TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Karakteristik Anak Lahir Hari Selasa Menurut Weton Jawa

Ada yang memiliki sifat mudah marah dan suka meledak-ledak lho!

30 September 2022

Karakteristik Anak Lahir Hari Selasa Menurut Weton Jawa
Freepik/Wassamon

Weton merupakan salah satu budaya Jawa yang sudah ada sejak zaman dulu, yang menunjukkan peradaban di pulau Jawa sejak dahulu

Dalam kepercayaan Jawa, weton adalah suatu peristiwa yang terjadi pada hari tertentu, sehingga dapat meramalkan apa yang terjadi dengan menelaah terjadinya peristiwa tersebut, menurut siklus hari dalam kalender tradisional. 

Sejak jaman dahulu, sistem penanggalan atau penghitungan neptu weton ini sudah umum digunakan oleh masyarakat Jawa. Bukan hanya sebagai penanda hari lahir saja, namun juga untuk menggambarkan sifat, karakter dan nasib seseorang.

Jika anak lahir di hari selasa, dan Mama ingin mengenali sifatnya lebih dalam, kali ini Popmama.com telah merangkum karakteristik anak lahir hari Selasa menurut weton Jawa. Yuk simak!

1. Selasa Wage

1. Selasa Wage
Freepik/Cookie-studio

Menurut Kitab Primbon Jawa Serbaguna mengatakan, anak yang memiliki weton Selasa Wage memiliki dua watak, yaitu Lakuning Bumi dan Mantri Sinaroja.

Dari perpaduan tersebut, membuat anak memiliki karakteristik yang suka mengalah, suka melindungi, dan mampu mengerjakan hal-hal yang diperintahkan orang lain dengan sebaik mungkin.

Namun sayangnya, anak dianggap tidak cukup berwawasan, tidak suka kebersihan, cenderung kaku atau terpaku pada satu hal saja, dan memiliki pikiran yang gelap.

Anak yang terlahir dengan weton Selasa Wage juga cenderung memiliki tingkat kecerdasan, kemampuan, serta bakat yang rendah dibandingkan dengan weton lainnya.

Oleh karena itu, ia lebih sering menjadi pengikut atau senang berkutat di "belakang layar" daripada menjadi seorang pengurus bahkan pemimpin untuk bisa membimbing orang lain.

Meski begitu, ia adalah anak yang penurut, polos, mudah memaafkan orang lain, suka menolong, dan tipe orang yang setia. Ia juga tidak suka ikut campur urusan orang lain, dan akan menutup diri untuk tidak menceritakan keburukan orang lain.

Editors' Picks

2. Selasa Kliwon

2. Selasa Kliwon
Freepik

Menurut kamus kitab primbon Jawa kuno, anak yang lahir dengan weton Selasa Kliwon memiliki watak yang unik seperti Aras Tuding atau Anggoro Kasih. Artinya anak sering mendapatkan kesempatan atau keberuntungan lebih awal dalam berbagai hal.

Anak memiliki sifat yang mudah marah serta mudah tersulut emosi. Namun ia juga dikenal pandai berbicara, setia, dan ambisius. Maka bukan hal yang aneh bila anak menjadi tempat bertanya teman-temannya karena keilmuan atau pengetahuannya yang sangat luas.

Di sisi lain, ia juga dikenal sangat pencemburu, sulit sabar, kadang berantakan, dan bisa ceroboh. Saat meminta bantuan, ia dianggap kurang bisa membalas budi orang lain. 

Selain itu, anak memiliki sifat buruk yaitu keras hati, susah dinasihati, dan sulit diatur. Bahkan jika ada yang dengan sengaja atau tidak sengaja membuatnya marah, maka tidak ada cara yang bisa membuatnya mereda atau memaafkan orang tersebut.

