TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Menghilangkan Gangguan Jin pada Anak

Selalu berdoa dan berpikiran positif menjadi salah satu cara menghindari gangguan jin pada anak

6 Juli 2022

Cara Menghilangkan Gangguan Jin Anak
Pexels/pixabay

Mama pastinya pernah mendengar perkataan yang menyatakan bahwa anak-anak mudah diganggu oleh jin. Beberapa orangtua, hingga kini masih percaya bahwa ada pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh anak-anak agar tidak kerasukan setan atau jin. 

Jin adalah makhluk tidak terlihat, secara harafiah memiliki arti tersembunyi. Dahulu, bangsa jin memiliki kemampuan untuk mendengarkan berita dari Allah SWT karena mereka menduduki tempat di langit. 

Jin ada yang baik dan jahat. Tidak berbeda dengan manusia, jin juga memiliki karakternya masing-masing. Namun ada sebagian jin yang jahat dan suka mengganggu manusia. Jin biasa diartikan sebagai sosok jahat jika ia memengaruhi perilaku atau pun kesehatan manusia jadi tidak baik.

Beberapa orang percaya bahwa anak-anak lebih rentan dirasuki oleh jin, dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh sebab itu, anak-anak kerap kali diberikan pantangan-pantangan oleh orangtuanya. 

Tiap-tiap orangtua memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan gangguan jin pada anak. Terutama bagi keluarga yang beragama Islam, pastinya akan membaca ayat-ayat tertentu untuk mengusir jin dari anak.

Sebagai tambahan informasi buat Mama, berikutPopmama.com berikan rangkuman mengenai cara menghilangkan gangguan jin pada anak.

Pengertian Jin

Pengertian Jin
Pexels/charlesparker

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) jin adalah makhluk halus yang terbuat dari api. Hal ini serupa dengan pengertian jin menurut Islam yang terdapat dalam surat Ar-Rahman ayat 15:

وَخَلَقَ ٱلْجَآنَّ مِن مَّارِجٍ مِّن نَّارٍ

"Dan dia menciptakan jin dari nyala api"

Banyak orang yang menyebut bahwa jin sama dengan setan. Namun pada dasarnya jin tidak sama dengan setan, sebab setan merupakan sifat buruk yang terdapat pada makhluk yang suka membantah dan durhaka kepada Tuhannya. 

Editors' Picks

Tanda-Tanda Anak Diganggu oleh Jin

Tanda-Tanda Anak Diganggu oleh Jin
Pexels/ketutsubiyanto

Terdapat beberapa ciri atau tanda-tanda seorang anak diganggu oleh jin, antara lain yaitu:

1. Anak menjadi rewel

Salah satu ciri umum yang sering ditemukan saat anak diganggu oleh jin, yaitu anak menjadi rewel dan terus menangis. Jika hal ini terjadi pada anak mama, maka sebaiknya Mama mengajak anak ke tempat yang lebih aman dan ramai orang. Hindari tempat-tempat sepi dan gelap.

2. Sering melamun dan pandangan kosong

Anak yang diganggu jin cenderung sering melamun dan pandangannya menjadi kosong. Hal ini dikarenakan kemungkinan anak melihat sesuatu yang mengganggu penglihatannya. 

3. Anak sulit tidur

Anak yang diganggu jin umumnya akan menjadi penakut. Oleh karena itu ia akan takut dengan kegelapan dan tempat sepi. Ketakutan yang dirasakan anak akan berpengaruh pada pola tidurnya, dimana anak akan sulit untuk tidur di malam hari. 

Cara Menghilangkan Gangguan Jin pada Anak

Cara Menghilangkan Gangguan Jin Anak
Pexels/Florawestbrook

Menurut ajaran agama Islam, cara menghilangkan gangguan jin dari manusia salah satunya adalah dengan cara melakukan rukiah. Rukiah merupakan metode penyembuhan dengan menggunakan zikir, doa-doa, ayat-ayat suci yang bertujuan menghilangkan pengaruh jahat. 

Bagi umat muslim, cara menangkal jin dapat dilakukan dengan membaca Al-Fatihah, Ayat kursi, Al-Ikhlas sebanyak 3x, Al-Baqarah ayat 1-5 serta doa-doa lainnya. 

Selain membacakan ayat-ayat tersebut, cara-cara yang dapat Mama lakukan, antara lain:

  1. Berwudu atau bersuci terlebih dahulu sebelum melakukan rukiah
  2. Membaca sholawat dan memohon ampunan kepada Allah
  3. Usapkan seluruh badan anak mulai dari kepala hingga kaki dengan tangan Mama setelah membaca doa-doa dan ayat suci

Cara Menangkal Jin Masuk Rumah

Cara Menangkal Jin Masuk Rumah
Pexels/karolinagrabowska

Selain menghilangkan gangguan jin pada anak, Mama juga perlu menangkal adanya jin masuk ke dalam rumah. Untuk menangkal atau mencegah jin masuk ke dalam rumah, cara yang dapat Mama lakukan antara lain, yaitu :

  1. Memastikan rumah selalu bersih dan tidak ada sarang-sarang
  2. Berdoa saat melakukan kegiatan, seperti makan, masuk kamar mandi, masuk rumah, dll
  3. Jangan biarkan anak menjadi penakut
  4. Buat yang beragama Islam, usahakan untuk tidak memajang gambar makhluk bernyawa seperti lukisan dan patung
  5. Membuang sampah pada tempatnya dan tidak menumpuk barang atau sampah
  6. Beri penerangan yang cukup di luar dan di dalam rumah

Itu dia cara menghilangkan gangguan jin pada anak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terkena gangguan jin, Mama perlu menanamkan pada anak untuk selalu berdoa dimanapun ia berada. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk