13 Masker Wajah Alami untuk Mengatasi Masalah Kulit Remaja

Bahan-bahan alami terbebas dari kimia yang aman untuk kulit remaja

16 Juni 2021

13 Masker Wajah Alami Mengatasi Masalah Kulit Remaja
Freepik/Victoriafly

Memiliki kulit yang sehat dan cantik bukanlah hal yang mudah, dan terutama pada masa remaja. Masa remaja bisa sangat sulit bagi anak, terlebih lagi ketika ia lebih sadar akan penampilan diri sendiri. Hal ini akibat perubahan hormonal yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Tetapi bukan tidak mungkin untuk menjaganya tetap sehat dan segar. Perawatan kulit secara teratur seperti menggunakan masker sama pentingnya untuk minum banyak air dan tidur, istirahat, dan olahraga yang cukup.

Merawat kulit dengan baik sejak dini akan mencegah komplikasi jangka panjang dan membantu anak mempertahankan keremajaannya untuk waktu yang lama. 

Untuk membantu mengatasi masalah kulit pada anak, kali ini Popmama.com akan membahas 13 masker wajah buatan sendiri untuk remaja. Simak daftarnya di bawah ini!

1. Masker wajah dengan pisang

1. Masker wajah pisang
Pixabay/jgzelaya

Pisang dikemas dengan bahan-bahan yang baik untuk kulit. Vitamin A untuk memudarkan bintik hitam dan noda serta menghaluskan kulit kasar, Vitamin B untuk mengurangi kekeringan, Vitamin E untuk mengurangi munculnya keriput, dan kalium untuk melembabkan dan menghidrasi.

Jadi membuat masker wajah buatan sendiri dari pisang dapat membuat kulit anak menjadi lebih lembut dan lebih sehat

Cara penggunaan:

  1. Hancurkan pisang matang berukuran sedang menjadi pasta halus,
  2. Lalu oleskan dengan lembut ke wajah dan leher anak.
  3. Biarkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Cara lainnya yang bisa anak coba adalah dengan mencampurkan 1/4 cangkir yogurt tawar, 2 sdm madu, dan satu buah pisang ukuran sedang, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti di atas.

2. Masker wajah dengan cuka sari apel

2. Masker wajah cuka sari apel
Freepik/rawpixel.com

Cuka sari apel dikenal sebagai toner alami yang dapat bertindak sebagai obat rumahan untuk mengatasi jerawat. Sifat antibakterinya dapat membantu mengendalikan jerawat.

Asam malat dan laktat yang ditemukan dalam cuka sari apel dapat membantu melembutkan dan mengelupas kulit, mengurangi bintik-bintik merah, dan menyeimbangkan pH kulit remaja.

Namun pastikan untuk melakukan uji pada kulit terlebih dahulu karena cuka sari apel dapat menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang.

Cara penggunaan:

  1. Campurkan 1/4 cangkir cuka sari dengan 1/4 cangkir air.
  2. Oleskan larutan tersebut dengan lembut ke wajah anak dengan menggunakan kapas.
  3. Biarkan mengering.

Penggunaan cuka sari apel lainnya untuk mengatasi jerawat pada remaja adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka sari apel dengan 2 gelas air, lalu gunakan sebagai bilasan ketika anak cuci muka, tujuannya untuk membersihkan dan mengencangkan kulit.

3. Masker wajah dengan susu bubuk

3. Masker wajah susu bubuk
Freepik

Susu bubuk mengandung asam laktat yang memiliki sifat pemutihan yang kuat. Masker wajah ini membantu mengelupas sel kulit mati yang kusam, untuk mengekspos lapisan sel kulit baru dan sehat.

Cara penggunaan:

  1. Campurkan 1/4 cangkir susu bubuk dengan air secukupnya hingga membentuk pasta kental.
  2. Oleskan pada wajah anak secara menyeluruh dengan campuran tersebut.
  3. Biarkan kering sepenuhnya, lalu bilas dengan air hangat. Wajah anak akan terasa cerah dan segar kembali.

4. Masker wajah dengan oatmeal

4. Masker wajah oatmeal
Freepik/Racool_studio

Oatmeal memiliki efek anti-inflamasi, kaya akan antioksidan, dan membantu meringankan banyak kondisi dermatologis. Sedangkan bahan tambahan seperti madu memiliki efek antimikroba, dan mencegah jerawat serta menjaga kulit anak tetap sehat dan lembab.

