Ketahui Pengertian Teks Biografi, Struktur, dan Ciri-cirinya

Karya tulisan yang menceritakan para tokoh tertentu

22 Oktober 2021

Ketahui Pengertian Teks Biografi, Struktur, Ciri-cirinya
Pexels/Monstera

Dikutip dari laman www.theschoolrun.com, teks biografi adalah teks yang ditulis untuk menceritakan kehidupan orang lain. Biasanya seseorang yang terkenal agar kisah hidupnya bisa menginspirasi banyak orang dan menjadi teladan bagi yang membaca. 

Banyak yang bisa dituliskan di dalamnya, mulai informasi tanggal kelahiran serta cerita suka duka tokoh yang dialami selama masa hidupnya. 

Teks biografi sekarang ini sudah banyak ditemui secara online yang mengangkat sosok tertentu ataupun cerita yang sudah dikemas dalam bentuk buku dan karya tulisan lainnya. 

Struktur teks biografi terdiri dari 3 bagian utama dan ciri-ciri tertentu yang akan dijelaskan oleh Popmama.com

1. Bagian pertama dari struktur teks biografi yaitu 'orientasi'

1. Bagian pertama dari struktur teks biografi yaitu 'orientasi'
Pexels/ Aline Viana Prado

Orientasi merupakan bagian awal yang ada pada teks biografi. Pada bagian ini biasanya penulis akan memulai dengan melakukan pengenalan pada pembaca terkait tokoh yang sedang ditulis. 

Pengenalan bisa dimulai dengan kisah-kisah singkat atau peristiwa yang nantinya akan menggiring para pembaca untuk ke bagian cerita selanjutnya. 

Ditulis semenarik mungkin di awal agar pembaca merasa penasaran untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya. Fungsinya ialah untuk memudahkan para pembaca memiliki gambaran dalam memahami informasi dasar yang diberikan oleh penulis. 


 

2. Bagian kedua menceritakan tentang peristiwa penting

2. Bagian kedua menceritakan tentang peristiwa penting
Pexels/Lisa

Setelah pengenalan pada bagian pertama, pada bagian kedua penulis akan menceritakan peristiwa penting yang dialami oleh tokoh. Di sini penulis akan mengajak pembaca untuk larut pada setiap peristiwa yang diceritakan. 

Karena ini merupakan bagian penting, sehingga informasi tokoh yang disampaikan juga tidak sembarangan. Sebisa mungkin menguak peristiwa-peristiwa yang memang pantas untuk ditulis dan dibaca nantinya. 

Menceritakan senang serta suka duka dari tokoh yang ditulis. Sebisa mungkin cerita peristiwa yang disajikan memiliki makna yang bisa dipetik hikmahnya oleh para pembaca. 

Editors' Picks

3. Bagian reorientasi ini yang berisikan kesimpulan

3. Bagian reorientasi ini berisikan kesimpulan
Pexels/Eduardo Braga

Setelah selesai menceritakan peristiwa penting pada bagian kedua, pada bagian ketiga ini berisi kesimpulannya. Pembaca diberi kesimpulan dari rangkaian cerita yang disajikan supaya dapat memahami secara ringkas. 

Kesimpulan yang ditulis sebisa mungkin merangkum isi pada bagian kedua. Meskipun kesimpulan, namun tetap memberi informasi yang cukup jelas. Reorientasi yang berperan sebagai penutup dalam setiap teks biografi ini sifatnya opsional. 

Pembaca akan dibuat mengerti mengapa tokoh tersebut patut menjadi teladan. Meskipun hanya kesimpulan, namun di dalamnya tetap harus bersifat netral. 

4. Ciri-ciri dari teks biografi yang bisa dipahami

4. Ciri-ciri dari teks biografi bisa dipahami
Pexels/Edgar Colomba

Lalu bagaimanakah ciri-ciri dari teks biografi yang umum ditemukan?

  • Teks biografi berisikan fakta dari tokoh yang ditulis. Semua berdasarkan pengalaman serta peristiwa yang benar-benar dialami oleh tokoh. 
  • Teks biografi disajikan dalam bentuk narasi di mana kamu akan menemukan jenis tulisan yang panjang. 
  • Cerita yang ditulis oleh penulis tentu saja merupakan cerita yang patut untuk dijadikan teladan bagi para pembaca. 

5. Teks biografi memiliki 2 jenis yang berbeda

5. Teks biografi memiliki 2 jenis berbeda
Pexels/Cottonbro

Teks biografi memiliki dua jenis yang berbeda. Pertama yaitu Autobiografi yang dikutip sendiri oleh tokoh yang menceritakan peristiwa di dalam hidupnya secara mandiri. Kalau kamu lihat saat ini banyak orang-orang terkenal yang membagikan kisah hidupnya dengan cara menulis sendiri. 

Sedangkan yang kedua yaitu Biografi yang ditulis oleh orang lain. Orang tersebut menceritakan peristiwa seorang tokoh tertentu, dan tentunya sudah mendapatkan izin dari si Tokoh sebelum kisah hidupnya dijadikan karya. 

6. Kaidah yang digunakan dalam penulisan teks biografi

6. Kaidah digunakan dalam penulisan teks biografi
Pexels/Adil

Dalam menulis teks biografi, ada beberapa hal yang menjadi kaidah dalam penulisannya. Pertama, karena menceritakan tokoh ataupun seseorang, maka kata ganti yang digunakan ialah kata ganti orang ketiga tunggal, seperti beliau, dia, dan ia. 

Yang kedua, teks biografi adalah sebuah karya yang nantinya akan dibaca banyak orang, sehingga kata yang digunakan juga tidak boleh menyudutkan. Kata sifat seringkali digunakan untuk mendeskripsikan sifat dari tokoh yang ada pada tulisan, seperti rajin, pintar, ulet.

Selanjutnya dalam teks biografi banyak juga menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan sebuah peristiwa yang diceritakan atau dialami oleh tokoh tersebut. 

Itulah pengertian dari teks biografi yang bisa dipelajari sebelum memulai menulis. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.