12 Cara Alami untuk Mengatasi Rambut Bau pada Remaja

Serta ikuti tips-tips untuk mencegah agar rambut tidak kembali bau

24 Februari 2021

12 Cara Alami Mengatasi Rambut Bau Remaja
Freepik/Bilanol

Seperti namanya, rambut bau disebut sebagai aroma tak sedap yang berasal dari rambut dan kulit kepala. Rambut bau bisa disebabkan karena berbagai sebab seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, keringat berlebih, kulit kepala berminyak, polusi, ketidakseimbangan hormon, dan lain-lain.

Kondisi ini bisa terjadi pada semua kelompok usia, termasuk anak remaja. Kurangnya menjaga kebersihan rambut juga menjadi salah satu faktor penyebab rambut bau. Rambut yang bau bisa menurunkan kepercayaan diri anak ketika harus bertemu dengan keluarga dan teman.

Namun, ingatkan anak agar tidak khawatir. Sama seperti beberapa pengobatan rumahan untuk merawat kulit kering, kulit berminyak, kulit kepala berminyak dan kulit kepala kering, ada pengobatan rumahan untuk merawat rambut dan kulit kepala yang bau.

Kali ini Popmama.com akan membahas 12 cara menghilangkan bau rambut dan kulit kepala anak, namun sebelumnya Mama juga perlu mengetahui apa penyebab bau pada rambut dan kulit kepala anak di bawah ini!

Apa Penyebab Rambut dan Kulit Kepala Bau?

Apa Penyebab Rambut Kulit Kepala Bau
Freepik/Fabrikasimf

Seperti yang Mama ketahui, kulit kepala yang berminyak adalah salah satu penyebab utama timbulnya bau tersebut. Dilansir dari stylecraze.com, faktor-faktor yang diketahui membuat kulit kepala sangat berminyak adalah:

  • Tidak mencuci rambut selama beberapa hari atau kebersihan yang buruk
  • Perubahan hormonal
  • Kondisi medis seperti dermatitis seboroik, psoriasis, ketombe, atau dermatitis kontak alergi
  • Berkeringat berlebihan
  • Polusi
  • Semua faktor ini dapat menyebabkan bau rambut dan kulit kepala.

Sekarang setelah Mama mengetahui penyebab rambut yang baru dikeramas mulai berbau setelah beberapa hari, yuk lihat apa saja trik alami untuk mengatasi masalah ini.

1. Minyak bawang putih

1. Minyak bawang putih
Abeautifulplate.com

Bawang putih dikenal sebagai “ratu antijamur” alami karena mengandung kandungan sulfur yang dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada rambut. Sulfur bertindak sebagai agen antibakteri dan antijamur yang secara langsung mengatasi masalah rambut bau.

Cara penggunaannya mudah, yaitu Mama bisa panaskan 3-4 siung bawang putih bersama setengah cangkir minyak kelapa.

Setelah itu celupkan bola kapas ke dalamnya, dan oleskan ke kulit kepala anak. Pijat minyak secara menyeluruh dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian minta anak untuk cuci rambut dengan sampo ringan. Anak mama dapat mengulangi proses ini seminggu sekali.

2. Minyak tea tree

2. Minyak tea tree
Freepik/Yanadjana

Tea tree oil mengandung sifat mikroba yang membantu remaja dalam menyingkirkan kulit kepala gatal serta rambut yang bau. Minyak ini juga membantu menyembuhkan beberapa masalah terkait kulit kepala seperti ketombe.

Caranya dengan mencampurkan sedikit minyak tea tree ke dalam secangkir air atau minyak pembawa seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, dan lain-lain, kemudian oleskan secara menyeluruh pada kulit kepala anak.

Biarkan minyak di kulit kepalanya selama sekitar 30 menit dan kemudian minta ia untuk membersihkan rambut dengan sampo yang ringan. Mama dapat mengulangi proses yang sama pada remaja seminggu sekali.

3. Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar)

3. Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar)
Freepik/Vasiliybudarin

Cuka sari apel atau apple cider vinegar dianggap sebagai penjernih dan pembersih rambut alami dan sangat efektif dalam mengatasi rambut yang bau. Cuka ini membantu menghilangkan lapisan berminyak dari rambut yang menyebabkan rambut bau.

Selain itu, cuka sari apel juga membantu menambah kilau, mencegah rambut kusut dan menyeimbangkan tingkat pH. Cara penggunaannya yaitu dengan menambahkan ½ cangkir cuka sari apel, 2-3 tetes minyak esensial, dan 2 cangkir air suling dalam mangkuk. Campur larutan dan pindahkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan larutan tersebut secara merata ke seluruh rambut anak dan diamkan selama 5-10 menit. Minta anak untuk membilasnya dengan air biasa.

Selain itu, anak juga bisa membilas rambutnya dengan larutan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1: 4. Biarkan larutan selama 2-3 menit dan kemudian bersihkan dengan air biasa.

4. Air lemon

4. Air lemon
Freepik

Air lemon mengandung sifat antibakteri dan astringen yang berfungsi sebagai obat yang efektif untuk mengatasi aroma tak sedap pada rambut. Air lemon juga menambah kilau pada rambut dengan mengurangi bakteri yang menyebabkan ketombe.

Untuk merasakan manfaatnya, Mama dapat menambahkan 2 sdt air lemon dalam satu cangkir air atau minyak pembawa.

Setelah anak keramas, bantu pijat campuran tersebut secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambutnya dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya minta anak untuk mencuci bersih dengan air biasa. Mama bisa mengulangi proses yang sama sekitar 1-2 kali seminggu.

5. Air jeruk

5. Air jeruk
Freepik/KamranAydinov

Tak hanya lemon, air jeruk juga dapat membantu menghilangkan bau keringat dan bau ketombe di kulit kepala anak, bersamaan dengan bau kimiawi.

Untuk menggunakan air jeruk sebagai obat alami rambut bau adalah ambil air jeruk yang baru diekstraksi tanpa gula, tuangkan pada rambut anak hingga merata. Air jeruk ini harus dibiarkan selama 20-30 menit.

Kemudian minta anak untuk membilasnya dengan air hangat, rambutnya juga bisa dikeramas dengan sampo yang lembut lalu bilas hingga bersih.

Editors' Picks

6. Air tomat

6. Air tomat
Freepik/KamranAydinov

Air tomat juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH pada rambut, serta membantu menghilangkan bau tidak sedap pada rambut. Caranya yaitu dengan memeras daging buah dari satu buah tomat, lalu sari-sari tomat langsung ke rambut anak.

Kemudian, biarkan istirahat selama 20-30 menit, dan minta anak untuk membilasnya dengan air biasa. Mama bisa mengulanginya 1-2 kali seminggu.

7. Air bawang merah

7. Air bawang merah
Cradiori.co

Sari-sari bawang merah juga mengandung kandungan sulfur yang membantu melawan bakteri penyebab rambut bau karena kulit kepala yang berminyak. Selain itu, air bawang merah juga dapat mencegah kebotakan dan membantu anak meningkatkan pertumbuhan rambutnya .

Untuk mendapatkan air bawang merah, Mama dapat menghaluskan bawang untuk mengekstrak sarinya. Oleskan airnya pada kulit kepala anak dan pijat dengan lembut. Biarkan istirahat selama 30 menit dan bersihkan dengan sampo. Mama bisa mengulanginya langkah-langkah ini 1-2 kali seminggu.

8. Zero conditioner

8. Zero conditioner
Freepik/Topntp26

Zero conditioner bermakna tidak mengaplikasikan kondisioner rambut pada kulit kepala. Mama perlu mengingatkan anak agar mengoleskan kondisioner hanya pada rambut bagian tengah hingga ke bawah.

Karena kulit kepala dapat menghasilkan minyaknya sendiri, tidak memerlukan pengondisian apa pun. Dengan menggunakan kondisioner pada kulit kepala, anak justru memberikan nutrisi dari sampo pada mikroorganisme yang berada di kulit kepala.

9. Gel Aloe Vera

9. Gel Aloe Vera
Freepik

Aloe vera juga efektif dalam mengatasi aroma rambut tidak sedap yang disebabkan karena kulit kepala berminyak dan ketombe. Gel lidah buaya ini mengandung berbagai macam khasiat penyembuhan yang bertindak sebagai kondisioner alami.

Setelah anak keramas, minta anak untuk mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambutnya. Diamkan kurang lebih sekitar 15-20 menit dan bersihkan dengan air biasa. Anak bisa mengulangi prosesnya seminggu sekali.

10. Minyak neem

10. Minyak neem
Indiamart.com

Minyak neem mengandung sifat antiseptik yang membantu mengobati infeksi kulit kepala dan menangkal rambut bau. Cara penggunaannya pun mudah, beli minyak neem murni lalu pijatkan ke rambut anak secara menyeluruh dengan beberapa tetes minyak neem.

Biarkan semalaman dan pada keesokan paginya, minta anak untuk mencuci rambutnya dengan air biasa atau sampo ringan. Anak juga bisa menambahkan sedikit daun mimba dalam air. Saring sari-sarinya dan gunakan airnya sebagai bilas rambut.

11. Soda kue

11. Soda kue
Freepik/Chandlervid85

Soda kue juga merupakan pengobatan rumahan paling umum yang digunakan untuk mengurangi sifat berminyak pada rambut. Soda kue dapat membantu menetralkan aroma tak sedap dan merawat rambut yang bau.

Buat pasta dengan mencampurkan larutan soda kue dan air dengan perbandingan 1: 3. Kemudian oleskan pasta secara merata pada rambut basah setelah anak keramas dengan air. Setelah itu diamkan selama 5-10 menit, dan bersihkan dengan air biasa. Mama dapat mengulangi proses yang sama seminggu sekali.

12. Madu dan kayu manis

12. Madu kayu manis
Freepik

Sifat anti bakteri dan antijamur dari madu dan kayu manis membuatnya ampuh untuk perawatan rambut dan kulit kepala yang berbau.

Untuk merasakan manfaat madu dan kayu manis, Mama cukup menyiapkan teh kayu manis dengan merebus bubuknya dalam secangkir air. Selanjutnya tambahkan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan pada rambut anak dan biarkan selama beberapa jam.

Perawatan Ini harus dibilas dengan air dan sampo yang ringan. Mama dapat mengulangi proses ini hingga dua kali dalam seminggu.

Nah itulah 12 solusi alami untuk mengembalikan aroma rambut dan kulit kepala anak yang sehat dan tidak berbau. Setelah kesehatan rambut anak terjaga, ada baiknya untuk menerapkan tips mencegah rambut atau kulit kepala bau.

Tips Mencegah Rambut dan Kulit Kepala Remaja agar Tidak Bau

Tips Mencegah Rambut Kulit Kepala Remaja agar Tidak Bau
Freepik/Cookie-studio

Masalah kulit kepala dan rambut berbau ini dapat menyebabkan kepercayaan diri anak turun dan juga membuat anak canggung dalam pergaulan. Untuk mencegah kulit kepala dan rambut beraroma tak sedap, ikuti tips-tips di bawah ini:

  • Cuci rambut secara teratur.
  • Atasi akar penyebab bau, seperti ketombe atau cepat berminyak.
  • Jika anak banyak berkeringat, kenakan pakaian yang tipis.
  • Gunakan sampo ringan yang harum.
  • Hindari godaan untuk menggaruk kulit kepala karena dapat meningkatkan sekresi minyak.
  • Hindari menyentuh rambut terus-menerus.
  • Jika anak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, kenakan topi untuk melindungi rambut dari pencemaran lingkungan.

Kombinasi solusi-solusi dan tips di atas dapat membantu anak mencegah kulit kepala dan rambut yang bau. Namun, karena ini biasanya merupakan masalah yang berulang, anak harus mencoba berbagai macam solusi lain dan tetap mengikuti tips pencegahan di atas, untuk mencegah rambut dan kulit kepala yang bau. Semoga informasi cara menghilangkan bau rambut bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.