7 Manfaat Minyak Argan untuk Kesehatan Rambut Anak Remaja

Minyak argan telah digunakan selama berabad-abad oleh perempuan Maroko

24 Maret 2021

7 Manfaat Minyak Argan Kesehatan Rambut Anak Remaja
Freepik/User11628272

Rambut merupakan mahkota setiap manusia yang perlu dijaga kesehatan dan kebersihannya. Namun, banyaknya faktor dalam keseharian seringkali membuat rambut remaja menjadi rusak. Hasilnya muncul masalah seperti rambut kusam, ketombe, mudah kusut, dan lain-lain.

Perawatan rambut dengan minyak argan bukanlah hal baru. Minyak argan mulai digunakan di Maroko sejak abad ke-13, namun minyak argan baru-baru ini mulai menguasai dunia kecantikan. Meskipun dapat digunakan pada kulit, minyak ini dapat menunjang kesehatan rambut remaja.

Popmama.com akan membahas lebih lanjut tentang apa itu minyak argan, apa manfaat terbesar minyak itu, serta bagaimana memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan rambut remaja.

Yuk simak informasinya di bawah ini!

Apa itu Minyak Argan?

Apa itu Minyak Argan
Freepik/User11628272

Minyak yang kaya akan nutrisi ini berasal dari pohon argan, pohon berduri tebal yang berasal dari barat daya negara Maroko. Minyak ini dibuat dari buah pohon, yang berbentuk seperti kacang dengan cangkang keras.

Untuk membuat minyak, pertama-tama kacang dibuka dan biji di dalamnya ditarik keluar. Biji argan merupakan komponen yang penting untuk membuat minyak. Biji kemudian digiling, dibuat pasta kental dan berminyak. Setelah minyak diekstraksi, itu menjadi minyak argan.

Jadi, apa manfaat minyak argan untuk rambut remaja? Berikut beberapa manfaat minyak argan yang meningkatkan tampilan, kesehatan, dan nuansa rambut remaja.

1. Membantu mengatasi ketombe

1. Membantu mengatasi ketombe
Freepik/Natali_ploskaya

Apakah anak mama menderita kulit kepala yang kering dan gatal? Minyak argan dapat membantu mengurangi peradangan dan dapat meredakan stres oksidatif yang memicu ketombe, ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

Cara terbaik untuk menggunakan minyak argan adalah dengan menggunakannya sebagai kondisioner tanpa bilas.

2. Membuat rambut anak lebih berkilau

2. Membuat rambut anak lebih berkilau
Freepik/Cookie-studio

Sering aktivitas di luar rumah membuat rambut remaja sering terpapar polusi yang menyebabkan rambut menjadi kusam. Minyak argan populer karena mampu menambahkan kilau pada helai rambut. Hal ini terutama berkat konsentrasi tinggi asam lemak esensial yang ditemukan dalam minyak argan.

Editors' Picks

3. Melindungi kesehatan rambut anak

3. Melindungi kesehatan rambut anak
Freepik

Vitamin E dalam minyak argan dapat membantu meningkatkan elastisitas rambut, membuatnya tidak mudah rusak. Minyak argan telah digunakan oleh perempuan Maroko selama berabad-abad untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa aktivitas antioksidan dalam minyak argan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas akibat sinar matahari. Manfaat ini juga dapat meluas ke rambut, membantu mencegah kekeringan dan kerusakan lain akibat sinar ultraviolet.

4. Membuat rambut tidak mudah kusut

4. Membuat rambut tidak mudah kusut
Freepik

Minyak argan memiliki molekul yang lebih kecil daripada kebanyakan minyak rambut lainnya, hal ini berarti dapat menembus kutikula rambut dengan lebih efektif. Saat nutrisi minyak argan diserap dengan lebih baik, rambut remaja menjadi lebih lembut, sehingga tidak mudah kusut.

5. Mencegah kerusakan akibat alat penata rambut dan pewarnaan

5. Mencegah kerusakan akibat alat penata rambut pewarnaan
Freepik

Asam lemak rantai menengah dalam minyak argan memiliki efek perlindungan yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat pencucian dan penataan rambut.

Dilansir dari healthline.com, menunjukkan bahwa minyak argan yang kaya asam linoleat, asam oleat, dan asam palmitat menambah lapisan pelindung pada rambut yang melindungi rambut dari kerusakan selama penataan rambut dengan alat panas.

Perawatan minyak argan juga terbukti mengurangi pembentukan ujung bercabang, yang dapat menghasilkan rambut yang lebih tebal dan tampak lebih sehat. Sebuah studi tahun 2013 juga menemukan bahwa minyak argan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh pewarna rambut setelah proses pewarnaan.

6. Mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut

6. Mengurangi kerusakan kerontokan rambut
Freepik/Pimnana

Walaupun belum ada penelitian yang tersedia tentang minyak argan khusus untuk rambut rontok, tetapi manfaatnya telah terbukti untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, dengan mencegah kerusakan rambut dan kerontokan rambut.

Vitamin E dalam minyak argan terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut dalam penelitian kecil tahun 2010. Selain itu antioksidan yang kuat dan asam lemak bergizi dalam minyak argan membantu mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut.

7. Memperbaiki rambut bercabang dan menghaluskan rambut

7. Memperbaiki rambut bercabang menghaluskan rambut
Freepik/photohobo

Vitamin E dan asam lemak omega yang ditemukan dalam minyak argan memberikan kelembapan dan perlindungan pada batang rambut yang bercabang atau rusak. Cara kerja minyak argan yaitu dengan memperkuat rambut, dan kemudian menenangkan ujung rambut yang bercabang dan kusut.

Sekarang setelah Mama memahami semua manfaat minyak argan, mari membahas cara memasukkan minyak argan ke dalam rutinitas perawatan rambut anak.

Cara Penggunaaan Minyak Argan pada Perawatan Rambut Remaja Setiap Hari

Cara Penggunaaan Minyak Argan Perawatan Rambut Remaja Setiap Hari
Freepik/Graffitimi

Minyak argan memiliki banyak cara yang bisa digunakan sebagai perawatan rambut anak, seperti untuk masker dan kondisioner. Berikut adalah cara-cara penggunaan minyak argan:

Cara menggunakan minyak argan sebagai masker

Untuk perawatan deep conditioning di rumah, Mama dapat mengoleskan minyak argan di kepala anak dalam jumlah yang banyak ke rambut kering. Untuk membuat masker rambut ini, Mama bisa menggunakan minyak argan saja atau memadukannya dengan minyak ramah rambut lainnya seperti minyak kelapa.

Biarkan selama 15 hingga 30 menit atau untuk perawatan yang lebih intensif, anak juga bisa membiarkan produk di rambut untuk jangka waktu yang lebih lama hingga semalaman.

Untuk menghilangkan minyak berlebih dari rambut, keramas seperti biasa kemudian ikuti dengan kondisioner. Setelah itu, rambut remaja akan terlihat sangat berkilau, terhidrasi, dan segar.

Cara menggunakan minyak argan sebagai minyak rambut

Cara terbaik untuk menggunakan minyak argan setiap hari adalah dengan menggunakannya sebagai minyak rambut untuk pelindung panas. Oleskan satu hingga dua tetes minyak argan ke telapak tangan dan gosokkan untuk menghangatkan minyak.

Selanjutnya, sisir minyak ke rambut remaja yang sudah dikeringkan dengan handuk menggunakan jari-jari Mama, dari ujung ke akar hingga merata. Lalu atur gaya rambut anak seperti biasa.

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan minyak argan terlalu banyak. Minyak argan menyerap ke dalam rambut, tetapi jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat rambut anak menjadi berat dan menyebabkan rasa berminyak.

Cara menggunakan minyak argan sebagai kondisioner tanpa bilas

Untuk menggunakan minyak argan sebagai kondisioner tanpa bilas, lakukan dengan cara yang sama seperti yang Mama lakukan pada minyak rambut. Anak tetap perlu menyisir minyak ke rambut yang sudah dikeringkan dengan handuk, dari ujung ke akar.

Untuk penyerapan ekstra di kulit kepala, luangkan sedikit waktu tambahan untuk memijatnya ke akar.

Nah itulah beberapa manfaat dan cara penggunaan minyak argan dalam perawatan rambut anak sehari-hari. Minyak argan membantu melembabkan rambut dan kulit kepala, melindungi rambut dari kerusakan sehari-hari, serta membuat rambut remaja menjadi lebih tebal dan sehat.

Semoga informasinya bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.