10 Rekomendasi Tempat Kursus Coding Anak di Jakarta

Kini belajar coding bisa dilakukan sejak usia muda lho!

12 Januari 2022

10 Rekomendasi Tempat Kursus Coding Anak Jakarta
Freepik

Banyak anak-anak yang tertarik bermain game di ponsel atau di laptop sejak usia muda. Namun pernahkah Mama mengajak anak untuk membuat 'game' atau aplikasi sendiri?

Ini dapat dilakukan dengan mengenalkan anak pada coding, yang merupakan proses menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat komputer berjalan seperti yang diperintahkan. 

Coding juga merupakan keterampilan untuk memberikan instruksi dan menerjemahkannya ke dalam bahasa komputer, karena komputer tidak berkomunikasi seperti manusia.

Tak hanya membuat anak lebih memahami teknologi, coding juga meningkatkan keterampilan matematika dan menulisnya.

Jika Mama berlokasi di wilayah Jakarta dan tertarik mendaftarkan anak di kursus coding, berikut Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi tempat kursus coding anak di Jakarta. Simak daftarnya yuk!

1. Code Starter Purwadhika Startup and Coding School

1. Code Starter Purwadhika Startup and Coding School
Freepik

Tempat kursus coding untuk anak yang terdapat di Jakarta lainnya adalah Code Starter yang didirikan oleh Purwadhika Startup and Coding School. Di Code Starter ini ada 3 kategori grup yang disesuaikan dengan umur Superkids, yaitu Starter 1 (5-7 tahun), Starter 2 (8-11 tahun), dan Starter 3 (11-16 tahun).

Dengan mengikuti program ini, anak-anak dapat belajar banyak hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi mulai dari Digital Marketing, Animasi, Coding Fundamental, Game Development, Mobile App Development, Robotic, dan lainnya.

Untuk mengetahui program dan pendaftarannya lebih lanjut, Mma bisa mengunjungi Code Starter Purwadhika Startup and Coding School di alamat Sinarmas MSIG Tower 40th Floor, Sudirman, Jakarta Selatan, yang buka dari Hari Senin-Jumat pukul 09.00-18.00.

2. Coding Bee Academy

2. Coding Bee Academy
Freepik

Coding Bee Academy, yang berlokasi di daerah Pantai Indah Kapuk ini merupakan tempat kursus coding untuk anak berusia 5-17 tahun.

Di sini anak mama bisa belajar tentang computer science, coding atau programming skills, dan STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics) dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Program dari mereka dapat mengajarkan anak di semua tingkat keahlian, dan memproses melalui beragam bahasa, mulai dari bahasa pemrograman visual hingga bahasa berbasis teks seperti Python, Java, Javascript, dan lainnya.

Anak juga akan belajar membuat game, animasi, perangkat lunak, aplikasi seluler, dan banyak lagi teknologi lainnya.

Mama dapat mengunjungi Coding Bee Academy di Rukan Exclusive Mediterania Blok I No. 27, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Indonesia 14470. Atau mengunjungi website codingbee.org untuk mendapatkan informasi seputar program dan pendaftarannya.

3. Coding Camp.ID

3. Coding Camp.ID
Freepik/Alexander-safonov

Coding Camp.ID adalah tempat kursus coding untuk anak dari usia 9-16 tahun, yang dibagi menjadi dua program yaitu, Junior Class (9-12 tahun) dan Teen Class (12-16 tahun), dan bisa diikuti secara online atau offline class

Untuk Junior Class nya anak akan belajar Scratch, yang merupakan program coding paling dasar untuk anak dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Program scratch ini unggul karena berbasis animasi, klasifikasi warna, dan penggolongan kode fungsi yang mudah dimengerti.

Selain itu juga ada MIT APPINVENTOR, yang merupakan platform buatan MIT untuk membuat aplikasi di hp android tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman yang sebenarnya. Coding ini dilakukan dengan sistem Drag and drop seperti di program scratch.

Untuk pendaftarannya, Mama bisa mengunjungi website codingcamp.id atau menghubungi no telepon 081316627137 (Ria) & 085692848879 (Fitri)

4. Cody’s App Academy

4. Cody’s App Academy

Jika Mama ingin anak belajar membuat game, Cody’s App Academy, cocok untuk dijadikan pilihan tempat kursus coding anak.

Materi pembelajarannya berdasarkan pengalaman dari tim coding dan game development yang telah lebih dari 10 tahun di Indonesia. Materi coding yang disiapkan di Cody's App Academy, dapat dipelajari selama enam tahun.

Dimulai dari pengenalan komputer dan dasar programming hingga coding membangun game untuk smartphone dengan metode yang digunakan secara umum pada dunia game development.

Di Cody's App Academy, dibagi menjadi dua program. Yaitu Junior Developer Program, yang merupakan kelas pemula untuk memperkenalkan komputer dan coding ke anak usia dini, dan Game Developer Program, di mana anak akan belajar coding level basic hingga advanced untuk anak SD hingga SMA.

Jika Mama tertarik ingin mendaftarkan anak di Cody’s App Academy, kunjungi websitenya di codyappacademy.com atau hubungi no telepon (021) 28542735

Editors' Picks

5. Clevio Coder Camp

5. Clevio Coder Camp
Freepik/artursafronovvvv

Sekolah coding yang terletak di alamat, Bukit Golf Cibubur, Riverside 1, Blok A7/25, Cibubur, Jakarta ini, mengajak anak bermain dan belajar membuat game dan aplikasi mobile yang mengedukasi. 

Di sini anak tidak cuma belajar coding, tapi juga menerapkan cara belajar supaya bisa mengembangkan karakter dan soft skills. Anak juga akan dilatih untuk menjadi individu yang memahami diri sendiri dan lingkungan. 

Programnya juga tersedia mulai dari anak kelas 1 SD hingga SMA, yang dilakukan secara online. Sehingga cocok bagi anak yang memiliki kesibukkan sehingga tak sempat untuk datang langsung ke tempat kursus.

Harganya untuk kelas online-nya pun dimulai dari Rp.100.000-150.000,-.

Jika Mama tertarik untuk mendaftarkan anak di Clevio Coder Camp, Mama dapat mengunjungi website clev.io atau menghubungi 081212860444

6. DUMET School

6. DUMET School
Freepik

Selanjutnya adalah DUMET School yang merupakan tempat kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta dan Depok. Kabarnya, lulusan dari DUMET School ini sudah lebih dari 8000 orang, lho, Ma! 

Materi pemrograman komputer khusus dapat dimulai dari anak usia 8 hingga 12 tahun, dengan sistem pembelajaran yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Untuk programnya, di sini tersedia 1 program Premium yang dibanderol dengan harga Rp.3.850.000,-. Harga ini termasuk pelatihan membuat game interaktif, dasar-dasar bagaimana sebuah program atau game bisa berjalan menggunakan baris kode, dan melatih cara berpikir anak agar lebih terstruktur.

Selesai kursus di DUMET School, anak mama akan bisa membuat hasil karya game sederhana sendiri dan lebih mudah menguasai bahasa program lain karena berbagai bahasa program pasti memiliki konsep yang sama

DUMET School juga mempunyai lima cabang yang berada di Grogol, Kelapa Gading, Srengseng, Tebet, dan Depok. Jika tertarik mendaftarkan anak, Mama bisa menghubungi kantor cabang terdekatnya setiap hari Senin – Minggu jam 09.00 s/d 21.00.

7. HACTIVKIDZ

7. HACTIVKIDZ
Freepik/maxlupascu

Kemudian juga ada HACTIVKIDZ yang terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda No.7, RT.5/RW.9, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240.

Di sini anak dapat memiliki kelas coding sesuai minatnya. Misalnya kelas Animation, anak akan belajar block coding dengan animasi, mengenali coding dasar, membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox, memberikan efek suara pada animasi, dan membuat program animasi dengan storytelling.

Selain itu ada juga kelas Art, di mana anak akan belajar menggambar dengan coding, memainkan efek suara pada animasi, menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox, dan memberikan berbagai latar dengan animasi.

Dan juga ada kelas Games, untuk anak yang ingin belajar logika programming, mengenali konsep komputer untuk membuat game, praktik coding dasar untuk membuat game, membuat game sederhana dengan aplikasi PictoBlox, dan membuat beragam game dengan storytelling.

Tertarik untuk mendaftarkan anak di HACTIVKIDZ? Jika iya, Mama bisa mencari tahu lebih dalam seputar pendaftaran dan program-programnya di website kidz.hacktiv8.com atau menghubungi no telepon (021)80675787.

8. KodeKiddo

8. KodeKiddo
Freepik/user850788

Kodekiddo ini adalah tempat belajar coding yang interaktif dan seru untuk pemula seperti anak-anak. Menariknya, kantor pusat Kodekiddo ini berada di Silicon Valley USA, lho!

Namun mereka cabang di Permata Buana (Jakarta Barat), Kelapa Gading (Jakarta Utara), Pondok Indah (Jakarta Selatan). Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara).

Di sini anak mama bisa belajar dengan kelas kombinasi antara personalized learning, di mana setiap anak mempunyai akun untuk login dan tracking program dan status pelakaran lewat dashboard yang bisa diakses lewat internet.

Serta group challenges, di mana program ini adalah untuk melatih kerja sama dan menerapkan konsep untuk memecahkan masalah, mengutamakan coding, kolaborasi, dan kreativitas.

Untuk pendaftaran dan programnya, Mama bisa menghubungi KodeKiddo dengan no telepon 021 54211340.

9. Koding Next Indonesia

9. Koding Next Indonesia
Freepik/Pch.vector

Koding Next Indonesia merupakan sekolah pemrograman yang beroperasi di Asia Tenggara, termasuk Jakarta dan Bali. Program pembelajaran di Koding Next Indonesia terbagi atas tiga kelas yang disesuaikan dengan umur pesertanya.

Pertama ada Little Koders, yaitu kelas belajar pemrograman yang dikhususkan untuk anak-anak usia 4-8 tahun. Kelas ini dibagi atas dua subgrup sesuai umur, yaitu usia 4-6 tahun dengan durasi belajar 45 menit setiap sesi.

Kemudian juga ada untuk usia 6-8 tahun dengan durasi belajar 60 menit setiap sesi. Pada kelas ini anak akan belajar bahasa pemrograman melalui berbagai game tentang programming dalam bentuk aplikasi hingga robot, dan ada juga games & math.

Kedua ada Junior Koders, program ini untuk anak yang berusia 8-16 tahun. Pada kelas ini, anak mama akan diperkenalkan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton dan Java Script.

10. Rumah Coding

10. Rumah Coding
Freepik/Gpointstudio

Rumah Coding juga merupakan salah satu tempat kursus coding yang terletak di area JABODETABEK, Bandung, Semarang, Batam, dan masih banyak lagi. Di sini, anak mama dapat belajar coding, dari usia TK hingga SMP.

Program Kelas Zahran (TK) dapat mengajarkan anak dasar-dasar ilmu komputer dan keamanan internet, membuat aplikasi, game atau cerita animasi. Di antara materi yang dipelajari adalah sequence, loops, dan events.

Kelas Zahran ini lebih cocok untuk anak-anak yang belum bisa membaca. Belajar coding dengan menggunakan blok kode dan karakter-karakter yang menarik sehingga coding terasa menyenangkan untuk anak-anak.

Selanjutnya ada Kelas Zhafir (SD) di mana anak akan belajar membuat program aplikasi dan game dengan menggunakan konsep sequence, binary, loops dan events.

Tak hanya itu, anak juga akan belajar bagaimana menganalisa sebuah masalah dan kemudian menyusun sebuah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Sambil belajar, anak akan belajar membuat sebuah project game seperti Angry Bird, Maze, Treasure, dll.

Nah itulah beberapa tekomendasi tempat kursus coding anak di Jakarta. Penting bagi Mama untuk mencari tahu tempat yang menyediakan program atau kelas yang sesuai dengan minat anak, dan tentunya bisa membuat anak nyaman belajar coding dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.