10 Nama Negara Berawalan dari Huruf I

Ingin tahu negara apa saja yang namanya diawali huruf I?

19 Maret 2024

10 Nama Negara Berawalan dari Huruf I
Freepik/Jannoon028

Pernahkah kamu terpikir untuk menjelajahi dunia melalui nama-nama negara? Pernahkah kamu bertanya-tanya, negara apa saja yang namanya diawali dengan huruf I?

Bayangkan menjelajahi India, negeri penuh warna dengan Taj Mahal yang ikonik. Rasakan nuansa hijau yang menyegarkan di Irlandia, negeri dengan sejarah kelam dan budaya yang kaya.

Atau nikmati keindahan alam yang luar biasa di Islandia, negeri dengan aurora borealis yang mempesona. Masih banyak negara menarik lainnya yang namanya diawali dengan huruf I, lho!

Popmama.com telah mengulas nama negara berawalan dari huruf I, yuk simak berikut ini!

1. Indonesia

1. Indonesia
thebalibible.com

Nama resmi negara Indonesia adalah Republik Indonesia, ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta. Indonesia terletak di Asia Tenggara dan berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Secara geografis, Indonesia terletak di dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta di antara dua samudra. Negara-negara yang berdekatan dengan Indonesia antara lain Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Leste.

Indonesia juga berbatasan dengan Papua Nugini di sebelah timur. Indonesia dikenal karena keberagaman budaya, alam yang indah, dan sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau.

Selain itu, Indonesia juga terkenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah, termasuk hutan hujan tropis, gunung berapi, dan keanekaragaman hayati laut.

2. India

2. India
Freepik/wirestock

Nama resmi negara India adalah "Republik India" (Republic of India), ibu kota negara India adalah New Delhi.

India terletak di Asia Selatan dan merupakan bagian dari benua Asia. Negara ini berbatasan dengan Pakistan di barat, Nepal, Bhutan, dan Cina di utara, serta Bangladesh dan Myanmar di timur, di sebelah selatan, India berbatasan dengan Samudra Hindia.

India dikenal karena berbagai hal, termasuk sejarah dan warisan budayanya yang kaya, keragaman etnis dan bahasa, serta kekayaan alamnya. Negara ini juga dikenal sebagai salah satu ekonomi terbesar di dunia dan memiliki peran penting dalam politik global.

India juga terkenal karena industri filmnya yang besar, yang dikenal sebagai Bollywood, serta kontribusinya dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

3. Irlandia

3. Irlandia
infostudiluarnegeri.com

Nama resmi negara Irlandia adalah Republik Irlandia (Republic of Ireland), ibu kota negaranya adalah Dublin. Irlandia terletak di Pulau Irlandia di barat laut Eropa.

Pulau Irlandia terbagi antara Republik Irlandia dan Irlandia Utara, yang merupakan bagian dari Britania Raya. Irlandia terletak di benua Eropa dan dikenal karena keindahan alamnya, warisan budayanya, serta sejarahnya yang kaya.

Negara ini berbatasan dengan Samudra Atlantik di barat dan Laut Irlandia di utara. Irlandia berdekatan dengan Britania Raya di timur laut dan utara, serta dengan negara pulau terpisah seperti Prancis dan Spanyol di Eropa.

Irlandia juga terkenal karena tradisi musiknya, sastra yang kaya, serta warisan sejarahnya yang mencakup periode seperti zaman Viking dan kehadiran Romawi. Dublin, selain menjadi ibu kota, juga merupakan pusat budaya dan ekonomi yang penting di Irlandia.

4. Inggris

4. Inggris
Pexels/Dominika Gregušová

Nama resmi negara Inggris adalah "United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland" atau "Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara", ibu kotanya adalah London. Inggris terletak di kepulauan Britania di barat laut Eropa dan merupakan bagian dari benua Eropa.

Inggris berbatasan dengan Skotlandia di utara, Wales di barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Utara di timur, Selat Inggris di selatan, dan Laut Keltik di barat daya. Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara adalah bagian dari Kerajaan Bersatu bersama-sama dengan Inggris.

Inggris dikenal karena sejarahnya yang panjang, termasuk peran sebagai bekas kekaisaran kolonial, kontribusinya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan industri, serta keberagaman budaya dan artistiknya. London, sebagai ibu kota Inggris, juga merupakan pusat keuangan global dan destinasi pariwisata yang terkenal.

Inggris juga terkenal dengan warisan sastra, musik, dan olahraga seperti sepak bola dan kriket.

Editors' Pick

5. Islandia

5. Islandia
Unsplash/Rostyslav Savchyn
Pantai terbaik - Pantai Reynisfjara Islandia

Nama resmi negara Islandia adalah Republik Islandia dalam bahasa Indonesia, ibu kota negara tersebut adalah Reykjavik. Islandia terletak di kawasan Eropa Utara dan merupakan negara pulau di Samudra Atlantik Utara.

Meskipun secara geografis terletak di antara Eropa dan Amerika Utara, secara politis dan budaya, Islandia lebih terkait dengan Eropa. Islandia tidak berbatasan langsung dengan negara manapun, tetapi berada dekat dengan Greenland (teritori otonom Denmark) di sebelah barat laut dan Kepulauan Faroe (juga bagian dari Denmark) di sebelah barat daya.

Islandia juga berada di dekat dengan Kepulauan Shetland, Kepulauan Orkney, dan Kepulauan Faroe di sebelah selatan, yang merupakan wilayah Britania Raya. Islandia dikenal karena keindahan alamnya, termasuk air terjun, gunung berapi, dan mata air panas.

Selain itu, negara ini juga terkenal dengan aktivitas geotermalnya dan sebagai tempat yang baik untuk melihat Aurora Borealis (cahaya Utara). Islandia juga memiliki sejarah Viking yang kaya dan tradisi sastra yang kuat.

