5 Cara Membuat Anak Suka Belajar, Dijamin Berhasil!

Punya anak usia SD biasanya bikin orangtua stres, karena anak masih enggan belajar. Coba ini, yuk!

16 Februari 2020

5 Cara Membuat Anak Suka Belajar, Dijamin Berhasil
parentingsquad.com

Sebagai orangtua, Mama pasti mendambakan segala yang terbaik untuk proses tumbuh kembang anak. Akan tetapi, upaya untuk mewujudkan hal tersebut terkadang sulit terutama dalam mendorong Si Anak mau belajar.

Eits, jangan khawatir, Ma!

Sebagaimana dilansir dari laman parents.com, Mama dapat menginspirasi anak supaya suka belajar melalui pendekatan yang sebaiknya dilakukan.

Masing-masing sangat mudah untuk diterapkan lho!

1. Mulai dengan membicarakan mimpi dan cita-cita si Anak

1. Mulai membicarakan mimpi cita-cita si Anak
thefix.com

Untuk menginspirasi anak mama belajar, seorang pakar dari Universitas Standford di Amerika Serikat bernama Deborah Stipek, Ph.D., menyarankan agar Mama memulainya dengan berkomunikasi dengan si Anak.

Apa yang dibicarakan?

Pastinya, jika itu untuk memotivasi anak belajar, mulailah dengan berdiskusi mengenai impian, cita-cita, atau target si Anak. Arahkan anak untuk meraih impiannya dengan cara belajar. Jika di tengah perjalanan, anak kemudian kendor belajar, Mama bisa mengingatkan lagi cita-citanya untuk menyemangatinya kembali belajar. 

2. Melatih pemikiran kritis melalui diskusi dan tanya jawab

2. Melatih pemikiran kritis melalui diskusi ta jawab
blogs.jpmsonline.com

Berbicara mengenai proses belajar, kita tentu setuju bahwa itu semua mengacu pada proses berpikir kita dimana seorang pakar dari Universitas William Paterson bernama Stacy E. Walker mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir secara kritis sangat penting dalam pendidikan.

Untuk itulah, sejak usia dini, Mama sebaiknya melatih kemampuan Si Anak tersebut dengan cara memberi pertanyaan-pertanyaan yang mendorongnya untuk berargumen.

Hal ini disetujui oleh seorang pakar bernama Dr. Lucy Calkins, Ph.D., dari Universitas Colombia.

Eits, saat bertanya dan anak mama mungkin saja menjawab, “Tidak tahu”, Mama dianjurkan untuk membimbing si Anak untuk menemukan beberapa petunjuk dan memberikan jawaban yang masuk akal.

Editors' Picks

3. Perbanyak koleksi buku ketimbang mainan

3. Perbanyak koleksi buku ketimbang mainan
khoe360.tienphong.vn

Sebuah studi dari Universitas Harvard mengemukakan bahwa tempat yang memberi akses untuk anak membaca akan memberi dampak positif dalam kehidupan anak.

Itu kenapa, Mama dianjurkan memperbanyak buku ketimbang mainan.

Lingkungan dimana si Anak bertumbuh menginspirasi dirinya untuk melalui proses berpikir dari waktu ke waktu, kan?

4. Ciptakan proses belajar yang menyenangkan

4. Ciptakan proses belajar menyenangkan
gigareel.com

Dalam perihal belajar, kita tentu saja berpendapat bahwa anak mama haruslah didorong untuk membaca, menulis dan hal-hal terkait semacamnya. Padahal, ada banyak sekali cara menyenangkan yang bisa memotivasi anak untuk belajar sambil bermain.

Hal ini dikemukan oleh seorang pakar anak dari Zero To Three di Washington D.C bernama Claire Lerner, Ph.D. Katanya, “Minat untuk belajar akan semakin bertambah apabila kamu memberikan anak waktu dan pengalaman untuk melihat, menyentuh dan merasakan objek tertentu di mana si Anak akan merasa tertarik.”

Dalam hal ini, Mama dapat melakuaknnya dengan membawa si Anak mengunjungi tempat-tempat wisata yang bersifat edukatif seperti museum maupun perpustakaan umum yang modern.

Ohya, Mama juga bisa melengkapinya dengan mengajari anak lewat permainan seru.

5. Fokus pada proses ketimbang hasil terbaik

5. Fokus proses ketimbang hasil terbaik
livestrong.com

Setiap upaya yang saat ini tengah Mama lakukan untuk mendorong anak mama suka belajar pastilah diarahkan supaya si Anak mencapai prestasi akademis terbaik. Namun, pastikan bahwa Mama tidak menmusatkan fokus utama semata-mata pada hasil saja.

Menurut seorang pakar bernama Dr. Raymond Wlodkowski, Ph.D., orientasi Mama seharusnya berada pada proses belajar yang dijalani sebagaimana kunci keberhasilan ada di sana. Di atas segalanya, proses haruslah dijalani si Anak tanpa beban untuk membuatnya suka belajar.

Sekarang, Mama sudah mengetahui cara supaya anak mama suka belajar, bukan? Mari kita lakukan bersama-sama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.