Cara Mengatasi Asam Lambung pada Anak dengan Kunyit

Mengandung curcumin yang dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan

15 Agustus 2020

Cara Mengatasi Asam Lambung Anak Kunyit
Freepik

Anak mungkin pernah merasakan nyeri di ulu hati dan mual setelah menelan makanan. Rasa tidak nyaman ini merupakan gejala dar igastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Kondisi ini dapat memicu timbulnya rasa panas di dada. Gejala tersebut umumnya bisa diatasi dengan obat-obatan seperti antasida atau antihistamin. Namun, Mama bisa juga menggunakan obat alami, seperti kunyit sebagai alternatifnya.

Turmeric alias kunyit adalah bumbu rempah yang banyak digunakan sebagai suplemen. Rempah ini memiliki senyawa aktif yang diketahui efektif dalam mencegah dan mengurangi gejala GERD.

Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasinya berdasarkan informasi dari dr. Fala Adinda yang merupakan tim dokter kesehatan dari Jovee, yuk simak informasinya!

1. GERD merupakan kondisi yang menyebabkan isi lambung bocor dan naik ke kerongkongan

1. GERD merupakan kondisi menyebabkan isi lambung bocor naik ke kerongkongan
Freepik/9nong

Setelah ditelan, makanan akan bergerak menuju lambung melewati keronkongan. Keronkongan memiliki cincin yang disebut sphincter, di bagian bawahnya. Cincin otot ini akan menurut setelah dilewati makanan dengan tujuan menceagahnya kembali ke atas.

Namun, GERD merupakan kondisi yang terjadi ketika sphincter tersebut tidak tertutup sempurna, sehingga memungkinkan isi lambung bocor dan naik ke korongkongan.

Asam lambung yang ikut serta terbawa juga dapat mengiritasi permukaan kerongkongan atau saluran cerna lainnya.

2. Gejala asam lambung naik atau GERD yang terjadi pada anak

2. Gejala asam lambung naik atau GERD terjadi anak
Freepik/Kwanchaichaiudom

Jika anak mengalami asam lambungnya naik, Mama dapat memperhatikan beberapa gejala berikut. Biasanya GERD memiliki gejala berupa:

  • Sensasi terbakar di dada atau tenggorokan.
  • Mual, yang biasanya muncul setelah makan dan tambah parah saat malam hari.
  • Nyeri dada.
  • Kesulitan menelan.
  • Sensasi tersangkut di tenggorokan.
  • Dapat merasakan cairan lambung yang naik, terutama di bagian belakang mulut.
  • Sakit perut.

Terdapat beberapa gejala lainnya yang tidak umum, antara lain:

  • Makanan naik kembali ke atas (regurgitasi)
  • Batuk atau mengi
  • Kesulitan menelan
  • Cegukan
  • Suara serak
  • Sakit tenggorokan

3. Kunyit mengandung curcumin yang terkenal dengan segudang manfaat bagi kesehatan

3. Kunyit mengandung curcumin terkenal segudang manfaat bagi kesehatan
Wikimedia Commons

Kondisi GERD tentu akan mengganggu produktivitas anak. Apalagi jika tidak ditangani, gejalanya bisa makin parah seiring waktu, yang akhirnya menimbulkan komplikasi lain.

Obat herbal tradisional sering dijadikan solusi untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit dengan meningkatkan fungsi serta kerja dari komponen-komponen sistem imun. Salah satu obat herbal tersebut adalah kunyit.

Kunyit memiliki senyawa-senyawa antiinflamasi dan antioksidan tinggi. Diantara semua senyawa tersebut, kandungan curcumin-nya paling aktif. Curcumin ini pun terkenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan.

Sebagai antioksidan polifenol, curcumin bersifat antivirus, antibakteri, serta antikanker.

Editors' Picks

4. Kunyit juga banyak digunakan sebagai obat alternatif untuk maag, peradangan, dan nyeri dada

4. Kunyit juga banyak digunakan sebagai obat alternatif maag, peradangan, nyeri dada
Pixabay/stevepb

Karena itulah, kunyit juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok serta Ayurvedic untuk meredakan nyeri sendi dan melancarkan haid.

Kini, turmeric banyak digunakan sebagai obat alternatif untuk maag, peradangan, serta nyeri dada. Kunyit juga dipercaya mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah pada pencernaan, serta meningkatkan fungsi hati.

Tidak hanya itu, kunyit diyakini bermanfaat untuk mengatasi sejumlah penyakit lain, termasuk:

  • Ruam dan gatal-gatal pada kulit
  • Menstruasi tidak lancar
  • Osteoarthritis
  • Luka pada dinding lambung
  • Gangguan usus besar

5. Naiknya asam lambung dapat disebabkan karena peradangan dan stres oksidatif pada pencernaan

5. Naik asam lambung dapat disebabkan karena peradangan stres oksidatif pencernaan
Shutterstock/tarapong srichaiyos

Menurut sebuah studi terdahulu oleh Norimasa Y., naiknya asam lambung alias GERD mungkin disebabkan karena peradangan dan stres oksidatif pada saluran pencernaan. Peneliti juga menunjukkan bahwa GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiinflamasi.

Temuan berbeda oleh Lyn Patrick tahun 2011, efek antiinflamasi yang dimiliki senyawa curcumin dalam kunyit mampu mencegah peradangan pada kerongkongan (esofagus) sebagai gejala GERD.

Inilah alasan mengapa kunyit dikatakan berpotensi meredakan GERD. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan efektivitas kunyit dalam mengobati gejala asam lambung.

6. Suplemen kunyit organik bisa jadi pilihan yang baik dalam mengatasi GERD

6. Suplemen kunyit organik bisa jadi pilihan baik dalam mengatasi GERD
Freepik/jcomp

Jika ingin menggunakan kunyit sebagai obat mengatasi asam lambung, batang kunyit, atau rimpangnya, bisa dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk. Bubuk tersebut dapat digunakan sebagai bumbu masakan atau dikonsumsi langsung.

Konsumsi kunyit untuk meredakan asam lambung bisa terbilang agak sulit, kecuali jika Mama menggunakan ekstraknya di semua makanan atau minuman. Suplemen turmeric organik mungkin jadi pilihan yang lebih baik untuk mengatasi GERD ini.

Karena metabolismenya di usus dan usus terlalu cepat, tubuh manusia tidak mampu menyerap kunyit dan curcumin dengan baik. Untuk meningkatkan penyerapannya, tubuh membutuhkan senyawa piperine, yang ditemukan di dalam lada hitam.

Apabila Mama atau anak ingin mengonsumsi suplemen turmeric carilah yang memiliki kandungan ekstrak lada hitam atau piperine di dalamnya.

7. Efek samping penggunaan kunyit dalam mengatasi asam lambung

7. Efek samping penggunaan kunyit dalam mengatasi asam lambung
Freepik/freephoto

Turmeric adalah pengencer darah alami. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi kunyit dan ekstraknya jika anak sedang dalam pengobatan pengencer darah atau akan menjalani operasi.

Tanaman herbal ini juga bisa menurunkan kadar gula darah, tekanan darah, serta memperparah gangguan kantung empedu.

Pada sebagian orang, turmeric justru menyebabkan gejala asam lambung makin buruk. Hal ini mungkin terjadi karena rasanya yang pedas.

Konsumsi kunyit dalam jangka panjang atau dosis tinggi dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, mual, dan diare. Selain itu, turmeric pun dapat memicu reaksi alergi seperti ruam, detak jantung jadi cepat, atau kesulitan bernapas.

Jika hal ini terjadi, segera hentikan penggunaannya atau periksa ke dokter saat gejala makin parah.

8. Selain obat, penyembuhan GERD juga tergantung dari pola hidup sehat anak

8. Selain obat, penyembuhan GERD juga tergantung dari pola hidup sehat anak
Freepik/A3pfamily

Banyak ahli yang telah meneliti manfaat medis dari kunyit dan kandungan curcumin di dalamnya, tetapi belum ada penelitian yang difokuskan terhadap asam lambung.

Walaupun begitu, boleh saja jika Mama ingin mencoba kunyit untuk meredakan gejala asam lambung. Selain obat yang dikonsumsi, penyembuhan GERD juga tergantung dari pola hidup sehat anak.

“Memiliki masalah pada asam lambung memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka, mencoba suplemen dari bahan turmeric bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya. Jangan lupa imbangi dengan pola makan teratur dan hindari stres.” menurut dr. Falla Adinda yang merupakan tim dokter Jovee.

Jika keluarga Mama tertarik mengonsumsi ekstrak tanaman ini sebagai suplemen atau obat, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi. Hindari konsumsi berlebihan karena dapat memicu timbulnya efek samping, bahkan keracunan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.