10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak Remaja

Ajak anak remaja mama untuk melakukan yoga secara rutin dan rasakan manfaatnya!

30 Maret 2021

10 Manfaat Yoga Kesehatan Anak Remaja
Freepik/shurkin_son

Ketika memasuki usia remaja, aktivitas anak semakin bertambah. Selain itu, banyak hal-hal dikehidupannya yang membuat dirinya cemas.

Mama dapat membantu si Anak melewati masa-masa sulit diusia remaja dengan mengajaknya melakukan yoga. Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan beberapa gerakan.

Ketiganya dapat membantu merelaksasi dan mengurangi stress pada anak. Selain itu, yoga pun bagus untuk kesehatan fisik lho, Ma!

Berikut ini Popmama.com sudah meringkas beberapa manfaat yoga untuk remaja bila dilakukan secara rutin.

1. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan fisik

1. Meningkatkan kebugaran kesehatan fisik
Freepik/tirachardz

Pose yoga yang berbeda-beda dapat membantu anak-anak dalam koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan. Melakukan yoga setiap hari juga membantu remaja membangun hubungan yang kuat antara kesadaran tubuh dan gerakan.

Pose yoga tertentu juga dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat membantu anak-anak terhindar dari penyakit.

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh dan membangun kekuatan otot

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh membangun kekuatan otot
Freepik/prostooleh

Melakukan yoga secara konsisten dapat secara perlahan dapat meningkatkan kelenturan pada tubuh. Hal ini bagus untuk anak remaja. Semakin fleksibel tubuh berarti lebih banyak kemudahan untuk dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, yoga pun dapat memperkuat otot-otot dalam tubuh. Jadi, keadaan tubuh anak akan semakin kuat untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari.

3. Mengurangi stress dan kecemasan

3. Mengurangi stress kecemasan
Freepik/cookie_studio

Di usia remaja, biasanya anak-anak mulai memiliki aktivitas yang padat, seperti waktu sekolah yang lebih lama, tugas yang lebih berat, dan beberapa anak mengikuti kegiatan les. Kegiatan tersebut berpotensi meningkatkan stress yang cukup besar pada anak.

Namun, Mama tak perlu khawatir, Yoga dapat membantu menghilangkan stress. Sebab, teknik pernafasan dalam yoga mampu mengatur energi dan stress hingga tubuh menjadi lebih rileks dan anak dapat mengatur keadaannya dirinya dengan baik.

Para penelitian pun telah menunjukkan bahwa yoga dapat menurunkan sekresi kortisol, hormone utama yang menimbulkan stress.

4. Meningkatkan rasa optimisme.

4. Meningkatkan rasa optimisme.
Freepik/User16766420

Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat membantu membangun rasa optimisme. Ada banyak pose-pose yoga yang menantang. Anak-anak akan optimis dapat melakukan pose-pose yang menantang tersebut. Rasa optimis tersebut pun akan diterapkan oleh anak-anak untuk hal-hal lainnya dalam menjalani aktivitasnya.

Diusi remaja pasti anak-anak memiliki banyak keinginan di masa depan. Yoga juga dapat membantu membangun rasa optimisme dalam menggapai mimpinya masa depan.

Editors' Picks

5. Meningkatkan fokus dan kinerja sekolah.

5. Meningkatkan fokus kinerja sekolah.
Pexels/Max Fischer

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah salah satu gangguan perkembangan yang paling umum terjadi pada anak-anak dan remaja dengan perbandingan 1 dari 10 anak. Penelitian menemukan bahwa anak-anak dengan gangguan attention deficit hyperactivity disorder yang berlatih yoga sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan fokus dan memperbaiki performanya termasuk di sekolah.

6. Mengembangkan disiplin pribadi

6. Mengembangkan disiplin pribadi
verywellfamily.com

Yoga terbukti dapat mengurangi impulsif, meningkatkan kesabaran, dan meningkatkan kemampuan mengatur perhatian.

Yoga dan mindfulness memberi anak remaja keterampilan untuk menavigasi tantangan dan membangun fondasi inti yang bermanfaat bagi pikiran dan tubuhnya selama masa remaja.

7. Meningkatkan kualitas tidur

7. Meningkatkan kualitas tidur
Freepik

Yoga tidak hanya mengurangi stres dan meningkatkan fleksibilitas, tetapi juga membantu orang yang menderita insomnia.

Keadaan insomnia sering dialami oleh para remaja saat ini karena tingkat stress yang semakin meningkat. Melakukan beberapa pose yoga sebelum tidur sebenarnya dapam membantu tubuh untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

8. Tingkatkan energi

8. Tingkatkan energi
Freepik

Yoga bisa memberi dorongan energi pada anak remaja Mama lho! Meskipun kelihatannya lambat dan santai, yoga tetaplah suatu bentuk olahraga. Gerakan-gerakan pada yoga mampu memompa darah yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Selain itu, beberapa gerakan yoga menekankan pada pernapasan. Saat tubuh belajar pernapasan lebih dalam, aliran oksigen akan memberi dorongan energi pada tubuh.

9. Meningkatkan metabolisme

9. Meningkatkan metabolisme
childdevelopment

Yoga membantu mempertahankan vitalitas dalam tubuh sekaligus menjaganya tetap bugar. Hal ini akan memotivasi anak Mama selalu mengkonsumsi makan sehat dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

10. Meningkatkan fungsi paru-paru

10. Meningkatkan fungsi paru-paru
chnola.org

Banyak gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan. Maka, melakukan yoga secara rutin dalam jangka panjang dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan pastinya menyehatkan paru-paru.

Banyak sekali manfaat yang akan didapat dari melakukan yoga. Ajak anak Mama melakukan yoga dari sekarang dan rasakan manfaat-manfaat tersebut.

Nah, itu tadi manfaat yoga untuk remaja yang dapat menyehatkan fungsi tubuh loh Moms. Yuk, mulai membiasakan anak Mama untuk melakukan yoga.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.