6. Italia

6. Italia
Unsplash/Michele Bitetto

Nama resmi negara Italia adalah Republik Italia (Repubblica Italiana), ibu kota negara ini adalah Roma. Italia terletak di benua Eropa, negara ini berbatasan dengan Prancis di sebelah barat laut, Swiss dan Austria di sebelah utara, Slovenia di sebelah timur, dan dikelilingi oleh Laut Mediterania di sebelah selatan.

Italia dikenal karena sejarah dan warisan budayanya yang kaya. Negara ini adalah tempat lahir Kekaisaran Romawi kuno dan memiliki banyak situs bersejarah seperti Koloseum, Menara Pisa, dan Kota Bersejarah Roma yang merupakan warisan dunia UNESCO.

Selain itu, Italia terkenal dengan seni, arsitektur, musik, dan kulinernya yang luar biasa. Itu juga merupakan pusat mode dunia, dengan kota Milan yang terkenal sebagai ibu kota mode global.

7. Irak

7. Irak
Unsplash.com/sazvan saz

Nama resmi negara Irak adalah Republik Irak, ibu kota negara ini adalah Baghdad. Irak terletak di wilayah Timur Tengah dan sebagian besar berada di benua Asia, meskipun sebagian kecil wilayah barat lautnya berada di benua Afrika.

Negara-negara yang berbatasan langsung dengan Irak adalah Iran di sebelah timur, Kuwait di sebelah selatan, Arab Saudi di sebelah selatan, Yordania di sebelah barat daya, Suriah di sebelah barat, dan Turki di sebelah utara. Irak dikenal karena sejarahnya yang kaya, termasuk sebagai tempat berdirinya peradaban kuno Mesopotamia, yang dianggap sebagai salah satu pusat peradaban manusia.

Selain itu, Irak juga dikenal karena memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama minyak bumi. Negara ini juga telah menjadi pusat perhatian internasional dalam konteks sejarah modern, terutama setelah invasi Amerika Serikat ke Irak pada tahun 2003.

8. Iran

8. Iran
telukpersia.com

Nama resmi negara Iran adalah Republik Islam Iran, ibu kota negara ini adalah Tehran. Iran terletak di wilayah Asia Barat dan secara geografis terletak di antara Timur Tengah dan Asia Selatan.

Iran berbatasan dengan beberapa negara seperti Azerbaijan (termasuk Azerbaijan Utara dan Azerbaijan Barat) di sebelah barat laut, Armenia di barat laut, Turkmenistan di sebelah utara laut Kaspia, Afghanistan dan Pakistan di timur, Irak di barat. Selain itu, Iran memiliki garis pantai di Teluk Persia dan Laut Oman di sebelah selatan.

Iran dikenal karena sejarah dan kebudayaannya yang kaya, termasuk sebagai pusat peradaban kuno. Selain itu, negara ini memiliki pengaruh besar dalam seni, sastra, dan ilmu pengetahuan.

Iran juga memiliki cadangan minyak dan gas alam yang signifikan, yang membuatnya menjadi pemain utama dalam industri energi di dunia. Pada tingkat geopolitik, Iran juga sering menjadi pusat perhatian karena keterlibatannya dalam berbagai isu regional dan hubungannya dengan negara-negara lain, terutama dalam konteks kebijakan luar negeri dan politik regional.

9. Israel

9. Israel
nazarettour.co.id

Nama resmi negara Israel adalah Medinat Yisrael, atau State of Israel dalam bahasa Inggris, ibu kota negara Israel adalah Yerusalem. Negara ini terletak di Timur Tengah dan berbatasan dengan Lebanon di utara, Suriah di timur laut, Yordania di timur, Mesir di barat daya, dan Laut Tengah di barat.

Israel dikenal karena banyak hal, termasuk sejarahnya yang kaya dan beragam, terutama terkait dengan agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Kota suci Yerusalem menjadi tempat penting bagi ketiga agama monoteistik tersebut.

Negara ini juga dikenal karena inovasi dan teknologi tinggi, dengan wilayah seperti Tel Aviv dikenal sebagai pusat teknologi yang berkembang pesat, disebut juga sebagai "Start-up Nation." Sejarah konflik politik dan militer di kawasan tersebut juga membuat Israel dikenal karena situasi geopolitik yang kompleks.

10. Ivory Coast (Pantai Gading)

10. Ivory Coast (Pantai Gading)
britannica.com

Nama resmi negara Pantai Gading adalah République de Côte d'Ivoire atau Republik Pantai Gading, ibu kota negara ini adalah Yamoussoukro, tetapi Abidjan adalah pusat ekonomi dan kota terbesar di negara tersebut. Pantai Gading terletak di pesisir barat Afrika dan termasuk dalam benua Afrika.

Beberapa negara yang berdekatan dengan Pantai Gading antara lain Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana. Pantai Gading terkenal karena produksi kakao yang merupakan salah satu komoditas ekspor utamanya.

Selain itu, negara ini memiliki keanekaragaman budaya yang kaya, dengan berbagai suku dan bahasa yang berbeda.

Itu dia beberapa nama negara dari huruf I. Dari India dengan budayanya yang kaya, Irlandia dengan nuansa magisnya, hingga Islandia dengan keindahan alamnya yang luar biasa, banyak sekali hal menarik yang bisa ditemukan di negara-negara ini.

Namun, petualangan kamu tidak berhenti di sini, masih banyak negara lain dengan nama-nama unik dan menarik untuk dijelajahi. Teruslah belajar dan temukan dunia yang penuh dengan keajaiban dan pesona.

Baca juga:

The Latest