5 Pelajaran Hidup dari Film Doctor Strange 2, Bisa Dicontoh Remaja!

Bisa menginspirasi remaja pecinta Marvel, khususnya Doctor Strange nih!

13 Mei 2022

5 Pelajaran Hidup dari Film Doctor Strange 2, Bisa Dicontoh Remaja
Imdb.com/Jay Maidment

Marvel Studios baru-baru ini mempersembahkan film “Doctor Strange in the Multiverse of Madness”, yang ditayangkan pada 5 Mei 2022 di seluruh bioskop Indonesia. 

Film ini menyuguhkan perjalanan terbaru Super Hero ikonik, Doctor Strange, untuk melewati alam semesta yang dipenuhi dengan visual menarik dan aksi yang menegangkan.

Jika anak mama salah satu pecinta Marvel, khususnya Doctor Strange, ada beberapa nilai moral yang bisa dipetik dari film ini, untuk dipelajari dan ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak! Namun ingat Ma, film ini diberi label 13+ berarti anak menonton harus dalam pendampingan orangtua.

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 pelajaran dari Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang bisa diterapkan anak!

1. Keluarga adalah segalanya, yang saling memberikan menopang satu sama lain

1. Keluarga adalah segalanya, saling memberikan menopang satu sama lain
Imdb.com/Jay Maidment

Tak dapat dimungkiri lagi bahwa keluarga memang menjadi landasan paling dasar dalam kehidupan manusia.

Sejak anak dilahirkan ke dunia hingga tumbuh remaja dan bisa menjalani kehidupan secara mandiri di usia dewasa, peran keluarga pasti ada di dalamnya.

Film terbaru Marvel Studios’ ini pun berusaha menggambarkan hal tersebut dengan cukup realistis. Namun, tentu saja keluarga tak hanya diartikan sebagai hubungan sekelompok orang yang memiliki ikatan darah saja.

Sebab, film yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch ini menarik benang merah 'keluarga' dari penggambarannya melalui tim Avengers.

Di mana, semua anggota tim di dalamnya adalah sebuah keluarga, sehingga mau terpisah seperti apa pun, ketika membutuhkan pertolongan, mereka bisa bertemu dan berkumpul kembali.

Editors' Picks

2. Memiliki kepercayaan diri yang sehat agar mampu mengembangkan potensi diri lebih baik

2. Memiliki kepercayaan diri sehat agar mampu mengembangkan potensi diri lebih baik
Imdb.com/Jay Maidment

Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini memang tak lepas dari kisah adu kekuatan diantara karakter yang baik dan jahat.

Namun, dalam kisah terbarunya ini, ada pelajaran unik yang bisa dipetik remaja untuk kehidupan sehari-hari. Yaitu, semua orang pada dasarnya memiliki kekuatan yang tidak mereka sadari.

Jika anak mama ingin mengembangkan potensi dirinya lebih baik, tentu ia harus bisa memiliki kepercayaan diri terlebih dahulu. Dengan keyakinan yang ada, rintangan seperti apa pun pasti bisa anak hadapi.

3. Hindari menyangkal perasaan diri sendiri, terima dan jalani semuanya dengan baik

3. Hindari menyangkal perasaan diri sendiri, terima jalani semua baik
Imdb.com/Jay Maidment

Beberapa adegan yang ada di film cenderung menceritakan bahwa sang karakter utama, alias Doctor Strange terlalu membohongi diri atas perasaannya sendiri. Mulai dari rasa kecewa, tidak bahagia, bahkan hingga rasa takut yang ada di dalam dirinya.

Ini penting untuk diketahui setiap remaja, baik perempuan atau pun laki-laki, bahwa merasa takut, sedih, atau tidak bahagia adalah hal yang wajar, lho.

Sebab, perasaan-perasaan yang ada justru bisa membuatnya menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar. Anak justru harus menerima semua perasaan tersebut dan berusaha untuk menjalani kondisi yang ada sebaik mungkin.

4. Terkadang, sesuatu yang diinginkan belum tentu hal yang dibutuhkan

4. Terkadang, sesuatu diinginkan belum tentu hal dibutuhkan
Imdb.com/Jay Maidment

Kisah panjang di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini sebenarnya bertitik pada satu poin penting. Di mana, ada sebuah keinginan untuk memiliki sesuatu yang sebenarnya belum tentu dibutuhkan. 

Hal inilah yang kemudian menjadi pengingat bagi para remaja dan kita semua, bahwa Tuhan sudah menuliskan takdir seorang manusia dengan sangat baik. Tak ada satu kehendak pun yang terjadi untuk mencelakai kita.

Anak hanya perlu bersyukur dan menjalani semua yang ada dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, ia pasti akan sadar bahwa apa yang diinginkan tersebut bukanlah apa yang dibutuhkan atau bukanlah hal yang terbaik untuknya.

5. Tidak mudah untuk mengembalikan kepercayaan orang lain

5. Tidak mudah mengembalikan kepercayaan orang lain
Imdb.com/Jay Maidment

Anak tentu telah mengetahui bahwa sebagai manusia, kita memang tidak bisa terlepas dari perbuatan salah dan dosa. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan bahwa ia bisa melakukan berbagai hal negatif dengan sesuka hati.

Bahkan, di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini, digambarkan dengan jelas ketika seseorang melakukan kesalahan dan merusak kepercayaan orang lain, ia akan sulit dipercaya kembali.

Artinya, anak perlu belajar untuk berkata dan melakukan sesuatu dengan hati-hati, karena mengembalikan kepercayaan orang lain itu adalah hal yang sulit, bahkan mungkin bisa merusak pertemanan.

Nah itulah beberapa pelajaran dari Doctor Strange in the Multiverse of Madness, yang bisa anak petik dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga film yang satu ini, dapat menginspirasi remaja untuk menjadi individu yang lebih baik ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk