Latih Mindfulness Anak dengan Menggunakan 8 Aplikasi Ini

Mindfulness membantu anak untuk fokus dan mengatasi stres

1 April 2021

Latih Mindfulness Anak Menggunakan 8 Aplikasi Ini
Pexels/Gabby K

Belakangan ini, kesehatan mental marak dibicarakan. Kesehatan mental yang sangat baik akan membuat seseorang mampu menggunakan potensinya dengan maksimal, berpikir jernih dan positif, serta produktif.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mental. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa berbagai faktor sering muncul dan mengganggu kesehatan mental.

Salah satu hasilnya adalah stres. Stres kelihatannya tidak parah, tapi dapat menjadi penyakit jika dibiarkan.

Stres bisa singgah kepada siapa saja, termasuk anak-anak. Stres pada anak dapat membuatnya kewalahan dengan berbagai perasaan yang rumit.

Untuk mengatasinya, Mama bisa melatih mindfulness pada anak agar pikirannya tenang. Mindfulness adalah metode memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi “saat ini” dengan melibatkan kesadaran dan ketidakberpihakan.

Lebih lanjut, Popmama.com akan memberi rekomendasi aplikasi dilansir dari laman understood.org untuk membantu melatih mindfulness pada anak.

1. Mindful Powers

1. Mindful Powers
popsugar.com

Aplikasi “Mindful Powers” didesain untuk melatih anak mengontrol emosinya yang rumit dan bahkan menakutkan. Bagus untuk memperkenalkan mindfulness kepada anak-anak, terlebih untuk anak SD.

Aplikasi ini tidak seperti aplikasi meditasi lain yang meminta anak untuk memilih sendiri metode meditasinya. Anak dilatih melalui serangkaian meditasi yang terus berkembang setiap misi selesai dilakukan. Rangkaian meditasi ini disebut “stories”.

“Mindful Powers” memiliki tampilan dan nuansa yang cocok untuk anak-anak. Anak akan ditemani oleh karakter laut lucu bernama Flibbertigibbet ketika menggunakan aplikasi ini. Flibbertigibbet akan muncul setiap story selesai untuk membantu anak tetap fokus dan tenang.

Suara yang digunakan pun suara anak-anak. Jadi, anak dapat merasa nyaman menggunakannya.

2. Breathe, Think, Do With Sesame

2. Breathe, Think, Do With Sesame
commonsense.org

Aplikasi ini dikembangkan oleh Sesame Workshop. Jika anak Mama menyukai Sesame Street, dia tidak akan merasa asing ketika menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi “Breathe, Think, Do With Sesame” cocok untuk mengajarkan cara menyelesaikan masalah dengan tenang pada anak di bawah 5 tahun. Namun, apa yang diajarkan masih sangat bagus untuk diterapkan oleh anak SD.

Sesuai namanya, metode yang akan diajarkan aplikasi ini adalah bernapas, berpikir, dan bertindak. Anak-anak akan diminta untuk membantu karakter monster menyelesaikan masalah.

Sangat dianjurkan untuk orangtua mendampingi anak ketika menggunakan aplikasi ini. Sambil mengarahkan anak apa yang harus dilakukan, Mama juga bisa mempelajari metodenya.

3. Headspace

3. Headspace
bk.asia-city.com

“Headspace” dirilis pada tahun 2010, merupakan salah satu aplikasi meditasi pertama yang beredar. Aplikasi ini memiliki tampilan yang halus dan menggunakan video kartun yang menyenangkan untuk mengajarkan meditasi.

Awalnya, aplikasi ini digunakan oleh orang dewasa saja, tapi sekarang sudah dikembangkan dengan berbagai aktivitas pelatihan mindfulness untuk anak-anak.

Aktivitas khusus anak memiliki 5 tema; yaitu tenang, fokus, kebaikan, tidur, dan bangun tidur. Masing-masing tema memiliki peran untuk orangtua, yang berarti Mama dianjurkan untuk mendampingi.

“Headspace” juga memiliki sistem pertemanan yang memungkinkan anak memberikan semangat pada pengguna lain.

Editors' Picks

4. Smiling Mind

4. Smiling Mind
onemindpsyberguide.org

Aplikasi “Smiling Mind” merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk misi meningkatkan kesehatan mental di Australia tanpa mengambil keuntungan. Aplikasi ini memiliki ratusan aktivitas mindfulness untuk segala usia.

Selain aktivitas meditasi pernapasan, ada juga latihan sensorik, seperti mendengarkan musik. Ada pula program-program khusus untuk anak berbagai usia, lingkungan sekolah, lingkungan tempat kerja, dan lingkungan olahraga.

Karena memiliki begitu banyak pilihan, orangtua dianjurkan untuk mendampingi dan mendukung anak selama menggunakannya.

5. Stop, Breathe & Think

5. Stop, Breathe & Think
onemindpsyberguide.org

Aplikasi “Stop, Breathe & Think” memiliki misi untuk membantu anak-anak, remaja, dan remaja-dewasa membangun kekuatan emosional agar dapat mengatasi pasang-surutnya kehidupan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana yang memiliki latihan meditasi dan pernapasan yang dipandu. Ada pula instruksi tertulis tentang cara meditasinya.

Dalam penggunaannya, anak dapat memberitahukan bagaimana kondisi tubuh dan pikirannya saat itu. Kemudian, aplikasi akan menyarankan meditasi yang sesuai dengan kondisinya.

6. Calm

6. Calm
onemindpsyberguide.org

Aplikasi “Calm” menawarkan meditasi baru setiap hari bersamaan dengan program meditasi 7 sampai 21 hari.

Program meditasinya bermacam-macam. Ada program untuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres atau kecemasan, meningkatkan fokus, perbaikan diri, dan sebagainya.

Anak-anak pun bisa mendengarkan suara ombak di dalam aplikasi ini untuk mendapatkan ketenangan. Tersedia pula cerita sebelum tidur agar anak dapat tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman.

7. Super Stretch Yoga HD

7. Super Stretch Yoga HD
adventuresofsuperstretch.com

Berbeda dari aplikasi-aplikasi di atas, “Super Stretch Yoga HD” merupakan aplikasi untuk yoga. Namun, aplikasi ini melatih hal yang sama, yaitu relaksasi dan pernapasan.

“Super Stretch Yoga HD” akan mengajarkan 12 pose yoga pada anak. Setiap pose diajarkan dengan menampilkan animas pendek, video seorang anak melakukan pose tersebut, serta penjelasan.

Anak dapat memilih untuk melakukan salah satu pose atau semua pose secara bergilir. Ketika anak melakukan pose yoga, aplikasi ini akan memberikan semangat secara lembut pada anak dan mengingatkan untuk bernapas.

8. Three Good Things: A Happiness Journal

8. Three Good Things A Happiness Journal
popsugar.com

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi penjurnalan dan tidak memiliki program meditasi. Namun, aplikasi penjurnalan ini dapat melatih mindfulness pada anak.

Caranya sederhana, aplikasi ini akan meminta anak menuliskan tiga hal baik yang terjadi di hari itu. Dengan menulis tiga hal baik yang terjadi setiap hari, anak akan merasa bahagia.

Aplikasi ini memiliki fitur pengingat untuk menulis setiap hari, juga fitur untuk melihat jurnal yang sebelumnya telah ditulis.

Itulah 8 aplikasi yang dapat membantu Mama melatih mindfulness pada anak. Akan lebih baik jika Mama mendampinginya ketika menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Semangat mencoba, Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.