Cara penggunaan:

  1. Campurkan 1/2 cangkir air panas yang tidak mendidih dengan 1/3 cangkir oatmeal.
  2. Setelah air dan oatmeal tercampur selama dua atau tiga menit, campurkan 2 sdm yogurt tawar, 2 sdm madu, dan satu putih telur kecil.
  3. Oleskan lapisan tipis masker ke wajah anak, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  4. Kemudian minta anak untuk membilas maskernya dengan air hangat.

Tips tambahan yaitu, pastikan Mama memiliki dan memasang saringan logam atau plastik di wastafel untuk menghindari penyumbatan saluran dengan butiran oatmeal.

5. Masker wajah dengan mayones

5. Masker wajah mayones
Freepik

Masker wajah mayones kaya akan telur dan minyak kedelai, ini bekerja sebagai emolien alami yang menenangkan kulit kering pada remaja sekaligus menjadikannya lebih lembut dan kenyal.

Masker mayones dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati secara menyeluruh bersama dengan debu, kotoran, dan sebum berlebih.

Cara penggunaan:

  1. Oleskan mayones dengan lembut ke wajah anak.
  2. Biarkan selama sekitar 20 menit.
  3. Kemudian bersihkan dan bilas dengan air dingin. Wajah anak akan terasa bersih dan halus.

Editors' Picks

6. Masker wajah dengan yogurt

6. Masker wajah yogurt
Freepik/Racool_studio

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lebih halus. Selain itu yogurt juga membantu anak dlam menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

Cara penggunaan:

  1. Untuk membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori, oleskan yogurt tawar pada wajah remaja dan diamkan selama sekitar 20 menit, dan bilas dengan air hangat
  2. Untuk masker yogurt yang menyegarkan, Mama dapat campurkan 1 sdt yogurt tawar dengan air perasan dari 1/4 irisan jeruk, dan 1 sdt lidah buaya. Oleskan di wajah remaja, dan biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Masker wajah dengan mustard

7. Masker wajah mustard
Freepik/rezkrr

Mustard kuning ringan dapat menjadi masker wajah yang biak untuk remaja, masker ini mengandung belerang yang melawan bakteri, sehingga masker ini sangat baik untuk kulit sensitif, jerawat, peradangan, mengencangkan kulit, serta membuatnya halus.

Cara penggunaan:

  1. Oleskan wajah anak dengan mustard kuning ringan.
  2. Diamkan selama 15 menit
  3. Minta anak untuk membilasnya dengan air hangat

Sebagai tips tambahan, cobalah di area uji kecil terlebih dahulu untuk memastikannya tidak membuat kulit anak iritasi.

8. Masker wajah dengan lemon

8. Masker wajah lemon
Pexels/Lukas

Lemon mengandung AHA dan BHA, dua jenis asam hidroksi yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mampu membersihkan komedo, jerawat, dan warna kulit yang tidak merata.

Cara penggunaan:

  1. Buat masker wajah buatan sendiri untuk remaja dengan mencampur air perasan dari satu lemon dengan 1/4 cangkir minyak zaitun atau minyak almond manis. Atau campurkan jus 1/2 lemon dengan 1 sdm madu.
  2. Oleskan ke wajah anak, dan tunggu hingga 15 menit.
  3. Bilas dengan air hangat.

9. Masker wajah dengan telur

9. Masker wajah telur
Freepik/azerbaijan_stockers

Telur memiliki manfaat yang berbeda sesuai jenis kulit anak. Putih telur bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit sehingga cocok untuk remaja dengan kulit berminyak. Sedangkan, kuning telur dapat digunakan untuk efek sebaliknya. Lemak pelembab dari kuning telur dapat menghidrasi dan menyehatkan remaja dengan kulit kering.

Cara penggunaan:

  1. Jika anak memiliki kulit kering yang membutuhkan pelembab, pisahkan telur dan kocok saja kuningnya. Namun jika anak memiliki kulit berminyak, pisahkan putih telur, kemudian tambahkan sedikit lemon atau madu. Untuk kulit normal, bisa menggunakan seluruh telur.
  2. Oleskan telur yang sudah dikocok pada wajah anak.
  3. Diamkan dan tunggu 30 menit, lalu bilas. Anak tentunya akan menyukai wajah segarnya setelah menggunakan masker telur.

