11 Game Horor Terbaik dan Terseram yang Wajib Kamu Mainkan, Berani?

Bersiap-siaplah menghadapi ketakutan terbesarmu melalui game ini!

13 Januari 2022

11 Game Horor Terbaik Terseram Wajib Kamu Mainkan, Berani
Freepik/master1305
Ilustrasi

Bagaimana caramu menentang diri sendiri? Ada banyak hal yang biasanya anak-anak remaja gunakan untuk membuktikan keberanian dirinya, salah satunya ialah memainkan game horor. 

Gim horor dikenal memiliki atmosfer dan nuansa mengerikan yang selalu membayang-bayangin pemain selama bermain. Seringkali bukannya merasa tenang dan enjoy, pemain game horor akan merasa takut, merasa ada yag mengikuti dan melihat gerak-geriknya. 

Tidak sampai di situ saja, game horor memberikan kesan menakutkan melalui desain monster dan hantu yang akan bertemu dan mengejar kita, alur cerita yang gelap dan kejam, suasana sekitar yang minim cahaya, dan tentunya sound effect  dan musik yang mengirinya. 

Kamu mencari game horor terbaik sekaligus terseram? Kamu datang di tempat yang tepat, sebab Popmama.com telah merangkum 11 game horor terbaik yang siap membuat bulu kuduk merinding. Sudah siap?

1. Alien: Isolation

1. Alien Isolation
gamesradar.com

Ada banyak sekali game yang dibuat dari franchise film Alien. Meskipun begitu hanya game Alien: Isolation lah yang berhasil menangkap keseruan dan ketegangan filmnya dengan apik.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai anak dari Ripley yang bernama Amanda. Ia memiliki tugas untuk mencari stasiun ruang angkasa yang ditinggalkan untuk ibunya. Namun selama perjalanan Amanda hanya akan bertemu dengan alien Xenomorph yang mengerikan.

Selama bermain kamu akan dibuat berasa tidak aman dan berdebar-debar. Apalagi karena latar tempat yang digunakan ialah stasiun ruang angkasa yang terisolasi menambah kengerian selama bermain. 

2. Amnesia: The Dark Descent

2. Amnesia The Dark Descent
store.steampowered.com

Amnesia merupakan game yang cukup lawas, muncul sekitar tahun 2010 yang lalu. Meskipun begitu game horor ini tetaplah menakutkan hingga saat ini. 

Di dalam game ini kita akan terjebak dalam sebuah kastil era Victoria, tanpa ingatan dan orang lain. Kita perlu bertahan dari kegelapan untuk menjaga kewarasan sang tokoh utama.

Pemain dapat menggunakan cahaya untuk menerangi area yang kamu jelajahi. Masih belum cukup menyiksa? Ketika cahaya dinyalakan akan muncul monster yang berusaha mengejar dan menyerangmu.

Cara bermain Amnesia yang memaksa pemain berjuang habis-habisan untuk bertahan hidup tanpa kemampuan melawan ialah nilai horor terbaik yang ditawarkan game satu ini. 

3. Devotion

3. Devotion
twinfinite.net

Developer Red Candle Games mungkin dikenal dengan masalah terkait game Devotion yang ia kembangkan. Meski saat ini game satu ini sudah tidak dapat dibeli dari Steam, Devotion merupakan salah satu game horor mengerikan yang wajib kamu coba. 

Gim horor ini tidak mengandalkan visual hantu mengerikan yang membayang-bayangimu, monster menyeramkan atau unsur survivalnya, melainkan ceritanya. Sepanjang permainan pemain akan merasa takut dan tidak nyaman. 

Semakin berjalannya permainan kamu akan menemukan informasi baru mengenai inti cerita dari Devotion yang menyentuh sekaligus terasa nyata. 

4. Layers of Fear

4. Layers of Fear
destructoid.com

Sesuai namanya Layers of Fear akan memberikan kita berbagai sentuhan horor yang mengerikan selama bermain. Melalui berbagai gambar, ruangan dan suasana yang mencekam. 

Di dalam permainan kita hanya dapat berjalan dan memecahkan puzzle (seperti kebanyakan game horor terbaik lainnya). Tapi sebenarnya ada banyak misteri yang perlu dipecahkan di baliknya, seperti yang Layers of Fear coba bawakan melalui narasinya. 

Sebagai seorang pelukis kita akan mencoba membuat karya terbaik kita dengan menyelesaikan beberapa misi dan memecahkan puzzle. Namun semakin kita berhasil menyelesaikan karya terbaik kita, semakin dalam karakter kita akan merasakan kegilaan dan jatuh di dalamnya. 

Editors' Picks

5. Limbo

5. Limbo
apkmody.io

Limbo merupakan sebuah game platforming horor sederhana namun sangat menakutkan. Di dalamnya kita akan bermain sebagai seorang anak laki-laki yang tiba-tiba terdampar di sebuah hutan misterius dengan latar hitam-putih.

Limbo tidak memiliki tutorial, tidak memiliki penjelasan cerita di awal, dan lain sebagainya. Di dalamnya hanya terdapat fitur pause dan rewind saja. Tugas kita di Limbo hanyalah untuk menemukan adik perempuan sang tokoh utama.

Setiap pemain akan diminta menyelesaikan puzzle dan menghindari monster-monster yang mengerikan. Meski begitu Limbo tetap berhasil memberikan nuansa horor yang mencekam berkat sound effect-nya yang luar biasa solid. 

6. Little Nightmares

6. Little Nightmares
shiftdell.com

Little Nightmares merupakan seri puzzle horor dengan gameplay sederhana namun menyenangkan dan mengerikan dalam waktu bersamaan. Gim ini dapat disebut sebagai permainan petak umpet versi menyeramkan. 

Dalam Little Nightmares, kita akan bermain sebagai Six, seorang gadis kecil yang merasa kelaparan hingga ia tiba di the Maw, sebuah kapal raksasa yang menyeramkan. 

Desain karakter Little Nightmares dapat memberikan mimpi buruk. Apalagi tingkah mereka ketika mencoba mengejar dan menangkap Six sepanjang permaianan. Kita akan dibuat ketakutan hanya ketika dilihat dan ditemukan oleh mahluk-mahluk yang mengerikan. 

7. Outlast

7. Outlast
pcgamer.com

Kamu ingin mencoba mendapatkan pengalaman game horor yang berbeda dan lebih sinematik? Kamu ahrus mencoba bermain Outlast. Gim ini ber-genre first-person dengan latar sebuah rumah sakit jiwa yang terabaikan. 

Outlast memiliki sistem cerdas dengan menggunakan cahaya malam dari camrecorder untuk memudahkan kita melihat di dalam gelap. Pandangan cahaya hijau memberikan kesan nyata, belum lagi ruangannya yang gelap dan mengerikan. 

Di dalam Outlast, kamu akan bermain sebagai seorang jurnalis yang hendak meneliti sebuah rumah sakit jiwa kuno yang dipenuhi desas-desus kenehan di dalamnya. Ternyata ada lebih banyak hal ngeri dan aneh yang terjadi di dalamnya. 

Outlast terasa lebih menyeramkan karena selama bermain kamu tidak dapat menyerang atau melawan. Pemaian hanya bisa berlari dan bersembunyi sambil berharap musuh tersebut tidak menemukanmu lalu pergi menjauh. 

8. P.T.

8. P.T.
forbes.com

P.T. atau yang dikenal dengan nama playable teaser bukanlah game yang ada pada bayanganmu, Lebih tepatnya ini hanyalah teaser singkat dari sebuah game seri Silent Hill. Ini merupakan hasil kerjasama antara Hideo Kojima dengan Guillermo del Toro's. 

Gim ini akan menempatkanmu pada sebuah lorong dengan looping (pengulangan) yang tak terbatas. Kamu akan diminta untuk menemukan apa yang sebenarnya terjadi dengan berbagai hal yang akan membuatmu merinding ketakukan. 

Banyak yang menganggap game ini sebagai game horor paling menakutkan. Alasannya sederhana, kamu tidak akan tahu apa yang terjadi, atau dari dari mana ancaman akan datang. Sepanjang permaian, pemain juga akan terus menerus dihantui oleh suara yang mengerikan, lorong yang menakutkan, dan sosok hantu yang selalu mengikutimu. 

9. Resident Evil 7: Biohazard

9. Resident Evil 7 Biohazard
medium.com

Resident Evil selalu menyuguhkan para pemainnya pengalaman bermain game horror-action yang seru sekaligus menegangkan. Ada banyak game Resident Evil yang dapat dianggap sebagai yang terbaik, seperti Resident Evil 4, Resident Evil 2 Remake, dan tentunya Resident Evil Village. 

Namun tetap saja juara unsur horor dari franchise ini masih dipegang oleh Resident Evil 7: Biohazard. Gim ini dinilai sebagai salah satu yang memiliki pondasi horor yang amat baik. Biohazard juga berhasil merebranding ulang franchise Resident Evil dengan memberikannya unsur horor yang kental. 

Berbeda dari seri-seri sebelumnya, game Resident Evil satu ini meminimalisir unsur action dan bergantung pada pengalaman horornya melalui gaya permainannya yang berjenis FPS.

Kita akan mengambil peran Ethan Winter, seorang pria biasa yang ingin mencari keberadaan istrinya di sebuah perumahan tua miliki keluarga Baker. Di sana Ethan akan menguak sebuah rahasia besar yang mengerikan. 

10. Silent Hill 2 (PS2)

10. Silent Hill 2 (PS2)
nme.com

Silent Hill bersamaan dengan Resident Evil merupakan pionir dari game horor modern. Meski ketiga game Silent Hill dapat dikatakan sebagai game horor yang baik, namun tetap saja Silent Hill 2 lebih menonjol dari yang lainnya. 

Dalam game Silent Hill 2 kita akan di bawa kembali mengunjungi kota menyeramkan bernama Silent Hill sebagai James Sunderland. James sendiri masih merasa berduka akibat istrinya yang meninggal tiga tahun yang lalu. Hingga akhirnya ia menerima surat dari istrinya untuk bertemu kembali di Silent Hill. 

Di sana James akan menjelajah kota penuh monster dan susana mengerikan yang membuat pemain merasa tidak nyaman. Silent Hill 2 ini dikembangkan dengan beberapa tambahan unsur psikologi yang dapat mengacaukan pemikiran pemainnya. 

11. SOMA

11. SOMA
theringer.com

SOMA hadir dari developer sama yang membuat Amnesia. Gim horor satu ini mengeksplorasi hubungan antara manusia dan teknologi. SOMA sendiri memiliki gamply yang mirip dengan Amnesia, namun tentunya dengan grafik yang lebih bagus dan nuansa yang berbeda.

Cerita SOMA mengambil latar di pusat penelitian bawah laut yang rusak bernama PATHOS-II, tentunya dengan serangkaian bahaya yang perlu dihadapi oleh tokoh utama, Simon. Ia sendiri merupakan laki-laki muda yang baru saja mengalami trauma di kepalanya.  

SOMA termasuk sebagai game yang cukup mudah dipahami dan dimengerti. Ini bukanlah tipe game horor yang akan masuk membekas di dalam kepalamu lalu mulai menyiksanya perlahan dengan rasa takut dan kebingungan. 

Dari 11 game horor terbaik tadi, kira-kira game mana yang berani kamu coba?

Ingat karena beberapa game di atas merupakan game ber-genre psychological horor, ada baiknya jika kamu merasa takut dan ragu memainkannya tidak memaksakan diri.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.