya. Buah pir sangatlah kaya akan serat, zat besi, vitamin B6, dan juga vitamin C.

Mama bisa memberikan buah ini dalam olahan puree yang juga bisa dicampurkan dengan kayu manis dan apel didalamnya. Selain itu, cara lain memberikan pir pada anak Mama bisa dengan membuatnya dalam bentuk pancake. 

3. Mangga diberikan pada bayi diatas 12 bulan

3. Mangga diberikan bayi diatas 12 bulan
Pixabay/Josch13

Buah yang satu ini sangatlah disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Untuk orang dewasa, buah manga yang belum terlalu matang kerap kali dimanfaatkan untuk membuat olahan rujak.

Namun untuk makanan bayi, pilihlah mangga yang matang dan manis. Cara pengolahannya, Mama bisa membuatnya menjadi jus atau seperti puree.

Buah mangga bisa diberikan pada bayi diatas 12 bulan. Mangga juga bisa memberikan asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi sehingga bisa membantu mendapatkan berat badan idealnya.

Editors' Picks

4. Pepaya mengandung 46 kalori tiap 100 gram

4. Pepaya mengandung 46 kalori tiap 100 gram
Freepik/bowonpat

Pepaya adalah buah yang berada pada daerah khas tropis, kandungan kalori pada pepaya cukup banyak. Pepaya juga mempunyai kandungan gula yang alami.

Mama bisa memberikan buah yang satu ini sebagai salah satu pendamping makanan utamanya. Pepaya bisa membantu menaikan berat badannya karena memiliki 46 kalori tiap 100 gramnya.

Pilihlah papaya yang sudah matang karena teksturnya akan sangat lembut, sehingga mudah dicerna oleh bayi. Namun jangan memberinya terlalu banyak, karena pepaya bisa menyebabkan anak ingin buang air besar terus menerus. 

5. Kurma mengandung gula yang dapat menaikan berat badan bayi

5. Kurma mengandung gula dapat menaikan berat badan bayi
Freepik/free photo

Jenis buah lainnya yang bisa membantu menjadi penambah berat badan adalah kurma. Gula dan kalori yang terkandung didalamnya dipercaya bisa membantu menaikan berat badan dengan sangat baik.

Mama bisa memberikan kurma pada anak usia 12 bulan keatas. Jangan lupa untuk memisahkan biji kurma pada buahnya agar tidak termakan oleh anak.

Sebaiknya pilihlah kurma yang bagus dan terpercaya, jangan memilih kurma yang sudah dioplos atau kurma buatan.

6. Anggur dianjurkan untuk anak diatas usia 7 bulan

6. Anggur dianjurkan anak diatas usia 7 bulan
Rawpixel/Markus Spiske

Buah yang berbentuk kecil dan memiliki warna ungu atau hijau ini juga bisa menjadi salah satu pilihahan buah lainnya yang dapat meningkatkan berat badan bayi.

Mama bisa memberikan anggur pada anak dalam bentuk jus. Mama juga bisa memberikannya secara langsung, namun jangan lupa untuk memisahkan biji-biji kecil di dalamnya.

Anggur tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada anak dibawah usia 7 bulan. 

7. Apel mengandung antioksidan alami

7. Apel mengandung antioksidan alami
Pexels/Aphiwat Chuangchoem

Apel adalah buah yang cukup popular, buah ini merupakan memiliki kandungan antioksidan alami yang sangat berguna untuk tubuh bayi.

Selain itu, buah ini juga memilki kandungan kalori cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk dijadikan pendamping makanan si Kecil agar bisa bertambah berat badannya.

Mama bisa mencampurkan apel dan pir menjadi satu lalu diolah seperti puree. Berikan 2 hari sekali pada bayi sebagai pendamping makanan utamanya.

Nah, itulah ketujuh jenis buah penambah berat badan bayi yang murah meriah dan mudah didapatkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!