7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood Anak

Yuk naikkan mood dengan cara yang menyehatkan!

26 September 2021

7 Makanan Dapat Meningkatkan Mood Anak
Freepik/master1305

Memasuki masa remaja, anak-anak akan dihadapkan dengan banyak perubahan akibat pubertas yang mereka alami. Mulai dari perubahan fisik hingga mood yang seringkali menganggu aktivitas anak-anak. 

Mungkin di pagi hari anak-anak akan merasa bersemangat tetapi beberapa jam setelahnya mereka bisa tiba-tiba merasa malas dan lemas. Perubahan mood ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Anak remaja memang akan pulih kembali setelah moodnya membaik, tetapi lebih baik lagi jika Mama membantu anak remaja meningkatkan mood dan kembali berenergi. 

Meningkatkan mood memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Melakukan hal-hal yang anak sukai, sampai bertemu dengan pujaan hati. 

Ada lho cara meningkatkan mood yang lebih mudah dari itu. Kali ini Popmama.com akan mengajakmu mencari tahu makanan-makanan yang bermanfaat meningkatkan moodmu. 

Tidak percaya? Simak dan coba sendiri makanan-makanan berikut ini. 

1. Cokelat hitam

1. Cokelat hitam
Pixabay/StockSnap

Cokelat disukai banyak anak-anak dan remaja. Tidak heran sebab makanan ini berkhasiat meningkatkan mood mereka. Mengonsumsi cokelat membantu meningkatkan rasa semangat dan bahagia. 

Cokelat hitam atau dark chocolate dikenal sebagai makanan yang kaya akan senyawa yang dapat peningkat mood. Gula di dalamnya merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan otak.

Cokelat hitam juga kaya akan kandungan flavonoidnya. Zat ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi inflamasi, bahkan mendukung regulasi mood yang lebih baik. 

Sebaiknya Mama pilih cokelat hitam dibandingkan dengan cokelat susu biasa karena memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan lebih rendah gula. 

2. Kacang

2. Kacang
Freepik/8photo

Kacang merupakan makanan yang cocok dijadikan camilan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk menjadi alasan mengapa banyak yang menyukai makanan sehat satu ini. 

Berbagai jenis kacang seperti kacang mete, almond, walnut, dan hazelnut dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan mood dan energi tubuh. Kandungan protein dan magnesium dalam kacang memegang peran penting dalam mengubah gula menjadi energi. 

Tidak hanya itu, Kacang juga dikemas dengan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, seperti serat dan lemak yang sehat. 

Editors' Picks

3. Pisang

3. Pisang
emedihealth.com

Pisang merupakan buah dengan beragam manfaat, mulai dari menjadi makanan penambah energi, kayak akan vitamin, hingga mampu memperbaiki mood tubuh. 

Buah pisang dikenal kaya akan vitamin B6, yang membantu mensintesa neurotransmiter pembawa perasaaan baik seperti dopamin dan serotonin. Satu buah pisang berukuran besar juga memiliki sekitar 16 gram gula dan 3.5 gram serat. 

Gula ketika dipasangkan denga serat dikeluarkan secara perlahan dari peredaran darah, membantu menstabilkan tekanan gula darah dan memperbaiki mood. Tekanan gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan terjadinya kondisi mood swings. 

4. Kopi

4. Kopi
Pexels/Dominika Roseclay

Kopi sering digunakan sebagai minuman penambah semangat sebelum beraktivitas. Sampai-sampai kegiatan menyeduh kopi menjadi rutinitas pagi hari yang dilakukan banyak orang, 

Secangkir kafein dalam kopi dapat meningkatkan mood anak remaja dalam waktu yang lama sebagaimana yang dikutip dari everydayhealth.com. Beberapa data dari penelitian membuktikan bahwa kafein dalam kopi membantu menangkal depresi. 

Namun Mama tidak boleh sembarang memberikan kopi bagi anak yang masih berusia 10-12 tahun. Remaja boleh mengonsumsi minuman berkafein, termasuk kopi hitam dengan jumlah maksimal 85 mg dalam satu hari, 

Selain itu, jenis kopi tertentu, seperti espressocappuccino, dan latte, sebaiknya dikonsumsi ketika anak berusia 18 tahun ke atas. 

5. Ikan salmon

5. Ikan salmon
Pixabay/Shutterbug75

Melansir dari webmd.com ikan merupakan salah satu makanan menyehatkan yang dapat membantu mengatasi rasa depresi.

Menurut penelitian The American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2014, ikan memiliki manfat sebagai menangkal depresi. Ini telah terbukti, bahkan diterapkan oleh masyarakat tradisional di Mediterania, Norwegia, dan Jepang. 

Ikan berlemak seperti salmon khususnya memiliki kandungan minyak omega-3 yang tinggi. Zat inilah yang dapat membantu menangkal depresi termasuk memperbaiki kesehatan jantung.

6. Buah beri

6. Buah beri
Pixabay/sweetlouise

Buah penuh warna dan kecil ini disukai karena rasanya yang manis. Buah beri sering kita temukan sebagai topping berbagai jenis makanan. Bagus sekali lho jika anak-anak menyukai buah-buahan yang satu ini, sebab buah beri dapat membantu mereka meningkatkan mood. 

Banyak yang percaya bahwa mengonsumsi buah dan sayur berkaitan erat dengan tingkat depresi yang rendah. Antioksida di dalam buah dan sayur membantu mengendalikan inflamasi yang sering dikaitkan dengan depresi dan gangguan mood lainnya. 

Buah beri sendiri memiliki beragam antioksida dan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran penting dalam melawan stres oksidatif, yaitu ketidakseimbangan senyawa berbahaya di dalam tubuh.

Buah beri juga memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Dalam sebuah studi, zat antosianin dianggap mampu mengurangi 39% gejala depresi. 

7. Gandum

7. Gandum
Freepik/racool_studio

Gandum atau oats bukan hanya dikenal sebagai makanan yang menyehatkan. Mengonsumsi makanan ini ternyata dapat membantu anak-anak meningkatkan mood dan energi. 

Gandum merupakan sumber serat yang baik. Terdapat sekitar 8 gram serat dalam satu cangkir mentah (81 gram) gandum. Serat sendiri bekerja memperlambat pencernaan karbohidrat, memungkinkan pelepasan gula terjadi secara bertahap. 

Mengutip dari healthline.com, sebuah studi membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi 1,5-6 gram serat ketika sarapan memiliki mood dan energi yang lebih baik. Sebab serat mempengaruhi tekanan gula darah yang penting dalam mengatur mood. 

Makanan kaya serat ini dapat kamu konsumsi dalam berbagai menu sarapan, mulai dari roti gandum sampai oatmeal yang menyehatkan. 

Ternyata ada banyak sekali ya makanan menyehatkan yang dapat membantu meningkatkan mood. Tidak heran jika anak remaja mama selalu terlihat gembira karena menyukai salah satu makanan ini. Semoga bermanfaat. 

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.