10. Masker wajah dengan stroberi

10. Masker wajah stroberi
Freepik/jcomp

Buah berwarna merah dengan rasa yang segar ini mengandung Vitamin C yang dapat membantu mengatasi kulit remaja yang kering. Selain itu, juga baik untuk mengurangi kerutan akibat kulit kering, mencerahkan kulit, dan melindungi kulit remaja dari sinar UV.

Cara penggunaan:

  1. Haluskan segenggam stroberi matang dengan 3 sdm kacang almond.
  2. Tambahkan 2 sdm yogurt tawar dan aduk sampai teksturnya pucat.
  3. Oleskan ke wajah anak dan diamkan selama 15-20 menit.
  4. Minta anak untuk membilasnya agar mendapatkan kulit yang lembut dan halus.
  5. Jika ada sisa, pastikan untuk menyimpannya di lemari es.

11. Masker wajah dengan ragi

11. Masker wajah ragi
Freepik/Love_the_wind

Masker ragi kaya akan Vitamin B kompleks, sehingga baik untuk remaja dengan kulit berminyak yang bermasalah dengan jerawat. Jika diterapkan secara teratur, keseimbangan minyak kulit anak akan tercapai, dan jerawat akan berkurang.

Cara penggunaan:

  1. Campur 7 gram ragi kering dengan tiga tetes air lemon dan 2 sdt air sampai membentuk pasta. Mama dapat menambahkan lebih banyak air sesuai kebutuhan untuk mendapatkan konsistensi yang tepat.
  2. Oleskan campuran tersebut ke wajah anak.
  3. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas untuk pembersihan mendalam yang menyegarkan.

12. Masker wajah dengan madu

12. Masker wajah madu
Freepik/flo222

Madu juga merupakan antibakteri alami, yang membantu mencegah dan melawan jerawat, sebagai pembersih yang lembut dan membuka pori-pori, serta menjadi pelembab dengan menarik kelembapan ke dalam kulit dan membuat kulit terasa lembut.

Cara penggunaan:

  1. Mulailah dengan 2/3 cangkir oat instan dan panaskan dalam 1/2 cangkir air panas selama sekitar 5 menit sampai campuran mengental.
  2. Sambil menunggu, masukkan setengah apel yang sudah dikupas ke dalam blender dengan 2 sdm yogurt, 2 sdm madu, dan 1 putih telur.
  3. Blender selama 45 detik, lalu tambahkan campuran oatmeal yang sudah dipanaskan.
  4. Blender lagi selama 20 detik lagi.
  5. Oleskan campuran tersebut ke wajah anak dan diamkan selama 15 menit untuk nutrisi maksimal.
  6. Lalu bilas dengan air hangat

13. Masker wajah dengan kentang

13. Masker wajah kentang
Freepik

Kentang adalah sumber kaya enzim katekolase dapat membantu memudarkan noda, bekas jerawat, dan bintik hitam. Kentang juga mengandung vitamin dan mineral penting yang membantu pembentukan sel kulit yang sehat dan memperkuat efisiensi penghalang kulit.

Sifat pemutihnya yang ringan membantu mengontrol produksi melanin untuk mencerahkan kulit remaja.

Cara penggunaan:

  1. Cuci dan kupas kentang berukuran sedang dan potong menjadi irisan setengah inci.
  2. Minta anak untuk mencuci wajahnya terlebih dahulu dan keringkan.
  3. Gunakan irisan kentang untuk memijat lembut wajah anak yang telah dibersihkan selama beberapa menit.
  4. Biarkan air dari kentang menyerap di wajah anak selama sekitar 15 menit.
  5. Cuci bersih dengan air dingin.

Nah itulah 13 masker wajah buatan sendiri yang dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit remaja. Masker wajah buatan sendiri ini mungkin membutuhkan waktu untuk memberikan hasil, tetapi ini alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya sehingga lebih aman digunakan untuk remaja.

Jika Mama lebih suka anak menggunakan cara-cara aalami untuk perawatan kulit, cobalah masker wajah di atas hari ini dan rasakan manfaatnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.