Yuk Ketahui Fakta Anak Pertama Laki-Laki dan Perempuan!

Inilah fakta yang Mama harus ketahui

17 November 2021

Yuk Ketahui Fakta Anak Pertama Laki-Laki Perempuan
Pexels/cottonbro

Hampir setiap pasangan suami - istri di seluruh dunia ingin memiliki keturunan. Pada saat Tuhan memberikan pasangan tersebut seorang anak pertama, tentunya memiliki sifat dan keunikannya masing-masing sehingga orang tua bisa tahu bagaimana menyayanginya.

Dengan mengenali sifatnya, maka hubungan baik akan terjalin antara orang tua dan anak sehingga keluarga harmonis bisa tercipta. Untuk mengetahui apa saja fakta anak pertama laki-laki dan perempuan, simak ulasa Popmama.com di bawah ini.

Editors' Picks

Fakta Anak Laki-Laki

Fakta Anak Laki-Laki
Pexels/Ric Rodrigues

1. Memiliki sifat tanggung jawab yang cukup besar

Mungkin setiap orang tua sependapat bahwa anak yang pertama diharapkan memiliki sikap tanggung jawab yang besar. Tentunya maksud tanggung jawab di sini adalah dalam menjalankan kewajibannya, bertanggung jawab dalam menentukan pilihan, dan lain sebagainya.

2. Orang yang mandiri

Berikutnya pada anak pertama laki-laki biasanya mandiri dan sifat tersebut berasal dari sifat tanggung jawab pada seorang adik. Maka dari itu, sikap mandiri anak pertama biasanya akan datang dengan sendirinya.

Tentunya sifat mandiri ini tidak datang dengan sendirinya karena butuh proses yang dilakukan secara berulang kali. Untuk proses pengulangan tersebut diajarkan dari orang tua dengan kebiasaan-kebiasaan pada anak pertama.

3. Cukup mudah stres

Sifat selanjutnya yang sering dialami oleh anak pertama adalah gampang stres. Hal itu dikarenakan anak pertama selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dari siapapun sehingga kalau gagal atau tidak tercapai sangat rentan mengalami stres.

Apabila anak pertama mendapatkan hasil terbaik, maka dia merasa senang karena mendapatkan pujian dan pandangan orang tua akan tertuju pada anak pertama. Akan tetapi hal ini juga tidak baik untuk kesehatan mental sang anak pertama.

4. Seorang pekerja keras

Anak pertama juga dikenal sangat giat dalam mendapatkan suatu hal sehingga dia terkenal sebagai pekerja keras pada bagian yang dia suka. Saat anak pertama mendapatkan hasil yang sesuai, maka dia akan merasa senang karena mencapai impiannya.

Bisa dikatakan sifat pekerja keras anak pertama adalah sesuatu yang alami sehingga dia kerap menjadi tulang punggung keluarga. Oleh sebab itu, anak pertama biasanya lebih sering memikirkan hal-hal tentang keluarga dibandingkan dirinya sendiri.

5. Egois

Terakhir adalah sifat egois yang selalu ada di dalam anak pertama laki-laki. Sifat egois ini bisa seperti ingin menang sendiri, tidak mau mengalah, dan hanya untuk kepentingan sendiri.

Sebenarnya sikap egois ini ada bukan tanpa alasan, sebab dia ingin menjaga adik-adiknya dari hal-hal tidak baik. Dengan begitu, dia akan terlihat berpendirian tinggi di hadapan anak-anaknya.

Fakta Anak Perempuan

Fakta Anak Perempuan
Freepik/cookie_studio

1. Sering peduli dan perhatian

Fakta pertama untuk anak pertama perempuan adalah selalu perhatian dan juga peduli pada keluarganya. Pada dasarnya, sifat ini juga dimiliki oleh anak laki-laki namun jumlahnya tidak sebesar pada anak perempuan pertama.

Karena sifat peduli dan perhatiannya itu membuat dia menjadi andalan keluarga karena dianggap dapat melindungi adik-adiknya dan itu sangat disukai oleh orang tua.

2. Cerewet dan juga bawel

Semua orang sudah tahu bahwa perempuan memiliki sifat cerewet dibandingkan dengan laki-laki, khususnya untuk bagian keluarga seperti memberikan nasehat, dan juga berbagai perhatian lebih. Sikap yang cerewet ini memang terdengar sangat membosankan dan juga berisik, namun dibalik semua itu ada sikap tulus dari seorang anak pertama perempuan.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan merasa kesal atau marah jika sempat dinasihati oleh anak pertama perempuan, karena bisa jadi maksud dia adalah baik namun dengan kata-kata yang lebih tegas.

3. Pendengar yang baik

Anak pertama perempuan merupakan pendengar yang baik sehingga sering menjadi tempat curhat terbaik. Biasanya sifat pendengar yang baik ini sangat membantu khususnya pada adik-adiknya maupun keluarganya.

Perlu diketahui juga bahwa sifat pendengar yang baik ini merupakan salah satu sifat istimewa yang sulit ditemukan pada anak lainnya.

4. Memiliki sifat keibuan

Meskipun tidak semuanya, namun anak pertama perempuan hampir semuanya memiliki sifat keibuan. Tidak jauh berbeda dengan seorang ibu yang ingin melindungi anak-anaknya, Anak pertama perempuan juga memiliki naluri untuk menjaga adik-adiknya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Walaupun seperti itu, tetap saja tidak bisa menyamakan kasih sayang anak pertama perempuan dengan kasih sayang dari seorang ibu.

5.  Peka terhadap perasaan orang lain

Poin yang terakhir ini memiliki kemiripan dengan poin sebelumnya, hanya saja di sini yang paling ditonjolkan adalah perasaan. Misalnya saja, jika Mama tiba-tiba ditanya oleh anak pertama perempuan, maka hal itu merupakan salah satu sifat alamiahnya.

Dengan memiliki sifat peka terhadap keluarga ini memberikan rasa mood tinggi dan hati serta pikiran menjadi lebih tenang,

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa fakta anak pertama laki-laki maupun perempuan, sifatnya hampir sama satu sama lain. Apakah Mama termasuk anak pertama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.