9 Benda yang Terbuat dari Minyak Bumi, Harus Bijak Digunakan!

Jika menggunakan benda ini dengan boros, maka minyak bumi akan cepat habis

3 September 2021

9 Benda Terbuat dari Minyak Bumi, Harus Bijak Digunakan
Freepik/racool_studio

Minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Jika minyak tersebut habis, maka keberadaanya tidak akan ada lagi. Padahal minyak bumi sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. 

Minyak bumi yang digunakan biasanya sudah diolah menjadi berbagai benda untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, terkadang kita tak menyadari benda-benda tersebut mengandung minyak bumi. 

Benda-benda yang terbuat dari minyak bumi ini harus digunakan dengan bijak agar tidak mudah habis. Jadi, gunakan seperlunya dan secukupnya saja, ya!

Apa saja sih benda yang mengandung minyak bumi? Simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut ini yuk!

1. Lilin 

1. Lilin 
Freepik

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Lilin biasa kita gunakan untuk menerangi rumah ketika mati lampu, menerangi vihara, ataupun di taruh di atas kue ulang tahun. 

Lilin tersebut dari parafin yang merupakan hasil olahan minyak bumi lho.

2. Krayon

2. Krayon
Freepik

Selain lilin, ternyata krayon yang biasa kita gunakan pun menggunakan campuran parafin lho. Tak hanya itu, pewarna yang digunakan dalam pembuatan krayon pun mengandung minyak. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa krayon merupakan benda yang mengandung minyak bumi.

Itulah sebabnya mengapa di depan kemasan krayon biasanya terdapat tulisan "oil pastel".

3. Plastik 

3. Plastik 
Freepik

Benda berbahan plastik ini sudah sangat tidak asing lagi karena sering bermunculan di sekitar kita. Contohnya, gelas, piring, kotak makan, botol minum, permainan lego dan masih banyak lainnya. Benda-benda tersebut pun ternyata mengandung minyak bumi lho. 

Sebab, biji-biji plastik yang digunakan untuk membuat berbagai produk tersebut berasal dari minyak bumi yang diproses bersamaan dengan gas bumi seperti etana, propana dan berbagai produk petrokimia lainnya. 

Editors' Picks

4. Pakaian 

4. Pakaian 
Freepik/vectorium

Ada banyak sekali model pakaian lelaki dan perempuan. Ada banyak jenis bahan juga yang digunakan. Namun, tahukah kamu bahwa salah satu bahan kain mengandung minyak? 

Salah satu pakaian yang mengandung minyak yakni pakaian yang berbahan polyester. 

Kain polyester ini terbuat dengan cara mengkombinasikan senyawa kimia (ethylene glycol, asam tereftalat) dan polyethylene terephthalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Bahan polyester ini sering digunakan untuk membuat kaos atau baju polo. 

5. Makeup, perawatan wajah dan perawatan tubuh

5. Makeup, perawatan wajah perawatan tubuh
Freepik

Kamu pasti pernah melihat iklan makeup dan perawatan wajah (skin care) di televisi atau melihat keduanya di meja rias milik sang Mama. Produk-produk tersebut ternyata mengandung minyak bumi lho. 

Salah satu makeup yang mengandung minyak bumi adalah lipstik.

Selain itu, beberapa skin care yang digunakan untuk perawatan wajah mengandung petroleum jelly yang terbuat dari olahan minyak bumi.

Tak hanya itu, perawatan tubuh seperti minyak wangi yang biasa kita gunakan ternyata juga mengandung minyak bumi lho. 

6. Kendaraan

6. Kendaraan
Freepik/lifeforstock

Ada bagian-bagian kendaraan yang berbahan plastik. Pastinya plastik tersebut terbuat dari biji plastik yang berasal dari minyak bumi. 

Salah satu contoh plastik pada kendaraan yakni body motor, pelapis kaca spion motor dan mobil, dashboard mobil dan masih banyak lainnya. 

7. Peralatan kesehatan 

7. Peralatan kesehatan 
Freepik

Minyak bumi ternyata juga digunakan dalam dunia kesehatan lho. Biasanya minyak bumi akan diolah menjadi baju pelindung dan sarung tangan untuk para tenaga medis yang sedang menjalankan operasi. 

8. Aspirin 

8. Aspirin 
Freepik

Bukan hanya alat kesehatan, nyatanya minyak bumi pun digunakan sebagai bahan pembuatan obat untuk menyehatkan lho. Contohnya, aspirin. 

Aspirin adalah salah satu jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti sakit kepala, pilek, dan demam.

Obat ini dibuat dengan campuran bahan zat benzena yang merupakan suatu hidrokarbon yang berasal dari minyak bumi.

9. Bahan bangunan 

9. Bahan bangunan 
Freepik/rawpixel.com

Minyak bumi terdapat di dalam bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah atau gedung. Contohnya, pipa-pipa plastik, rangka atap, dan juga cat. 

Nah itulah 9 benda yang memiliki campuran minyak bumi di dalamnya. Maka dari itu, kita perlu bijak dalam menggunakannya. Sebab, minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. 

Jika kita boros, maka minyak bumi cepat habis sehingga generasi setelah kita bisa saja tidak bisa merasakan manfaatnya. Yuk, kita mulai gunakan benda-benda di atas seperlunya dan secukupnya saja! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.