10 Film Horor Terbaik yang Boleh Ditonton Anak Remaja

Mulai dari film Indonesia sampai film Barat, semuanya ada

13 Januari 2022

10 Film Horor Terbaik Boleh Ditonton Anak Remaja
Freepik

Salah satu aktivitas seru menghabiskan waktu bersama anak adalah dengan menonton film. Misalnya menonton film bergenre horor. Dengan menonton film horor dapat membantu anak menghadapi ketakutan dan pulih dari rasa takut.

Namun, sayangnya tak semua film horor dapat ditonton oleh anak. Pasalnya, jika film horor yang ditonton anak terlalu menyeramkan, bisa jadi membuat anak memiliki rasa takut yang berkepanjangan hingga kesulitan untuk menghilangkannya. 

Jadi, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu film yang horor yang ingin Mama tonton dengan anak-anak. 

Untuk membantu Mama memilihkan film horor yang cocok untuk anak, berikut ini Popmama.com akan menyuguhkan 10 film horor terbaik yang boleh ditonton anak remaja.

Semua film ii memiliki rating usia PG-13 (Parental Guidance under 13). Jadi, film ini aman ditonton oleh anak asalkan dengan pengawasan dari orangtua. 

Check this out

1. Monster House

Monster House merupakan film horor yang dikemas dalam bentuk animasi.

Cerita seram dalam film ini dimulai dari tiga sekawan yang menguak misteri rumah monster milik Tuan Nebbercracker.

Mulanya, DJ (Mitchel Musso) dan Charles Chowder (Sam Lerner) sedang bermain basket. Keduanya tak sengaja melempar bola basket ke rumah Tuan Nebbercracker. 

Hal itu membuat Tuan Nebbercracker murka hingga terkena serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit.

Anehnya, di hari-hari berikutnya DJ mendapat panggilan telepon dari rumah Tuan Nebbercracker. Padahal rumah tersebut benar-benar kosong.

Hal itu janggal itu membuat DJ mencari tahu lebih jauh tentang asal usul rumah Tuan Nebbercracker. Ternyata, rumah tersebut memiliki julukan Domus Mactabilis yang artinya mereka harus menghancurkan jantungnya jika ingin menghancurkan rumah tersebut.

Setelah mengetahui fakta ini, DJ mengajak kedua temannya untuk masuk ke rumah menyeramkan milik Tuan Nebbercracker. Ternyata, ketika ketiganya masuk, mereka menemukan fakta dan misteri baru tentang rumah tersebut dan Tuan Nebbercracker. 

Misteri apa yang selama ini terpendam? Lalu, apakah tiga sekawan ini berhasil keluar dari rumah yang menyeramkan itu? 

Temukan jawabannya dengan menonton film Monster House. 

2. The Women in Black 

Film ini bercerita tentang teror yang dilakukan oleh sosok perempuan bergaun hitam kepada seorang pengacara bernama Arthur Kipps (Daniel Radcliffe) yang baru kehilangan istrinya karena meninggal dunia. 

Cerita horor ini dimulai dari Arthur yang dikirim oleh bosnya ke sebuah desa untuk menggarap dokumentasi sebuah rumah, Eel Marsh House. Rumah milik Alice Drablow (Alisa Khazanova), baru saja meninggal.
Sesampainya di desa, Arthur mengalami berbagai macam kejanggalan. Mulai dari sikap warga yang dingin dan seperti memendam informasi, hingga rumah yang ia tangani ternyata dihuni oleh seorang perempuan yang meninggal dengan dendam. 

Bahkan, tersebar rumor kalau hantu ini sering meneror dan menculik anak-anak. 

Keanehan-keanehan yang muncul ini membuat Arthur akhirnya mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. 

Akankah ia berhasil mengungkap kebenarannya? Temukan jawabannya di The Woman in Black. 