3. Selasa Legi

3. Selasa Legi
Freepik

Untuk anak yang lahir pada Selasa Legi, menurut kamus kitab primbon Jawa kuno, ia memiliki sifat Lakuning Geni, yang berarti seperti api.

Jika diartikan, maka sifat yang anak miliki yaitu mudah marah dan suka meledak-ledak. Namun hal ini juga menggambarkan bila anak menginginkan sesuatu, ia akan terus berusaha keras dan semaksimal mungkin untuk meraih atau mencapai keinginannya.

Ia juga pribadi yang tegas, mandiri, dan tidak suka bergantung pada orang lain atau memanfaatkan seseorang untuk kepentingannya sendiri. Tetapi, weton Selasa Legi membuat anak juga mudah cemburu, walau tidak memperlihatkannya.

Meski begitu, anak juga mudah membaur dengan orang lain atau lingkungan baru, dan memiliki pembawaan menyenangkan, aktif, serta luwes. Ini juga yang membuatnya kerap disukai banyak orang dan selalu dikelilingi oleh keluarga, teman, bahkan orang-orang yang baik.

Karena keaktifan serta keluwesan yang dimilikinya tersebut, menjadikan anak sebagai sosok yang bertanggung jawab dan loyal pada apapun.

4. Selasa Pahing

4. Selasa Pahing
Freepik

Menurut kitab primbon Jawa, anak yang memiliki weton Selasa Pahing punya sifat seperti Aras Kembang.
Yang berarti, memiliki aura mempesona, berwibawa, namun juga mudah marah. Ketika anak sudah tersulut emosi atau marah, maka ia bisa sangat menakutkan.

Tak jarang juga ini membuatnya suka membantah hingga sering terkena masalah. Kelemahan lainnya dari anak yang lahir pada weton Selasa Pahing adalah suka tidak sabaran alias selalu terburu-buru.

Dibalik itu semua, ada keistimewaan yang anak miliki lho! Misalnya ia mudah bergaul, cerdas, kreatif, disiplin, rajin, mandiri, suka kebersihan, dan suka menolong sesama.

Menariknya lagi, ketika Mama memiliki seorang anak yang lahir pada weton Selasa Pahing, dipercaya keluarga akan mendapat keberuntungan.

5. Selasa Pon

5. Selasa Pon
Pexels/olia danilevich

Terakhir adalah karakteristik untuk anak yang lahir pada weton Selasa Pon. Masih berdasarkan kamus kitab primbon Jawa kuno, weton Selasa Pon punya sifat seperti Sanggar Waringin. Artinya ia memiliki hati yang sangat teduh dan suka menolong orang-orang yang kesusahan.

Anak juga dikenal punya sifat yang jujur, berbudi luhur, berwibawa, dan tidak suka mengambil hak atau milik orang lain. Sebab baginya, apapun yang sudah dimiliki adalah anugerah dan nikmat yang harus disyukuri tanpa melihat dan memandang iri atau dengki kebahagiaan orang lain.

Nah tetapi, anak juga memiliki kelemahan nih, yaitu sangat tertutup, ceroboh, suka berbohong, mudah tersulut emosi, dan suka iseng pada orang-orang terdekatnya. 

Inilah yang membuat anak dianggap sebagai sosok yang suka membantah, sehingga menimbulkan selisih pendapat dan perdebatan yang panjang. Apabila merasa benar, anak cenderung sangat berani dan mempertahankan ego terhadap sudut pandang yang dimilikinya.

Namun, kebanyakan pendapat anak cenderung mudah diterima oleh orang lain, karena memiliki dasar yang kuat dan jelas.

Nah itulah dia karakteristik anak lahir hari Selasa menurut Weton Jawa, yang bisa membuat Mama mengenal anak lebih dalam. Namun perlu diingat bahwa setiap karakter anak, tidak bisa hanya dilihat dari hari lahirnya saja namun juga dari faktor-faktor di sekitar anak.

Apakah sesuai dengan karakter anak, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk