Tak Hanya Menyenangkan, ini 7 Manfaat Senam Irama untuk Anak

Selain untuk fisik, senam irama juga bermanfaat untuk kognitif sekaligus keterampilan sosial anak

18 April 2022

Tak Ha Menyenangkan, ini 7 Manfaat Senam Irama Anak
Freepik/storyset

Senam irama adalah jenis senam yang memiliki berbagai gerakan dan harus dilakukan seirama dengan musik yang mengiringinya. Umumnya senam irama memiliki gerakan berjalan, berlari, melompat, mengayun, atau berputar.

Senam irama juga kerap disebut dengan senam ritmik, yang dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat. Contoh alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi.

Tak hanya dilakukan oleh anak-anak saja, banyak pula orang dewasa hingga lansia yang mengikuti kegiatan senam irama yang umumnya diadakan di sekitar lingkungan rumah.

Hal ini terjadi karena senam irama memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Agar anak mama semakin rajin dan semangat saat latihan senam irama, yuk beri tahu 7 manfaat senam irama untuk anak, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Meningkatkan kondisi fisik dan fleksibilitas

1. Meningkatkan kondisi fisik fleksibilitas
bkgymswim.com.au

Jika anak pernah mengikuti gerakan-gerakan yang dilakukan dalam rutinitas senam irama, pasti ia mengerti sekali tentang manfaat yang satu ini.

Senam irama membutuhkan gerakan yang sulit, yang menguji elastisitas anak. Selain itu, senam irama dapat mencegah menurunnya fleksibilitas selama bertahun-tahun.

Stabilitas yang dituntut dari senam irama ini membuat otot anak menjadi lebih kuat. Ini juga membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, nafsu makan, dan pola tidur yang berkualitas.

2. Meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan ketepatan gerakan

2. Meningkatkan koordinasi, keseimbangan, ketepatan gerakan
Freepik/Master1305

Salah satu aspek terbaik dari senam irama adalah melibatkan seluruh tubuh. Dengan setiap gerakan, pikiran anak berkoordinasi dengan tubuh.

Koordinasi, keseimbangan, dan ketepatan gerakan yang ia pelajari juga dapat digunakan untuk kegiatan olahraga lainnya.

Akibatnya, anak dapat berharap untuk meningkatkan keterampilannya jika memutuskan untuk mencoba olahraga lain sebagai hobi.

Sederhananya, senam irama dapat membantu anak mengasah keterampilannya, sehingga ia akan lebih efektif dalam aktivitas dan olahraga lain yang disukai.

Editors' Picks

3. Melatih konsentrasi

3. Melatih konsentrasi
Freepik/oksix

Manfaat senam irama ternyata tak hanya dari segi fisik saja lho! Namun senam irama juga menuntut anak untuk mengikuti gerakan yang ditunjukkan oleh instruktur senam dihadapannya.

Anak tentu tidak dapat begitu saja mengabaikan apa yang sang instruktur lakukan. Akibatnya, memori dan perhatian anak juga bekerja.

Yup tak diragukan lagi, senam irama adalah latihan yang membuat seluruh tubuh bekerja.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri

4. Meningkatkan kepercayaan diri harga diri
Pexels/Brett Sayles

Selain manfaat untuk fisik dan kognitif anak, percaya atau tidak, senam irama juga memiliki manfaat dalam hal harga diri anak. 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa terlepas dari usia dan kemampuan anak, keterampilan yang dibutuhkan dalam olahraga ini cukup mudah dikuasai. Sehingga, akan mudah bagi anak untuk merasa baik dan bangga dengan diri sendiri.

Ketika menguasai senam irama, anak juga pasti akan merasa senang dan percaya diri. Ini adalah awal yang sangat baik untuknya.

Setelah anak mendapatkan kepercayaan diri yang dibutuhkan, ia dapat lebih meningkatkan apa yang keterampilan baru lainnya dengan belajar lebih lanjut.

5. Meningkatkan interaksi sosial dan dinamika kelompok

5. Meningkatkan interaksi sosial dinamika kelompok
Freepik/Jcomp

Melakukan senam irama adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan sosial anak mama.

Karena tentu saja, olahraga ini melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang lain, yang dalam kasus ini adalah teman-teman sekolah anak atau guru.

Interaksi sehari-hari ini akan membantu anak untuk membuka diri terhadap lingkungan dan orang lain, sehingga ia akan lebih mudah untuk berkomunikasi dan membentuk ikatan khusus seperti persahabatan.

6. Memiliki gaya hidup yang aktif

6. Memiliki gaya hidup aktif
Freepik/Master1305

Olahraga ini memiliki urutan teknik gerakan yang mudah diikuti bahkan dihafal, bahkan bagi mereka yang sudah berusia 50-an. Gerakan mengalir yang lembut sangat cocok untuk anak-anak yang senang bergerak.

Sama seperti olahraga apa pun, senam irama mendorong gaya hidup aktif, yang sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran. Ingatlah selalu bahwa tanpa gaya hidup aktif, anak akan lebih berisiko terkena penyakit baik di usia muda atau dewasanya.

7. Meningkatkan keterampilan musikalitas

7. Meningkatkan keterampilan musikalitas
Pexels/Gonzalo Facello

Alasan terakhir yang tak kalah penting adalah karena senam irama akan meningkatkan keterampilan musikalitas anak.

Karena senam ini selalu dilakukan dengan musik, anak akan dihadapkan pada gaya musik yang berbeda. Sehingga membantunya mengembangkan apresiasi musik lebih jauh lagi.

Selain itu, senam irama juga bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengekspresikan diri melalui musik. Ini bisa menjadi saluran yang luar biasa bagi anak untuk membiarkannya tenggelam dalam kesenangan musik dan gerakannya.

Nah itulah 7 manfaat senam irama untuk anak. Jika Mama ingin anak memiliki aktivitas fisik yang menyenangkan dan menarik, maka Mama harus mempertimbangkan olahraga ini sebagai aktivitas keluarga.

Dengan menjalani aktivitas fisik secara rutin, Mama dan keluarga dapat menjalani hari-hari dengan sehat, bugar, dan bahagia lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk