Seru! Yuk Ajarkan Anak Membuat Foto Artsy Menggunakan Smartphone

Anak-anak dapat memanfaatkan hpnya untuk hal yang bermanfaat, seperti belajar mengedit foto artsy.

12 Januari 2021

Seru Yuk Ajarkan Anak Membuat Foto Artsy Menggunakan Smartphone
Freepik

Hp seolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan anak-anak. Daripada mereka menggunakannya hanya untuk bermain game atau berselancar di internet, bagaimana jika anak-anak remaja memanfaatkannya untuk belajar, seperti belajar mengedit foto. 

Saat ini keterampilan edit foto artsy sangatlah dibutuhkan. Bayangkan saja, foto berseni dapat membantu seseorang mendapat likes di instagram dan membuat akunnya menjadi lebih terkenal.

Tidak berhenti sampai di situ, pemiliki usaha juga membutuhkan foto artsy agar produknya terlihat lebih menarik dan dapat menarik banyak pembeli. 

Melihat banyaknya permintaan akan keterampilan ini, tidak ada salahnya lho jika anak-anak mulai belajar mempercantik foto sedari dini.

Sebab keterampilan tersebut bisa saja menjadi pembuka jalan kesuksesan mereka nantinya. 

Popmama.com telah merangkum cara mengajarkan anak membuat foto artsy menggunakan smartphone, mudah lho!

1. Bantu anak memahami hal-hal mendasar mengenai foto berseni

1. Bantu anak memahami hal-hal mendasar mengenai foto berseni
Pixabay/wildansyahramdhanie

Berbicara mengenai hal yang berbau seni rasanya sulit sekali menentukan standar atau ukuran bagus-buruknya suatu karya. Ini terjadi karena masing-masing orang memiliki standar yang tidak sama. 

Meskipun begitu, ada hal-hal mendasar yang perlu anak remaja mama ketahui sebelum memasuki dunia edit foto. Hal-hal seperti penempatan objek, gelap terang, kekesuaian efek yang digunakan, tema, dan lainnya menentukan apakah foto tersebut benar-benar diedit dengan baik ataukah tidak. 

Si Anak dapat mengatahui hal-hal tersebut dengan cara melihat banyak referensi di berbagai media, seperti Instagram, Google Images, atau bahkan melihat lengkap dengan cara pembuatannya di Youtube. 

Editors' Picks

2. Tangkaplah foto dengan baik

2. Tangkaplah foto baik
Freepik/Drobotdean

Anak-anak remajamu kini telah memiliki banyak referensi untuk membuat karya mereka. Belum cukup sampai di situ, kini saatnya Mama mengajarkan mereka mengenai cara menangkap foto yang baik. Ini perlu anak-anak kuasai sebab foto yang buruk akan menganggu proses pengeditannya kelak. 

Dalam mengambil foto, anak-anak dapat memperhatikan hal-hal mendasar seperti pencahayaan sekitar, fokus, dan posisi objek. Mereka dapat mengatur objek agar fotonya terlihat lebih menarik dengan cara menentukan komposisi ataupun menambah latar yang sesuai. 

Oh ya, anak-anak remaja juga dapat memvariasikan arah tangkapan foto, seperti menangkapnya dari samping, atas, ataupun bawah. Ini akan memberikan kesan unik dan berbeda pada foto yang dihasilkan nantinya.

3. Pilihlah aplikasi yang sesuai

3. Pilihlah aplikasi sesuai
Pexels/PhotoMIX Ltd

Saat ini sudah tidak terhitung lagi jumlah aplikasi untuk mempercantik yang dapat anak gunakan di Hp mereka. Meskipun begitu, ada banyak dari aplikasi tersebut yang termasuk sebagai aplikasi berbayar atau bahkan sulit untuk digunakan. 

Jika Mama dan anak mencari aplikasi untuk membuat foto artsy yang lebih sederhana dan tentunya dapat diperoleh secara gratis, kalian dapat mencoba aplikasi seperti Picsart, Snapseed, VSCO, dan juga Adobe Photoshop Lightroom. Semua ini dapat kamu unduh baik di Android Store ataupun di IOS Store.

Aplikasi-aplikasi tersebut termasuk sebagai aplikasi edit foto yang mudah untuk dipelajari dan memiliki berbagai efek juga tools yang menarik. 

4. Ajak mereka memahami tools dan efek

4. Ajak mereka memahami tools efek
www.027.net
Orangtua wajib memantau penggunaan smartphone pada anak

Kamu tidak dapat memandang remeh tools dan efek yang terdapat pada aplikasi edit foto. Mereka dapat membantu si Anak untuk membuat karya foto yang berseni dan tentunya kece abis.

Setelah anak memilih aplikasi edit foto yang ia sukai, sebaiknya aja mereka berkenalan dengan berbagai tools, efek, dan filter yang dapat membuat hasil foto terlihat berbeda namun cantik. Untuk permulaan, anak-anak dapat belajar mengenai cara mengubah kontras, mengatur pencahayaan, menambah efek-efek yang sesuai, memotong gambar, menempatkan gambar yang berbeda, dan yang lainnya. 

Untuk mengetahui fungsi setiap alat dalam aplikasi edit foto, anak remajamu dapat mencarinya di internet atau bahkan melihat berbagai tutorial yang terdapat di Youtube. 

  

5. Biasakan mereka untuk belajar mengedit foto secara rutin

5. Biasakan mereka belajar mengedit foto secara rutin
www.huffpost.com
penggunaan smartphone pada anak

Ketika mempelajari hal-hal baru, ada baiknya itu dilakukan secara rutin agar anak-anak cepat menguasai apa yang mereka pelajari. Luangkanlah waktu 1-2 jam untuk belajar kembali di akhir pekan. Atau jika memungkinkan, mereka dapat mempelajarinya setiap hari di rumah. 

Selama belajar, sebaiknya anak-anak tidak terpaku pada tutorial atau contoh yang diberikan. Mereka juga perlu mengeksplor dan melakukan hal tersebut sendiri agar membantu mereka untuk memahami proses pembuatan foto yang artsy.

Ajak juga anak remaja mama untuk mengulik efek-efek baru atau yang belum pernah digunakan sebelumnya. Ini membantu meningkatkan daya kreativitas mereka. 

Pada dasarnya, ketika anak memiliki keinginan yang tinggi untuk belajar hal-hal baru. Maka tidaklah sulit untuk mengajarkan mereka cara membuat foto yang artsy ini. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.