Tips Melancarkan Menstruasi untuk Anak Remaja

Dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan herbal

16 September 2020

Tips Melancarkan Menstruasi Anak Remaja
Pexels/Andrea Piacquadio

Remaja perempuan yang memasuki masa pubertas ditandai dengan berbagai perubahan fisik. Mulai dari tumbuhnya bulu-bulu halus di ketiak serta vagina, membesarnya payudara, dan terjadinya menstruasi. 

Menstruasi merupakan kondisi meluruhnya sel-sel telur dari dinding rahim bersamaan dengan darah. Biasanya, rata-rata durasi siklus menstruasi pada perempuan adalah setiap 28 hari sekali. Dengan lama menstruasi adalah 4–6 hari.

Namun, terkadang terjadinya menstruasi tidak sesuai dengan siklus. Jadi, dapat terlambat berhari-hari atau berbulan-bulan sehingga cenderung membuat khawatir. 

Menstruasi yang tidak lancar pada remaja dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari tidak seimbangnya hormon, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, pengaruh konsumsi obat-obatan, atau aktivitas olahraga berlebihan. 

Untuk mengatasinya, berikut Popmama.com jelaskan tips melancarkan haid atau menstruasi pada remaja. Dilansir dari berbagai sumber. 

1. Kunyit

1. Kunyit
Selfhacked.com

Kunyit telah lama dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat membantu lancarkan menstruasi. Hal ini karena kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang dapat merangsang uterus sehingga dapat memicu aliran darah.

Selain bantu melancarkan siklus, kunyit juga dapat mengurangi kram perut saat adanya kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim saat menstruasi. Kunyit mengandung kurkumin yang berperan sebagai agen antiperadangan. Jadi, dapat menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim. 

Cara memanfaatkan kunyit untuk melancarkan menstruasi, yaitu dengan merebus ekstraknya. Konsumsi sebagai minuman hangat yang diberi tambahan asam jawa, gula merah, dan sedikit garam. 

2. Jahe

2. Jahe
Unsplash/Don Shin

Jahe merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melancarkan siklus menstruasi. Jahe diperkaya dengan kandungan minyak atsiri, zat besi, sodium, fosfor, Vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, niasin, serat, lemak, dan kalsium.

Biasanya, jahe dikonsumsi sebagai minuman hangat yang dicampur dengan madu atau ekstrak lemon untuk melancarkan menstruasi. Minuman jahe hangat ini juga dapat bantu mengatasi rasa tidak nyaman dan kram perut saat menstruasi. 

Editors' Picks

3. Kayu manis

3. Kayu manis
Pexels/Pixabay

Apabila siklus menstruasi tidak lancar, konsumsi ramuan kayu manis mungkin dapat bantu mengatasinya. Hal ini karena kayu manis dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat membantu siklus menstruasi lebih teratur. 

Tak hanya melancarkan menstruasi, kayu manis juga dapat meredakan kram atau nyeri saat menstruasi. Bahkan, dapat digunakan untuk mengatasi masalah vagina. 

Ramuan kayu manis sebagai pelancar menstruasi ini dapat dibuat dengan cukup mudah. Hanya perlu direbus menggunakan air mendidih atau dicampur dengan teh hangat dan konsumsi secara rutin.  

4. Vitamin D

4. Vitamin D
Pexels/Tatiana Syrikova

Asupan vitamin D yang cukup dapat bantu melancarkan menstruasi. Hal ini karena vitamin D dapat bantu melancarkan proses ovulasi sehingga lebih teratur. 

Vitamin D dapat mudah didapatkan, yaitu dengan cara rutin berjemur setiap hari. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari suplemen vitamin D. 

Beberapa makanan juga banyak mengandung vitamin D. Misalnya, ikan salmon, ikan tuna, atau produk-produk olahan dari susu. 

5. Belajar yoga dan meditasi

5. Belajar yoga meditasi
Pexels/Andrea Piacquadio

Belajar yoga di rumah secara rutin dapat melancarkan menstruasi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Alternative and Complementary Medicine.

Penelitian menunjukman bahwa yoga dapat membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal menstruasi tidak teratur.

Selain yoga, meditasi juga bantu melancarkan menstruasi. Meditasi bermanfaat untuk mengurangi stres dan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. 

6. Jaga berat badan tetap ideal

6. Jaga berat badan tetap ideal
Pexels/Ketut Subiyanto

Berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Penurunan atau kenaikan berat badan yang dratis dapat menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan. Misalnya, konsumsi makanan bergizi seimbang setiap harinya, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup.

Untuk itu, penting untuk menjaga tubuh tetap dalam berat badan yang ideal. Apabila diperlukan, konsultasilah dengan dokter atau ahli gizi. 

7. Mengobati penyakit yang mendasarinya

7. Mengobati penyakit mendasarinya
Pexels/Negative Space

Menstruasi tidak lancar pada remaja juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit. Maka, perlu ditangani dengan tepat agar siklus menstruasi kembali normal. 

Beberapa pemeriksaan yang mungkin akan dokter lakukan, yaitu:

  • pemeriksaan panggul,
  • pap smear,
  • tes kehamilan
  • tes darah untuk memeriksa kadar hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi,
  • ultrasonografi panggul untuk melihat keberadaan polip rahim, fibroid rahim, atau kista ovarium, 
  • biopsi endometrium untuk mendeteksi endometrisosis, ketidakseimbangan hormon, atau sel kanker. 

Tindakan yang dilakukan untuk menanganinya bisa dengan pemberian obat-obatan hingga operasi. Jadi, apabila menstruasi tidak lancar disertai dengan beragam keluhan yang tidak biasa, segeralah periksa ke dokter. 

Itulah 7 tips melancarkan haid atau menstruasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi haid tidak lancar pada remaja. Semoga dapat bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.