7 Tokoh Perempuan Indonesia yang Bisa Jadi Panutan bagi Anak

Happy International Women's Day! Yuk, kenalkan anak mama pada tokoh perempuan inspiratif berikut ini

8 Maret 2021

7 Tokoh Perempuan Indonesia Bisa Jadi Panutan bagi Anak
Instagram.com/susipudjiastuti115/agnezmo/najwashihab

Menyambut International Women's Day yang bertepatan pada tanggal 8 Maret 2021, sebagai Mama tentu kita menjadi salah satu tokoh inspiratif dan panutan bagi anak-anak.

Selain itu, ada banyak tokoh perempuan yang menginspirasi dan bisa dijadikan panutan oleh anak-anak. Baik tokoh perempuan dalam negeri, maupun luar negeri.

Dari deretan tokoh perempuan inspiratif yang ada, Mama juga bisa mengenalkan anak pada tokoh perempuan Indonesia yang namanya menginspirasi bagi banyak orang dan bisa dijadikan panutan saat anak dewasa kelak.

Mulai dari seorang menteri, hingga sosok artis Tanah Air yang namanya tentu sudah tak asing bagi Mama atau juga anak mama. Siapa saja mereka?

Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini, deretan tokoh perempuan Indonesia yang bisa jadi panutan bagi anak. 

1. Susi Pudjiastuti

1. Susi Pudjiastuti
Instagram.com/susipudjiastuti115

Nama Susi Pudjiastuti tentu sudah tak asing bagi Mama sekalian. Yap! Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia satu ini memang dikenal memiliki keberanian yang luar biasa, Ma.

Biasa disapa Bu Susi, beliau dengan keberaniannya pernah menenggelamkan kapal-kapal yang mencuri ikan diperairan Indonesia. Kerja kerasnya itu pun mendapat apresiasi dari pemerintah.

Meski saat ini sudah tak menjabat sebagai salah satu Menteri Indonesia, namun namanya masih tetap diingat oleh banyak orang sebagai sosok perempuan Indonesia dengan keberaniannya.

2. Najwa Shihab

2. Najwa Shihab
Instagram.com/najwashihab

Jika anak mama tertarik dengan dunia jurnalis, mungkin nama Najwa Shihab atau biasa disapa Nana ini bisa dijadikan panutan bagi mereka. Sosok jurnalis perempuan yang dikenal cerdas dan kritis ini memang banyak mencuri perhatian publik.

Aksi Nana yang tegas dan cerdas dalam menyampaikan informasi, serta selalu berpikir kritis sebelum memberikan informasi kepada masyarakat tentu saja membuat banyak orang memberikan dukungannya pada sosok inspiratif satu ini.

Nana dikenal sebagai sosok jurnalis perempuan yang tegas dan berani dalam mengulas isu-isu politik dan kenegaraan lainnya. Mama bisa mengajak anak menyaksikan program Mata Najwa yang membuat namanya menjadi bersinar dengan beragam topik menarik seputar kenegaraan.

Editors' Picks

3. Sri Mulyani

3. Sri Mulyani
Instagram.com/smindrawati

Menteri perempuan lainnya selain Susi Pudjiastuti adalah Sri Mulyani. Menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani juga dikenal sebagai tokok perempuan Indonesia yang inspiratif.

Nama Sri Mulyani pernah masuk ke dalam perempuan paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes pada tahun 2008 silam, Ma. Jadi, dengan kerja keras dan ketekunan beliau dalam mengatur keuangan negara, tentu sikap ini bisa dijadikan panutan bagi anak-anak mama kelak.

4. Retno Marsudi

4. Retno Marsudi
Instagram.com/retno_marsudi

Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia, nama Retno Marsudi juga bisa dijadikan panutan bagi anak-anak mama. Sebagaimana UN Women dan GPF menyebutkan, Retno Marsudi adalah sosok panutan dan sumber inspirasi bagi jutaan wanita baik di Indonesia maupun beberapa negara.

Beliau juga pernah dinobatkan Agen Perubahan Dunia oleh PBB, lho! Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas berbagai terobosan yang dilakukan oleh Menlu Retno Marsudi, khususnya dalam memajukan Agenda 2030 dan pembangunan berkelanjutan.

5. Tri Rismaharini

5. Tri Rismaharini
Instagram.com/tri.rismaharini

Siapa tak mengenal sosok Bu Risma atau bernama lengkap Tri Rismaharini. Nama beliau yang dikenal sebagai sosok panutan di Surabaya ini juga banyak dibicarakan diberbagai wilayah Indonesia lainnya.

Mantan Walikota Surabaya yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju sejak 23 Desember 2020 lalu. Berkat kerja kerasa beliau dengan sikap yang keibuan namun tegas, ia pun mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak.

Jadi, nggak salah kalau anak mama pun mulai mengangumi sosok Bu Risma. Memang bisa dijadikan panutan, Ma!

6. Butet Manurung

6. Butet Manurung
Instagram.com/butet_manurung

Dikenal sebagai sosok pahlawan masa kini yang berjuang dibidang pendidikan, Butet Manurung merupakan salah satu pendiri “Sokola Rimba”, sekolah yang mengajarkan baca tulis pada anak-anak Suku Anak Dalam di pedalaman Jambi. 

Adanya penindasan dari pihak luar mengakibatkan banyak anak yang kekurangan wawasan dan pendidikannya, inilah yang menjadikan Butet banyak disebut sebagai sosok pahlawan masa kini dalam pendidikan Indonesia.

Tak hanya itu, Butet juga pernah dianugerahi penghargaan "Heroes of Asia Award 2004" oleh majalah Times pada tahun 2004 silam, Ma. Panutan banget ya!

7. Agnez Mo

7. Agnez Mo
Instagram.com/agnezmo

Nama Agnes Monica atau saat ini dikenal sebagai Agnez Mo juga tentu saja bukan sosok inspiratif baru bagi generasi muda. Artis Tanah Air yang namanya sudah Go International ini patut dijadikan panutan bagi anak-anak mama.

Sebab, usaha dan ketekunan Agnez yang memulai karirnya sebagai penyanyi cilik, kini membuahkan hasil hingga namanya bisa bersinar sebagai penyanyi yang tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga mancanegara.

Itu dia beberapa tokoh perempuan Indonesia yang inspiratif dan bisa dijadikan panutan oleh anak. Semoga nama-nama di atas bisa dijadikan inspirasi bagi anak untuk tetap berusaha dan berkembang ya, Ma!

Happy International Women's Day untuk seluruh perempuan di seluruh dunia.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.