TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Karakter Anak yang Lahir Hari Jumat Berdasarkan Wetonnya

Berdasarkan kalender Jawa anak yang lahir di weton hari Jumat memiliki sifat beragam

30 September 2022

Karakter Anak Lahir Hari Jumat Berdasarkan Wetonnya
Pexels/Nothing Ahead

Indonesia mempunyai budaya yang beragam di setiap daerah, begitu juga di Jawa. Salah satunya adalah weton. Bagi masyarakat Jawa, ilmu weton merupakan sesuatu yang sudah sangat familiar.

Weton adalah hitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai acuan untuk menunjukkan ramalan tertentu. Di Jawa, weton juga digunakan untuk menyebut hari ulang tahun seseorang dalam kalender Jawa. Satu pekan di kalender Jawa terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.

Oleh karena itu, meski seorang anak sama-sama lahir di hari Jumat, ternyata mereka memiliki perbedaan weton yang dapat memengaruhi karakter dan sifatnya lho, Ma.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai seperti apa watak anak yang lahir hari Jumat menurut wetonnya.

Berikut ini Popmama.com merangkum informasi mengenai karakter anak yang lahir hari Jumatberdasarkan wetonnya. Yuk disimak!

1. Jumat Pon

1. Jumat Pon
Pexels/Julia M Cameron

Berdasarkan ramalan Jawa, Jumat Pon memiliki neptu yang besar yaitu 13, Jumat 6 dan Pon 7. Anak yang lahir di hari Jumat Pon biasanya mempunyai pembawaan tenang, serius, dan bijaksana dalam berbicara.

Selain itu, anak yang lahir di weton ini cenderung pendiam dan lebih suka menghabiskan waktunya di rumah daripada pergi bermain bersama teman-temannya. Dari sifat pendiam inilah, membuat anak jarang marah, akan tetapi apabila sudah marah maka kemarahannya akan sulit dikendalikan.

Weton ini di bawah watak Lakune Lintang, yang berarti anak dipercaya memiliki pesona luar biasa yang dapat membuat orang lain di sekitarnya merasakan kebahagiaan.

Editors' Picks

2. Jumat Wage

2. Jumat Wage
Pexels/Loifotos

Weton Jumat Wage memiliki jumlah neptu 10, Jumat 6 dan Wage 4. Anak yang lahir saat hari Jumat Wage dikenal sangat mengasihi dan mudah menaruh iba terhadap sesama manusia serta gemar monolong. Maka tak heran, kelak akan ada banyak orang yang membantunya juga jika ia mengalami kesulitan.

Mereka yang lahir di weton ini sangat jujur dan setia. Namun, anak juga akan cenderung mudah marah. Weton ini berada di bawah watak Pendito Mbangun Teki, sehingga di masa depan si Kecil akan menjadi sosok yang bisa menasihati orang dengan baik.

3. Jumat Kliwon

3. Jumat Kliwon
Pexels/Dev Raj

Weton Jumat Kliwon memiliki neptu yang tinggi juga yaitu 14, Jumat 6 dan Kliwon 8. Karakter anak yang lahir di weton ini adalah energik, pandai bergaul, pandai bicara, suka menolong, dan sering dikelilingi oleh hal-hal atau energi positif.

Hal inilah yang membuat mereka dapat beradaptasi dengan mudah dan mempunyai banyak teman

Sayangnya, anak berweton hari Jumat Kliwon mudah murah, ceroboh, dan tegolong boros dalam menghabiskan uang demi memenuhi keinginannya.

Weton ini termasuk ke dalam watak Lakune Mbulan yang artinya ia sering dipercaya sebagai pemberi nasihat yang baik bagi teman-temannya yang sedang berhadapan dengan masalah.

4. Jumat Legi

4. Jumat Legi
Pexels/Ketut Subiyanto

Weton Jumat Legi memiliki neptu 11, Jumat 6 dan Legi 5. Anak yang lahir pada hari Jumat Legi biasanya berkarakter jujur bahkan terkadang bisa terlalu jujur saat berucap. Dirinya merupan tipe orang yang suka mengungkapkan pikiran secara terbuka.

Namun, ia juga dikenal sebagai pribadi dengan karakter yang tidak berpendirian serta tampak angkuh sebab gaya bicaranya yang terlalu frontal.

Ketika dewasa, anak dengan weton ini akan sanggup menerima segala macam keadaan dan kerap berserah diri kepada Tuhan dalam meraih sesuatu.

Weton Jumat Legi berada di bawah watak Lakune Setan, artinya tidak cocok dijadikan pemimpin, sebab karakternya yang tak berpendirian sehingga tidak mampu mengambil keputusan ketika dalam situasi genting.

5. Jumat Pahing

5. Jumat Pahing
WJ Pexels/Ron Lach

Weton Jumat Pahing memiliki neptu 15, Jumat 6 dan Pahing 9. Keunikan yang dimiliki oleh anak yang lahir pada Jumat Pahing adalah mandiri dan tekun. Mereka pun terkenal sebagai anak yang dermawan dan suka memberi. Itulah mengapa, anak yang lahir di hari ini cenderung dengan mudah akrab dan mempunyai banyak sahabat.

Di sisi lain, orangnya memiliki sifat jelek juga yaitu emosinya mudah tersulut. Dikarenakan Weton Jumat Pahing ada di bawah watak Lakune Geni, anak akan punya emosi yang mudah tersulut dan agresif, layaknya karakter api. Akan tetapi ia mudah memaafkan dan tidak pendendam.

Nah, itulah tadi karakter anak yang lahir hari Jumat berdasarkan Wetonnya. Bagi Mama yang tetap memegang teguh tradisi, maka informasi terkait weton ini mungkin dapat menjadi informasi tambahan. Bagi Mama yang baru saja tahu, maka semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan baru ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk