3 Tips Memilih Camilan Sehat untuk Keluarga

Pilih makanan ringan yang ramah anak, jadi jika sering dikonsumsi pun bisa tetap aman Ma

29 November 2021

3 Tips Memilih Camilan Sehat Keluarga
Doc. Kata Oma Telur Gabus

Camilan merupakan makanan ringan yang keberadaannya sangat penting. Sebab, camilan dapat membantu menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.

Karena camilan sering kali dikonsumsi, maka penting bagi Mama dan Papa memilih camilan yang tepat. Camilan buka hanya harus nikmat tetapi juga harus sehat. 

Salah satu camilan yang menyehatkan yakni camilan yang diolah dengan bahan alami. 

Jika Mama masih merasa bingung untuk memilih camilan berbahan alami untuk anak, coba simak tips yang telah Popmama.com rangkum berikut ini yuk!

Editors' Picks

1. Pilihlah camilan tanpa pengawet, MSG, dan gluten free

1. Pilihlah camilan tanpa pengawet, MSG, gluten free
verywellfamily.com

Camilan yang sehat yakni camilan yang bebas dari pengawet, MSG, dan gluten. Sebab, tiga bahan tersebut mampu merusak tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. 

Camilan dengan bahan pengawet dapat mengganggu kelenjar endokrin, memicu datangnya rajun untuk jantung, penurunan daya tahan tubuh, memicu tumbuhnya sel kanker, memicu obesitas, dan memicu gangguan hormon tiroid. 

MSG pun tak kalah bahaya lho, Ma. Jika anak terlalu sering mengonsumsi camilan yang memiliki kandungan MSG, maka bisa menyebabkan kerusakan sel saraf, asma, sakit kepala dan hipertensi, kerusakan sel, serta kerusakan ginjal dan depresi. 

Sedangkan kandungan gluten yang terlalu sering dikonsumsi dapat memicu gangguan lambung, infeksi tenggorokan, anemia, dan masih banyak penyakit lainnya. 

Setelah mengetahui berbagai macam yang disebabkan oleh pengawet, MSG, dan gluten free. Maka, Mama perlu lebih berhati-hati lagi dalam memberikan camilan untuk keluarga. Hal itu guna melindungi tubuh anak dari berbagai macam penyakit.

2. Pilih camilan yang kaya akan serat

2. Pilih camilan kaya akan serat
Pexels/Kaboompics .com

Mama dan Papa dapat memberikan camilan yang kaya akan serat untuk anak-anak. Kandungan serat yang tinggi mampu mempercepat rasa kenyang di dalam perut serta meningkatkan energi di dalam tubuh.

Dengan demikian, anak tidak akan memakan camilan berlebihan sehingga dapat memperkecil kemungkinan obesitas pada anak. Selain itu, pola makan anak pun tetap teratur, tidak terganggu sama sekali dengan camilan. 

Jika pola makan teratur, maka tubuh anak pun menjadi lebih sehat. Hal itu sesuai dengan yang diungkapkan oleh Pakar nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health sekaligus profesor nutrisi di Simmons College di Boston, Teresa Fung.

"Pola makan memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan sepanjang siklus hidup Anda dari bayi hingga lansia," kata Fung, dikutip dari Today. 

3. Salah satu pilihlah camilan Telur Gabus Kata Oma 

3. Salah satu pilihlah camilan Telur Gabus Kata Oma 
Doc. Kata Oma Telur Gabus

Camilan Telur Gabus Kata Oma dari brand “Asli Warisan Oma” yang didirikan Furiyanti ini membantu para Mama untuk memberikan camilan sehat untuk keluarga. Alasannya, karena telur gabus ini terbuat dari bahan alami. 

"Telur Gabus Kata Oma dibuat dengan bahan alami pilihan berkualitas tinggi, tanpa pengawet, tanpa MSG, dan gluten free, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari dan tak perlu khawatir menyebabkan batuk," jelas Furiyanti. 

Selain itu, bahan dasar yang digunakan untuk telur gabus ini adalah tepung tapioka dengan kandungan serat yang tinggi sehingga menyehatkan menyehatkan pencernaan.

Camilan telur gabus ini memiliki beragam aneka rasa sehingga tidak akan bosan untuk menjadi santapan camilan sehari-hari. Mulai dari rasa gula aren, keju klasik, balado padang, dan telur asin. 

Semua rasa tersebut terbuat dari bahan alami. Rasa gula aren misalnya, manisnya terbuat dari gula aren asli asal petani Sukabumi. Sementara untuk Kata Oma Telur Asin menggunakan telur asin pilihan dari Brebes.

Sedangkan rasa Balado Padang memiliki cita rasa pedas dari cabai asli dengan campuran rasa manis dan asin. Terakhir, telur gabus rasa keju yang gurih terbuat dari keju cheddar. 

Wah benar-benar banyak sekali nih varian rasa telur gabusnya. Cocok untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari anak-anak hingga Mama dan Papa yang sudah dewasa. Selamat menikmati, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.