7 Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Remaja

Pilih sesuai jenis kulit anak ya, Ma!

12 Oktober 2021

7 Rekomendasi Sunscreen Cocok Remaja
Freepik/Tanyaandalina

Sering beraktifitas di luar rumah membuat remaja seringkali terpapar sinar matahari. Terpapar sinar matahari terus menerus dapat memicu produksi melanin yang menyebabkan bekas jerawat anak semakin menggelap dan tak kunjung pudar.

Selain itu, juga dapat menyebabkan munculnya flek-flek kulit hitam pada wajah anak. Sinar ultraviolet juga mempercepat proses penuaan dini, sehingga kulit remaja bisa tampak lebih kering, kusam, dan tekstur menjadi kasar.

Sedangkan, bagi remaja dengan kulit sensitif, paparan sinar matahari membuat kulit lebih rentan iritasi, kemerahan, hingga terbakar. Maka dari itu, remaja disarankan untuk menggunakan sunblock setiap kali melakukan aktivitas di luar rumah.

Hal ini membuat sunblock menjadi skincare yang penting bagi remaja. Agar Mama tidak bingung memilih produk sunblock untuk anak, berikut Popmama.com akan memberikan 7 rekomendasi sunscreen untuk remaja.

Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Biore UV Aqua Rich

1. Biore UV Aqua Rich
Zalora.co.id

Sunblock Biore UV Aqua Rich ini memiliki tekstur yang cair dan encer, sehingga mudah terserap oleh kulit setelah di aplikasikan.

Karena teskturnya yang ringan, sunblock dari Biore ini cocok digunakan untuk remaja yang memiliki tipe kulit berjerawat dan berminyak, karena formulanya yang tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, sunblock ini memiliki SPF yang tinggi yaitu SPF50++.

SPF sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar serta menghindarkan anak dari kanker kulit. Sedangkan angka yang tertera pada SPF, menunjukkan berapa lama kulit remaja terlindungi.

Misalnya, tanpa menggunakan sunblock, kulit wajah anak dapat terbakar dalam 10 menit, namun dengan menggunakan SPF maka kulit anak akan terlindungi 50 kali lebih lama, atau selama 500 menit jika menggunakan sunblock ini.

Mama bisa mendapatkan sunblock Biore UV Aqua Rich ini dengan harga sekitar Rp.95.000-Rp.200.000,- di online atau offline store terdekat.

2. Cetaphil UVA/UVB Defence SPF 50+

2. Cetaphil UVA/UVB Defence SPF 50+
Cetaphil.co.id

Memiliki kulit sensitif memang dapat mengganggu, apalagi anak juga tidak boleh menggunakan skincare sembarangan karena rentan terhadap iritasi. Maka dari itu sebagai solusinya, Mama bisa memberikan anak sunblock dari Cetaphil UVA/UVB Defence SPF 50+.

Sunblock dari merek Cetaphil ini merupakan solusi perlindungan matahari bagi remaja yang memiliki masalah pada kulit kering dan sensitif. Karena kandungan Glycerinnya, sunblock ini dapat bekerja ganda, yaitu dengan melembabkan wajah serta melindunginya dari sinar ultraviolet.

Selain itu, sunblock dari Cetaphil UVA/UVB Defence ini juga mudah didapatkan di toko online maupun toko offline. Mama bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp.162.500-Rp.265.000,-

Editors' Picks

3. Emina Sun Protection SPF 30

3. Emina Sun Protection SPF 30
Lazada.co.id

Produk perawatan kulit dari Emina dikenal cocok digunakan oleh kulit remaja karena teksurnya yang ringan, serta harganya yang terjangkau tidak akan membuat Mama berpikir dua kali saat ingin membeli sunblock yang satu ini.

Tidak hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet, sunscreen Sun Protection SPF 30 dari Emina juga dapat menjaga kulit anak selalu terhidrasi karena kandungan lidah buayanya, sehingga produk ini cocok digunakan untuk anak yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Harganya yang mulai dari Rp.19.950-an saja, tidak akan menguras kantong Mama ketika membelikannya untuk remaja yang sedang belajar merawat kulit. Produk Emina Sun Protection SPF 30 ini juga bisa ditemukan di online atau offline store terdekat.

4. Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen

4. Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen
Jetspree.com

Selanjutnya ada Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen yang berasal merek Innisfree dari Korea. Sunblock ini memiliki formulasi yang sangat ringan sehingga cocok digunakan oleh remaja yang memiliki kulit wajah sensitif.

Formulasinya yang ringan juga diklaim terbebas dari parabem pewangi buatan, mineral oil, dan ethanol atau alkohol. Nah produk sunblock memiliki SPF 50+ dan PA++++, serta juga bisa digunakan sebagai primer sebelum remaja menggunakan makeup a la glass skin Korea.

Untuk mendapatkan produk  Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen ini, Mama bisa membelinya dengan harga sekitar Rp.125.000-Rp.235.000,-.

5. Parasol Cream

5. Parasol Cream
Shopee.co.id

Memiliki kulit kering memang dapat mengganggu aktivitas anak, terlebih lagi jika salah pilih sunblock maka dapat membuat kulit anak semakin kering dan iritasi. Jika permasalahan kulit remaja mama adalah kering, maka solusinya pilih sunblock Parasol Cream.

Walaupun memiliki kemasan seperti salep obat yang umumnya ditemui di apotek, krim sunblock Parasol ini memiliki SPF 33 yang terbukti ampuh dalam melindungi kulit saat terpapar sinar ultraviolet. Karena berbentuk krim, sunblock ini memiliki tekstur yang lebih kental dan berwarna beige.

Sehingga dapat memberikan sedikit warna pada kulit wajah anak.

Parasol cream juga menyediakan dua jenis perlindungan dari sinar matahari, yaitu produk sunscreen dan sunblock yang berbeda pada kemasannya. Nah Mama bisa mendapatkan Parasol Cream ini dengan harga Rp.35.990-Rp.62.600.-

6. Skin Aqua UV Moisture Gel atau Moisture Milk

6. Skin Aqua UV Moisture Gel atau Moisture Milk
Blibli.com

Sunblock selanjutnya adalah Skin Aqua yang memiliki beberapa jenis sunblock sesuai jenis kulit anak. Jika remaja mama memiliki kulit yang berminyak, maka Mama bisa memilih Skin Aqua UV Moisture Gel dengan SPF 30+ PA++.

Sedangkan bagi remaja yang memiliki kulit kering, maka remaja bisa memilih Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++. Kedua sunblock ini mengandung Hyaluronic Acid yang membantu kulit anak menyimpan lebih banyak air hingga 1.000 kali lebih banyak, agar kulit anak menjadi lebih lembab dan cerah. 

Selain Hyaluronic Acid, sunblock dari Skin Aqua ini juga memiliki kandungan Silica yang bisa digunakan sebagai primer wajah jika remaja sudah mulai hobi makeup agar makeup jadi lebih awet.

Mama bisa mendapatkan produk Skin Aqua ini dengan harga mulai dari Rp.40.000-Rp.127.000 di online atau offline store terdekat.

7. Wardah Sunscreen Gel

7. Wardah Sunscreen Gel
Lazada.co.id

Sunblock yang cocok digunakan oleh remaja selanjutnya adalah dari merek wardah yaitu Wardah Suncreen Gel SPF 30. Sunblock yang satu ini memiliki tekstur ringan karena berbahan dasar gel. Sehingga remaja akan bebas dari sensasi lengket saat mengaplikasikannya ke wajah.

Selain teksturnya yang ringan, sunblock ini juga memiliki kandungan Vitamin E sebagai antioksidan yang membantu menyehatkan kulit wajah. Tak hanya itu saja, namun sunblock ini juga mengandung ekstrak lidah buaya dan Pro Vit B5 yang membantu melembabkan kulit.

Seperti yang Mama ketahui, produk dari Wardah memiliki harga yang terjangkau. Wardah Sunscreen Gel ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.25.000-Rp.50.000,- dan bisa didapatkan di online maupun offline store terdekat.

Nah itu dia 7 rekomendasi sunscreen yang cocok untuk digunakan remaja. Pilih produk skincare sesuai jenis kulit dan permasalahan kulit anak ya, Ma! Semoga cocok dengan salah satu rekomendasi di atas ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.