8 Aplikasi Ini Dapat Membantu Anak Mama Tetap Belajar Meski di Rumah

Yuk, cari tahu aplikasi edukatif apa saja yang dapat anak Mama gunakan selama masa isolasi di rumah

30 Maret 2020

8 Aplikasi Ini Dapat Membantu Anak Mama Tetap Belajar Meski Rumah
Freepik

School from home (SFH) yang dijalani seluruh siswa Indonesia di masa pandemi Virus Corona (Covid-19) memang penuh tantangan. Anak yang terbiasa belajar sambil bertatap muka dengan guru atau tidak terbiasa memakai teknologi, pasti akan mengalami lebih banyak kesulitan. Tetapi, mau tidak mau, kali ini, belajar harus dilakukan dari rumah. 

Jika biasanya di sekolah, ada guru yang ditanyai, mungkin sekarang Mama harus memperkenalkan aplikasi ilmu pengetahuan untuk anak agar mereka bisa mencari informasi sendiri. Bagaimana agar belajar menjadi menyenangkan dan mudah? Popmama.com akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi edukatif yang dapat Mama perkenalkan buat anak Mama. Yuk, kita bahas apa aja aplikasinya!

1. National Geographic Kids

1. National Geographic Kids
twitter.com/natgeokidsuk

Tentunya banyak dari kita yang mengetahui media edukasi yang satu ini. Baik melalui film-film dokumenternya, ataupun dari majalah yang sering kita temui di toko-toko buku. Media yang satu ini memang memiliki segudang informasi, mengenai berbagai hal menarik dari hewan yang bermacam-macam. Juga informasi lainnya yang tak kalah menarik.

Seperti halnya majalah National Geographic Kids, aplikasi ini juga membagikan beragam informasi yang akan menjawab pertanyaan si Anak. Tentunya dengan penyampaian yang pas buat mereka.

2. Math Interactive

2. Math Interactive
commonsensemedia.org

Kebanyakan anak umumnya tidak suka dengan pelajaran matematika. Dengan alasan itu merupakan pelajaran yang sulit dan rumit. Apalagi di momen seperti ini, mereka rasanya semakin enggan untuk menyentuh matematika. 

Namun Mama bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Math Interactive merupakan aplikasi yang dibuat oleh siswa sendiri,  Melalui definisi, artikel, ilustrasi interaktif, dan contoh pada 20 materi matematika seperti; geometri, fungsi, aljabar, kalkulus, trigonometri, dan banyak lagi.

3. Duolingo

3. Duolingo
uxplanet.org

Ada anak mama yang senang untuk belajar bahasa baru, seperti bahasa Spanyol, bahasa Perancis maupun bahasa Jerman. Atau mereka mau mengasah kemampuan bahasa Inggris mereka agar lebih mahir lagi? Mereka dapat menemukan jawaban keduanya dengan menggunakan aplikasi ini.

Duolingo memberikan pembelajaran berbagai bahasa dengan cara yang menyenangkan. Anak mama dapat belajar bahasa menggunakan sistem gaya permainan yang menarik dan membuat mereka lebih mudah untuk mengerti. Aplikasi Duolingo juga dapat digunakan oleh anak mama yang lebih besar, pada jenjang SMP maupun SMA.

Editors' Picks

4. Grasshopper : Learn To Code

4. Grasshopper Learn To Code
grasshopper.app

Si Anak penasaran dengan bagaimana cara internet, aplikasi, dan program-program lainnya bekerja? Mungkin ia memiliki ketertarikan di dunia teknologi informasi dan Mama perlu mengasahnya sejak dini.

Aplikasi Grasshopper ini menjadi jawabannya. Anak mama dapat belajar coding sejak dini melalui aplikasi ini.  Merasa akan dipertemukan dengan  operasi matematika dasar (melalui penggandaan) juga ide-ide matematika yang sedikit lebih kompleks (seperti array). 

5. Getty Unshuttered

5. Getty Unshuttered
joekrolick.com

Kali ini giliran aplikasi buat anak Mama yang senang dengan dunia fotografi. Aplikasi tersebut ialah Getty Unshuttered. Aplikasi ini mirip-mirip seperti instagram, namun terbil terfokus pada keterampilan fotografi di dalamnya. 

Pelajaran dalam aplikasi ini fokus pada topik-topik seperti: cahaya, perspektif, warna, potret, komposisi, gerakan, dan cara untuk menyampaikan emosi dan pesan melalui foto. Pengguna aplikasi ini dapat mengetahui apa makna foto ia mereka tangkap, juga memposting karya mereka sendiri sesuai kualitas yang dipelajari sebelumnya.  

6. Molecularium

6. Molecularium
lochnessproductions.com

Aplikasi berbasis sains ini cocok buat anak mama yang suka sains. Molecularium merupakan permainan yang mengajarkan anak-anak cara membangun molekul menggunakan formula kimia.

Pada aplikasi ini, anak mama dapat memilih, menggeser, dan membidik atom satu per satu ke arah "atom awal" yang nantinya akan membentuk molekul lengkap. Permainan ini juga dapat menjadi cara yang baik untuk memperkenalkannya dengan ilmu kimia.

7. Evernote

7. Evernote
evernote.com

Anak mama dapat belajar mengenai matematika, sains, dan bahasa pada aplikasi-aplikasi sebelumnya. Namun pada aplikasi ini anak Mama akan bejalar sesuatu yang tak kalah penting dari tipe pelajaran akademik di sekolah, yaitu belajar mengorganisasikan dan merencanakan sesuatu.

Aplikasi ini akan sangat membantu pelajar sekoalh. Karena melalui aplikasi ini, anak Mama dapat melakukan akses ke daftar, catatan, gambar, suara, tautan apapun. Mereka juga menyedakan catatan melalui tulisan dan voice note yang dapat diedit sendiri oleh anak mama.

8. Booeys: A Ghost's Code

8. Booeys A Ghost's Code
play.google.com

Anak mama suka bermain game? Kalau jawabannya iya, aplikasi yang satu ini pasti cocok untuknya. 

Booeys: A Ghost's Code ini merupakan salah satu permainan edukasi bagi anak. Aplikasi yang satu ini mengasah pemikiran anak Mama dengan permainan bersifat problem-solving, logika, juga proses algortimik. 

Permainan ini tentunya dapat melatih kemampuan berpikir kritis yang dimiliki anak mama, juga membantu mengajarinya sedikit mengenai matematika. Tentunya melalui game yang asik dan tidak membuatnya bosan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.