TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bangga, Ini Musisi Indonesia yang Berprestasi di Kancah Internasional

Semangat dalam bekerja kerasnya patut dicontoh anak muda!

31 Desember 2020

Bangga, Ini Musisi Indonesia Berprestasi Kancah Internasional
Pexels/Pixabay

Banyak musisi tanah air yang kini telah semakin berhasil dengan menunjukkan prestasinya di panggung internasional. Mereka pun disebut sebagai pengharum nama bangsa Indonesia sehingga lebih dikenal oleh dunia. 

Tak hanya membanggakan, para musisi ini menjadi inspirasi tersendiri. Baik bagi selebriti lain agar semakin semangat berkarya atau bagi masyarakat, seperti para remaja, Ma!

Gambaran idola tersebut memungkinkan para anak muda untuk semakin termotivasi dalam menghasilkan prestasi. Apalagi jika remaja yang juga menyukai dunia tarik suara. Siapa tahu, remaja mama semakin terpacu dalam berkarya di bidang yang sama dengan idolanya.  

Berikut ini telah Popmama.com rangkum, daftar musisi dalam negeri yang membanggakan nama Indonesia di kancah internasional. 

Simak 9 muisisi Indonesia yang berprestasi internasional di bawah ini!

1. Agnez Mo

1. Agnez Mo
Instagram.com/agnezmo

Nama dan prestasi Agnez Mo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Perempuan kelahiran 1 Juli 1986 ini telah berhasil menjadi musisi dengan mengeluarkan lagu hingga album di panggung internasional. 

Meski sempat diragukan, Agnez Mo pun telah membuktikannya. Dengan menunjukkan karya-karya bermusiknya. Hal ini ditunjukkan dalam sederet kolaborasi bersama musisi asal Amerika Serikat, seperti Keith Martin melalui lagu “Get up” dan “I’ll Light a Candle”, Michael Bolton melalui lagu “Said I Loved You But You Lied”, serta Chris Brown dalam lagu “On Purpose”. 

Berkat kerja kerasnya tersebut, Agnez Mo juga beberapa kali memenangkan penghargaan. Sebut saja, penghargaan kategori Artis Asia Terbaik dari Indonesia Mnet Asian Music Award tahun 2012 dan 2017, serta kategori media sosial iHeartRadio Music Awards 2019. 

Meski tahun 2020 ini mungkin terasa cukup sulit bagi para musisi karena adanya pandemi, Agnez Mo tetap berusaha untuk melakukan hal terbaik untuk orang lain. Ditandai dengan partisipasi Agnez Mo pada Mei 2020 lalu pada konser amal yang menghasilkan lebih dari USD 100 ribu untuk United Way Worldwide sebagai usaha mereka dalam menanggulangi COVID-19. 

2. Brian Imanuel

2. Brian Imanuel
Instagram.com/brianimanuel

Brian Imanuel atau lebih dikenal sebagai Rich Brian merupakan musisi muda asal Indonesia yang berhasil melebarkan sayapnya di kancah internasional. Melalui agensi yang menaunginya, yaitu 88Rising, Brian berhasil debut dengan lagu berjudul “Dat $tick”. 

Kesuksesan Brian tidak didapatkannya dengan mudah karena dirinya disebut sebagai orang yang anti-sosial sehingga sulit membuka diri dengan lingkungan. Namun, berkat tekadnya yang kuat, Brian pun dapat berhasil membangun karir bermusiknya dalam genre hiphop dan rap.

Meski awalnya, hanya belajar teknik rap melalui internet. Kini, ia pun telah memiliki banyak karya di bidang musik. Baik lagu maupun album yang semakin membesarkan namanya. Hingga pernah memenangkan penghargaan Indonesian Choice Awards ke-4 sebagai Breakthrough Artist of The Year pada 2017.

Brian juga pernah beberapa kali masuk nominasi penghargaan musik bergengsi. Misalnya, penghargaan LINE Indonesia Awards untuk kategori Most Favorite Male Musician tahun 2019, MTV EMA kategori Best Southeast Asian Act” mewakili Indonesia pada 2019, dan Billboard Indonesia Music Awards untuk kategori Top Social Artist of the Year tahun 2020.

Lebih membanggakannya lagi, Brian pernah merilis lagu berjudul “Bali” dengan menghadirkan banyak sentuhan mengenai Indonesia di dalamnya. Dalam lagu yang dirilis pada 28 April 2020, ia bekerja sama dengan rapper Akeem Douglas Hayes, atau yang lebih dikenal dengan nama Guapdad 4000. Tak hanya itu, Brian mengajak para penonton dan penggemarnya untuk melakukan kebaikan dengan turut berdonasi untuk meringankan dampak Covid-19. 

3. Dita Karang

3. Dita Karang
Instagram.com/dita.karang

Baru-baru ini, nama Dita Karang santer terdengar di dunia hiburan. Hal ini karena Dita merupakan perempuan asal Yogyakarta yang berhasil debut di industri musik K-Pop. Tepatnya, ia tergabung dalam girl group bernama SECRET NUMBER pada Mei 2020 lalu. 

Tidak hanya menggemparkan kancah hiburan tanah air, banyak media asal Korea Selatan menyebutkan bahwa Dita berhasil menjadi idol K-Pop pertama yang berasal dari Indonesia.

Setelah berhasil dalam karir bermusiknya dengan SECRET NUMBER dengan lagu debut berjudul “Who Dis”, Dita juga semakin menunjukkan kemampuannya dalam bidang seni. 

Perempuan kelahiran 25 Desember 1996 ini dipilih sebagai brand ambassador produk kecantikan Korea Selatan, hingga beberapa kali tampil sebagai MC dan panelis dalam Variety Show. Bersama grupnya, SECRET NUMBER pun berhasil memenangkan penghargaan perdana di ajang 4th Ten Asia Top Ten Awards 2020 untuk kategori Global Top Ten Awards dari Indonesia.

Editors' Picks

4. Isyana Sarasvati

4. Isyana Sarasvati
Instagram.com/isyanasarasvati

Setelah sukses di dunia hiburan Indonesia, musisi asal Bandung, Isyana Sarasvati pun semakin dikenal. Bahkan, di mata dunia. Terbukti dalam keberhasilannya masuk ke dalam daftar bergengsi, yaitu 30 Under 30 Asia 2020 yang disusun oleh Forbes. 

Penyanyi yang awalnya dikenal melalui lagu “Keep Being You” dan “Tetap Dalam Jiwa” tersebut masuk ke dalam kategori olahraga dan hiburan. Nama Isyana pun bersanding dengan pelaku seni ternama lainnya. Sebut saja, aktris Korea Selatan Park So Dam, girl group TWICE, Tones and I pelantun lagu "Dance Monkey", hingga penyanyi R&B asal Jepang Eiei Arai.

Selain karir bermusiknya yang menjadi sorotan, ada hal membanggakan lain sehingga Isyana disebut sebagai sosok panutan. Hal ini karena saat usia 16 tahun, Isyana Sarasvati menerima beasiswa dari Pemerintah Singapura untuk belajar Pertunjukan Musik di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura.

Kemudian pada 2013, saat usia 20 tahun, Isyana memperoleh gelar Diploma di bidang Music Performance. Isyana kembali dianugerahi beasiswa penuh untuk belajar lebih jauh di NAFA bekerjasama dengan The Royal College of Music (RCM) London, di bawah Bachelor of Music dengan Honours Funded Degree Programme.

Pada tahun terakhir studinya, ia menerima Beasiswa lagi dari RCM Excellence Award. Setelah lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts dengan gelar "Bachelor of Music" (B.Mus) pun, Isyana menerima penghargaan sebagai Lulusan Terbaik serta menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Peru. 

5. Niki Zefanya

5. Niki Zefanya
Instagram.com/nikizefanya

Bersama Isyana Sarasvati, Niki Zefanya juga masuk ke dalam daftar bergengsi "30 Under 30 Asia 2020" yang disusun oleh Forbes. Daftar tahunan itu memilih 30 orang atau grup berusia di bawah 30 tahun yang dianggap paling berpengaruh dalam 10 kategori di Asia. Isyana Sarasvati dan Niki Zefanya masuk ke dalam kategori olahraga dan hiburan. 

Namun, Niki yang berkebangsaan Indonesia telah cukup dikenal panggung internasional. Hal tersebut dibuktikan Niki dalam sederet prestasinya di bidang musik dalam naungan agensi 88Rising asal Amerika. Sebuah agensi yang sama dengan Brian Imanuel dan berhasil debut singel perdana berjudul “See u Never”, “Chilly”, dan “I Like U” pada tahun 2017.

Beragam prestasi pun telah Niki hasilkan sehingga nama Indonesia semakin dikenal dunia. Misalnya, saat Niki tampil menyanyikan lagu “Indonesia Raya” di Amerika Serikat pada HUT ke-74 RI. Dalam peringatan yang sama pada 17 Agustus lalu, Niki juga tak enggan menampilkan identitasnya sebagai warga Indonesia. Ia membuat video dengan menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” dalam media sosial Instagram.

Selain mahir bernyanyi, Niki pandai memainkan beberapa alat musik seperti gitar, ukulele, piano, dan keyboard. Perempuan kelahiran Jakarta ini pun berhasil mendapatkan berbagai penghargaan. Sebut saja, album “Vintage” yang berhasil masuk daftar Best of 2018 di Apple Music, lagu “Spell” miliknya sukses menjadi trending nomor 1 di tangga lagu Korea Selatan, masuk dalam nominasi kategori Best New Artist of  2018 di media Complex, dan lainnya. 

6. Rizky Febian

6. Rizky Febian
Instagram.com/rizkyfbian

Rizky Febian, anak sulung dari komedian ternama tanah air, Sule berhasil mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional. Melalui karir bermusiknya, Iki, sapaan akrab Rizky Febian berhasil membawa pulang penghargaan Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2020 untuk kategori Best Asian Artist Indonesia.

Selain itu, Iki dikabarkan berhasil meraih penghargaan dari Google Indonesia berkat single "Cuek" yang dirilis pada 7 Agustus lalu. Laki-laki kelahiran 25 Februari 1998 tersebut juga banyak meraih penghargaan lain di bidang musik. Misalnya, AMI Award 2016 untuk kategori Pendatang Baru Terbaik, Indonesia KCA 2016 untuk kategori Penyanyi Favorit, Dahsyatnya Award 2019 untuk  Solo Pria Terdahsyat, dan lainnya. 

7. Stephanie Poetri

7. Stephanie Poetri
Instagram.com/stephaniepoetri

Tidak hanya Brian Imanuel dan Niki Zefanya yang sukses berkarir melalui 88Rising, Stephanie Poetri juga demikian. Anak perempuan dari diva tanah air, Titi DJ ini menyampaikannya seusai manggung dalam acara "Head in the Clouds" Festival di Los Angeles, Amerika Serikat pada Oktober 2019 lalu. 

Stephanie dikenal melalui tembang berjudul “I Love You 3000” yang diciptakannya sendiri. Lagu tersebut melejit dan dikenal banyak orang. Hingga dibuat versi keduanya dan Stephanie berkolaborasi dengan penyanyi K-pop, Jackson dari boy group GOT7.

Meski terbilang cukup baru di industri musik, Stephanie telah berhasil memenangkan penghargaan Mnet Asian Music Awards ke-21 atau MAMA 2019 dalam kategori“Best News Asian Artist Indonesia. Pada 2020 ini, ia masuk nominasi kategori “Social Star Award” dalam iHeartRadio Music Awards. 

8. Tiara Andini

8. Tiara Andini
Instagram.com/tiaraandini

Setelah sukses sebagai runner up Indonesian Idol 2020, nama Tiara Andini semakin dikenal masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, perempuan yang melejit lewat singelnya berjudul “Maafkan Aku #terlanjurmencinta” berhasil membawa pulang penghargaan di kancah internasional. 

Tiara memenangkan piala kategoru Best New Asian Artist dalam ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020. Sementara dalam karir bermusiknya di tanah air, penyanyi asal Jember tersebut juga berhasil memenangkan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2020 untuk kategori Pendatang Baru Terbaik Terbaik lewat lagu “Gemintang Hatiku”.

9. Weird Genius

9. Weird Genius
Instagram.com/weird.genius

Nama Weird Genius berhasil membawa nama Indonesia ke panggung internasional melalui karya-karya musiknya. Grup musik yang beranggotakan 3 orang, yakni Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu ini melejit lewat singel berjudul “Lathi”, hasil kolaborasi dengan Sara Faijra. 

“Lathi” merupakan perpaduan EDM dan musik upbeat khas Weird Genius. Dengan lirik bahasa Inggris modern yang dipadukan dengan bahasa Jawa, serta instrumen tradisional Jawa. Nama Weird Genius semakin dikenal luas setelah sebuah baliho bergambarkan grup tersebut terpampang di salah satu tempat penting di Amerika Serikat, Time Square New York. Tidak hanya memperlihatkan ketiga anggota Weird Genius, baliho itu bertuliskan "Top 100 millions streams with latest release Lathi".

Prestasi lain dari Weird Genius ialah mereka berhasil merilis lagu kolaborasi dengan duo DJ ternama sekaligus produser rekaman dari Amsterdam, Yellow Claw.

Beberapa prestasi Weird Genius yang juga membanggakan, yaitu berhasil membawa 3 piala untuk kategori tersebut Tim Produksi Suara Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Kolaborasi Dance Terbaik dan Karya Produksi Terbaik Terbaik dalam ajang AMI Awards ke-23 berkat lagu “Lathi”.

Kini, Weird Genius telah resmi bergabung dalam dengan label musik Astralwerks yang berada di bawah naungan Universal Music Group asal Amerika Serikat. 

Itulah daftar musisi asal Indonesia yang berhasil dan sukses berkarir hingga kancah internasional. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi anak remaja. Arahkan remaja mama untuk meniru hal-hal positif yang dilakukan idolanya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk