Ini Dampak Anak Main HP Sambil Tiduran, Jangan Dibiarkan

Bisa menyebabkan kanker dan tumor lho!

12 Oktober 2021

Ini Dampak Anak Main HP Sambil Tiduran, Jangan Dibiarkan
Freepik/Vitalii-petrushenko

Pada zaman modern saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir seluruh kalangan usia, dari orang dewasa, remaja, bahkan juga anak-anak yang sudah menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-harinya.

Ponsel pintar ini memang memudahkan anak untuk berkomunikas, berinteraksi, dan berbagi pada semua penggunanya.

Terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini di mana anak harus melakukan pembelajaran jarak jauh, sehingga meningkatkan penggunaan ponsel pada anak.

Nah terlalu sering menggunakan ponsel pintar, suka membuat anak jadi lupa waktu. Bahkan, tak jarang menggunakannya sambil tiduran. Baik itu untuk bermain game, menyaksikan film favorit, atau melihat sosial media.

Sering menggunakan ponsel sambil tiduran bisa berdampak pada kesehatan mata dan tubuh anak. Apa saja dampaknya? Berikut ini Popmama.com akan membahasnya di bawah ini!

Editors' Picks

1. Menyebabkan insomnia atau sulit tidur di malam hari

1. Menyebabkan insomnia atau sulit tidur malam hari
Freepik/Khromkrathok

Setelah beraktifitas seharian, umumnya anak bermain smartphone sambil tiduran di waktu malam hari sebelum tidur. Tanpa disadari, hal ini dapat menyebabkan anak mengalami insomnia atau sulit tidur.

Jika anak sering bermain ponsel di malam hari, membuat tubuh khususnya mata yang sudah kelelahan karena beraktifitas seharian, dipaksa bekerja lebih keras. Hal ini yang menyebabkan anak mengalami insomnia ditambah kualitas tidur yang menjadi tidak sehat.

2. Berisiko terkena kanker mata dan tumor otak

2. Berisiko terkena kanker mata tumor otak
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Bermain smartphone sambil tiduran bisa menyebabkan kanker? Yup, hal ini ditemukan oleh International Agency for Research on Cancer yang berada di bawah naungan WHO, serta dipublikasikan oleh Journal of Clinical Oncology pada tahun 2009.

Intensitas anak menggunakan ponselnya sambil tiduran, apalagi dengan pencahayaan yang minim dapat menyebabkan kanker pada mata. Dengan seringnya anak terpapar radiasi dari handphone, selain menimbulkan kanker juga dapat berisiko terkena tumor otak.

Radiasi dari smarphone dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar, hal ini yang menyebabkan risiko tumor otak.

3. Menyebabkan kebutaan sementara hingga permanen

3. Menyebabkan kebutaan sementara hingga permanen
Freepik/Khromkrathok

Menurut hasil penelitian yang ditulis dalam New England Journal of Medicine, seringnya seseorang menggunakan ponsel sambil tiduran dapat meningkatkan risiko Transient Smartphone Blindness.

Transient Smartphone Blindness merupakan sindrom yang berpotensi memicu mata anak jadi tidak dapat melihat dalam beberapa waktu. Hal ini diakibatkan karena penyesuaian cahaya dari mata sebelah kiri ke mata sebelah kanan, yang berisiko menyebabkan mata minus sebelah.

Jika kebiasaan anak tidak segera dihentikan, maka kemungkinan kebutaan permanen pun menjadi lebih besar. Gejalanya bisa dilihat dari bagian mata anak yang berwarna putih lama-kelamaan menjadi merah.

Nah itu dia Ma, dampak buruk jika anak selalu bermain smartphone sambil tiduran di malam hari. Agar tidak terkena dampaknya, sebaiknya ingatkan anak untuk melepas ponselnya satu jam sebelum tidur.

Selain untuk menghindari dampak di atas, anak juga bisa tidur lebih cepat dan nyenyak agar dapat lebih bersemangat menjalani aktivitas keesokan harinya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.