3. Hompimpa

Film horor Indonesia yang rilis pada tahun 2021 ini mengisahkan 4 orang sahabat yang menerima pesan misterius dari sahabatnya yang telah meninggal beberapa tahun lalu.

Sejak menerima pesan tersebut, mereka semua terjebak dalam dunia permainan yang bisa merenggut nyawa. Namun, tentunya mereka ingin kembali dengan selamat. 

Dengan begitu, mereka melewati rintangan-rintangan dan menyelesaikan teror-teror yang menghampirinya dengan hati-hati. 

Apakah mereka akan berhasil keluar dari permainan menyeramkan tersebut?

4. Scary Stories To Tell In The Dark

Film ini merupakan adaptasi dari novel Scary Stories To Tell In The Dark karangan Alvin Schwartz dan Stephen Gammell.

Cerita horor dalam film ini bermula dari tiga orang remaja, Stella, Chuck, dan  Auggie yang pergi mengunjungi rumah Sarah Bellows. Rumah yang menurut warga sekitar sangat angker. 

Mereka pergi ke sana untuk membuktikan apakah rumor tentang hantu rumah tersebut benar atau tidak. 

Akhirnya, ketiganya benar-benar pergi ke sana dengan ditemani oleh Ramón Morales. Semuanya berjalan lancar, mereka berempat menelusuri rumah tersebut dengan hati-hati. 

Namun sayangnya, Stella mengambil dan membuka buku cerita milik Sarah Bellows. Hingga akhirnya mereka mulai mendapat teror dari makhluk-makhluk menyeramkan di dalam rumah tersebut. 

Buku catatan sarah tersebut berisi tentang cerita menyedihkan hidupnya yang diubah menjadi cerita seram. 

Kira-kira, mampukah para remaja ini lolos dan selamat dari teror makhluk-makhluk menyeramkan? Langsung saksikan saja filmnya yuk, Ma! 

Film ini aman untuk di tonton oleh anak-anak remaja. Pasalnya, dalam film ini tidak ada darah dan jumpscare yang sangat parah. 

Editors' Picks

5. Mama

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini sangat booming pada saat itu. Film yang menyeramkan ini nyatanya bisa membuat para penonton menangis haru lho. 

Pasalnya, dalam film Mama, hantu bukanlah sosok yang jahat dan berbahaya melainkan sosok yang memiliki jiwa keibuan. 

Kisahnya dimulai dari seorang papa bernama Jeff D’Assange (Nikolaj Coster-Waldau) yang mengalami krisis keuangan hingga putus asa dan membunuh rekan bisnis serta istrinya.

Setelah itu, ia kabur menggunakan mobil bersama kedua putrinya, Victoria (Megan Charpentier) yang berusia tiga tahun dan Lily (Isabelle Nélisse) berusia satu tahun. Di tengah jalan, ia menabrak tebing. Namun mereka selamat. 

Akhirnya Jeff mengajak kedua anaknya berjalan ke dalam sebuah hutan. Di sana ia menemukan sebuah tempat seperti kabin. Mereka bertiga masuk ke dalam sana dan memutuskan bunuh diri. 

Namun, aksinya gagal. Tiba-tiba sesosok makhluk menyerupai perempuan menyerang dan membunuh Jeff. Akhirnya, Victoria dan Lily diasuh oleh makhluk tersebut. Keduanya memanggil makhluk itu dengan sebutan Mama. 

Beberapa tahun kemudian, kembaran Jeff yaitu Lucas (Nikolaj Coster-Waldau) mencari keberadaan kakak dan kedua putrinya dengan bantuan detektif. 

Saat detektif berhasil menemukan Victoria dan Lily, Lucas sempat heran dengan kelakuan mereka. Keduanya tidak seperti manusia pada umumnya. 

Namun, Lucas tetap membawa pulang Victoria dan Lily. Pada saat itu Mama pun ikut pulang ke rumah Lucas. 

Di sana, Victoria dan Lily mendapat perawatan yang penuh kasih sayang dari istri Lucas, Annabelle. Tak hanya itu, Lucas pun membawa keduanya untuk berobat ke psikiater, Dr Gerald.

Akhirnya, setelah mendapat perawatan dari Dr. Gerald dan kasih sayang yang penuh dari Annabel, perilaku Victoria dan Lily kembali normal seperti anak manusia pada umumnya. Mereka pun jadi sangat dekat dengan Annabelle.

Namun, ternyata perubahan tersebut membuat Mama cemburu. Ia banyak mengganggu orang di dalam rumah itu. 

Bahkan, Dr. Gerald pun ikut turun tangan dan menyelidiki masalah ini tiba-tiba terbunuh oleh Mama. Namun, sebelum terbunuh, ia menemukan satu fakta menyedihkan tentang perempuan bernama Edith puluhan tahun silam.

Kira-kira apa hubungannya antara Edith dengan Mama? Lalu bagaimana nasib Victoria, Lily, Lucas, dan Annabelle? Temukan jawabannya dengan menonton film Mama. 

6. Kabut

Film yang rilis pada tahun 2021 ini bercerita tentang dua orang sahabat, Joni dan Jupri, yang terjebak di dalam desa misterius. 

Pada mulanya, ia masuk ke desa tersebut untuk mengantarkan pesanan ayam. Namun, saat sampai di sana keduanya tidak menemukan alamat tersebut sama sekali. 

Tanpa disadari, tiba-tiba keduanya mengikuti seorang tak dikenal hingga akhirnya semakin tersesat di desa itu. 

Di sana ia terus mencari alamat serta jalan keluar. Selama itu pula mereka diganggu oleh sosok misterius. Apakah mereka berdua berhasil keluar dari desa dan gangguan aneh itu? 

7. Insidious

Insidious merupakan salah satu film horor yang sangat populer. Film ini terdiri dari beberapa season. 

Kisah horor dalam film ini dimulai saat Seorang guru Josh Lambert (Patrick Wilson) dan istrinya Renai (Rose Byrne) pindah bersama ketiga anak mereka, Dalton (Ty Simpkins), Foster (Andrew Astor) dan bayinya Cali, ke sebuah rumah besar.

Di rumah barunya, Dalton menjelajahi loteng. Di sana ia menaiki sebuah tanggal. Namun, karena kurang berhati-hati, Dalton terjatuh dan kepalanya terbentur lantai hingga koma.

Keesokan paginya, keadaan Dalton tetap sama. Namun, anehnya dokter tidak dapat mendiagnosis masalahnya. Kejadian ini terjadi berbulan-bulan diikuti dengan hal-hal mistis. 

Bahkan, orangtua dari Josh yang mampir mengunjungi rumah itu mengatakan melihat iblis di kamar Dalton.

Akhirnya keluarga ini mengundang medium dan teman lama Lorraine, Elise Rainier (Lin Shaye), yang membawa tim spek pemburu hantu dan Tucker (Angus Sampson) untuk menyelidiki fenomena supernatural tersebut.

Elise menjelaskan, Dalton adalah seorang musafir dengan kemampuan meninggalkan tubuh fisiknya dan melakukan perjalanan dalam proyeksi astral.

Kira-kira, apakah Dalton dapat kembali ke tubuhnya dan hidup di dunia lagi layaknya manusia normal? Temukan jawabannya di film Insidious. 

Film hantu ini pun tersedia dalam beberapa chapter lho, Insidious, Insidious 2, Insidious 3, Insidious 4 The Last Key, dan Insidious 5 baru akan rilis April 2022.

8. Lights Out 

Film horor yang dirilis pada tahun 2016 lalu bercerita tentang sebuah keluarga yang diganggu oleh hantu yang takut cahaya. Hantu ini akan muncul di dalam kegelapan. 

Hantu tersebut mengganggu keluarga Sophie secara terus menerus. Mulai dari suami yang tiba-tiba terbunuh di kantornya ketika semua lampu mati hingga mengganggu anak-anaknya, Martin dan Rebecca. 

Suatu hari, Martin yang tinggal bersama sang Mama, Sophie, sering melihat orangtuanya itu berbicara sendiri di tempat gelap. Jika Martin menghampiri, ia akan disuruh masuk ke kamar dan tidur. Karena merasa ketakutan, Martin pun menuruti perkataan sang Mama. 

Namun sayangnya di pagi hari dinas sosial menemukan Martin tidur sembarangan. Hingga akhirnya dinas sosial setempat memanggil Rebecca untuk membawa pulang sang adik ke rumahnya. Di sana terjadi pertengkaran hebat, Marten tak mau tinggal di rumahnya karena keadaan sang Mama. 

Akhirnya, Rebecca membawa Martin untuk tinggal bersamanya. Tetapi, ternyata hantu yang takut akan kegelapan ini menghampiri rumah Rebecca. Di sana ia menyerang Rebecca dan menuliskan namanya di lantai kamar "Diana". 

Setelah mendapat identitas tersebut, Rebecca langsung bergegas ke rumah Sophie. Ia mencari petunjuk tentang Diana. Ternyata Diana adalah sang Mama saat di rumah sakit jiwa. 

Diana adalah satu pasien rumah sakit jiwa yang memiliki kelainan kulit langka, bila terkena matahari kulitnya akan terbakar. Kemudian, nasibnya buruk menghampirinya, Diana tewas dengan tragis karena percobaan penyembuhan yang gagal dilakukan oleh rumah sakit jiwa. 

Apakah setelah ini Rebbeca berhasil mengusir hantu Diana? Atau keluarganya tetap diganggu dan dibunuh satu per satu? Temukan jawabannya dalam film Lights Out. 

9. Aku Lupa Aku Luka 

Film horor thriller Aku Lupa Aku Luka dibintangi oleh Salshabilla Adriani dan Junior Roberts. 

Film yang rilis tahun 2021 ini bercerita tentang Laura (Salshabilla Adriani) yang keluar dari dalam tanah di hutan yang sangat gelap. Saat itu tubuhnya dipenuhi luka dan ingatannya hilang. 

Mulai dari situ, ia berusaha untuk mencari identitasnya. Sayangnya, perjalanannya di tengah hutan itu tak mudah. Laura justru semakin terjebak dalam kegelapan yang mengerikan. 

Apakah usaha-usaha yang dilakukan Laura akan berhasil mengembalikan ingatannya? Atau ia malah akan terkubur kembali di dalam tanah? 

Temukan jawabannya dengan menonton film Aku Luka Aku Lupa, yuk!

10. The Final Girls 

The Final Girls menceritakan kisah lima remaja yang terjebak di sebuah film bersama pembunuh berantai.

Mulanya, mereka berlima pergi ke pemutaran ulang film klasik Camp Bloodbath. Namun, tiba-tiba bioskop kebakaran. Max akhirnya merobek layar bioskop untuk menyelamatkan semua orang di sana agar bisa keluar. 

Namun, alih-alih berpindah ke luar studio, Max dan keempat temannya malah terdampar di hutan. Mereka jadi bingung dan cemas.

Namun, tak berselang beberapa lama, mereka berlima melihat mobil van menghampirinya dan dua tokoh dalam film yang ia tonton. Hal itu membuat mereka sadar. Ternyata saat ini mereka sedang ada di sebuah film.

Mau tidak mau, akhirnya mereka mengikuti alur cerita film itu. Namun, film tersebut memiliki alur pembunuhan berantai. 

Kira-kira siapakah dari mereka yang akan mati? Adakah yang bisa kembali ke dunia normal? Langsung tonton filmnya yuk! 

Nah itulah 10 rekomendasi film horor yang dapat Mama saksikan dengan anak remaja. Selamat menonton, ya!

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.