5 Edukasi Seks yang Harus Anak Remaja Ketahui dan Ingat

Anak perlu diajarkan edukasi seks sedari dini untuk menghindari dampak buruk di kemudian hari

2 Desember 2021

5 Edukasi Seks Harus Anak Remaja Ketahui Ingat
Pexels/Anthony Shkraba

Edukasi seks di kalangan remaja Indonesia mungkin masih cukup tabu. Berbagai alasan yang mendasari hal tersebut, di antaranya norma yang masih dipegang sejumlah masyarakat bahwa seks menjadi sesuatu yang pantang dibicarakan sebelum menikah.

Padahal, edukasi seks bagi anak remaja perlu diajarkan sejak dini sebelum nantinya berdampak buruk di kemudian hari. Sebab sampai dengan saat ini, masih banyak kasus pergaulan bebas yang terjadi di antara remaja. Hal ini terjadi karena masih minimnya edukasi yang diberikan pada anak-anak usia remaja.

Sebagai pemahaman penting bagi remaja, berikutPopmama.com telah merangkum lima edukasi seks yang perlu diketahui dan diingat oleh anak-anak yang mulai beranjak remaja. 

1. Bahaya hamil di usia yang belum tepat

1. Bahaya hamil usia belum tepat
Pexels/SHVETS production

Banyak orangtua yang sudah memberikan peringatan kepada anak remaja mereka untuk tidak melakukan hubungan seksual pra nikah dengan risiko kehamilan. Meski sudah diperingati, tak sedikit dari mereka yang belum memahami bahaya dari kehamilan di bawah umur.

Jika remaja masih belum cukup usia untuk hamil, nantinya bisa membahayakan bagi janin maupun kondisi calon Mama yang mengandung. Bahkan, orang reproduksinya pun dikatakan belum matang dengan sempurna.

Pemerintah melalui Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menetapkan bahwa usia ideal minimal untuk bisa hamil yakni 24 tahun. Langkah ini dilakukan sebagai pencegahan komplikasi kehamilan akibat hamil di usia yang terlalu dini.

Editors' Picks

2. Usia ideal untuk berhubungan seks

2. Usia ideal berhubungan seks
Freepik/aartursafronovvvv

Meneruskan poin sebelumnya, anak remaja juga perlu mengetahui usia ideal untuk berhubungan seks. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui bahwa berhubungan seksual bisa dilakukan jika sudah menikah, padahal masih banyak kasus anak di bawah umur yang tetap dinikahkan.

Pernikahan di bawah umur tentu tidak sesuai dengan usia ideal berhubungan seksual. Untuk itu, edukasi seperti ini perlu lebih diperingatkan kepada anak-anak agar nantinya tidak terjadi dampak berbahaya jika hamil di usia terlalu dini.

3. Penggunaan kontrasepsi

3. Penggunaan kontrasepsi
Unsplash

Penggunaan alat-alat untuk mencegah kehamilan atau kontrasepsi juga masih cukup tabu dikalangan remaja. Padahal, anak usia remaja juga perlu memahami apa saja bentuk dan penggunaan alat-alat kontrasepsi.

Edukasi seks satu ini bisa menjadi bekal anak kelak nanti sampai mereka sudah resmi menikah. Jika anak tidak mengetahui dengan jelas dan pasti, dikhawatirkan adanya penyalahgunaan alat yang tidak sesuai dengan usia mereka.

4. Mengetahui batasan dengan lawan jenisnya

4. Mengetahui batasan lawan jenisnya
Freepik/halayalex

Selanjutnya yang bisa diajarkan pada anak sejak dini adalah menerapkan kesopanan antara satu sama lain. Dengan begitu, bukan tak mungkin anak menjadi lebih mengerti untuk bersikap dengan lawan jenisnya.

Dengan memahami hal-hal seperti itu, maka anak bisa mengetahui batasan-batasan yang ada dan akan lebih menghormati lawan jenisnya dengan baik. Sehingga cara seperti bisa menjadi salah satu contoh edukasi seks yang perlu anak ketahui dan ingat sampai menikah nanti.

5. Memahami adanya risiko penyakit menular seksual

5. Memahami ada risiko penyakit menular seksual
Freepik/jcomp

Memasuki anak usia remaja, kita sebagai orangtua juga perlu mengenalkan perihal penyakit menular seksual atau PMS. Mengenalkan edukasi ini bisa membantu Mama dan Papa untuk mencegah anak terjerumus pada pergaulan yang bebas.

Meski usianya masih remaja dan belum sepenuhnya mengerti, namun penting memberikan pemahaman tentang apa saja jenis penyakit menular seksual dan bagaimana cara penyakit tersebut menular. Selain itu, penting memberi tahu pada anak bagaimana pencegahannya agar hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada anak.

Itulah beberapa edukasi seks yang penting diketahui dan diingat oleh anak remaja. Meski masih dianggap tabu, jangan sampai edukasi seperti ini tak diajarkan pada anak ya, Ma.

Mengajarkan edukasi seks dapat mencegah anak terjerumus perilaku seks bebas yang bisa membahayakan masa depan mereka. Yuk, beri tahu batasan-batasannya pada anak remaja mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.